Macam-Macam Kardinalitas

Entity Relationship Diagram (ERD) 

ERD merupakan diagram yang berguna untuk merancang basis data, untuk memperlihatkan hubungan antar entitas atau objek beserta dengan atributnya. ERD bertujuan untuk membantu pengembang sistem dalam merancang relasi antar tabel untuk membuat suatu database, jadi sebenarnya ERD itu akan menjadi tabel, kalau rancangan ERD benar maka rancangan database kita pula akan menjadi benar.

Mengenai database, ada banyak sekali DBMS(Database Management System) baik yang open source maupun yang berbayar. DBMS yang open source contohnya seperti MySQL, walaupun free tetapi kemampuannya tidak kalah dengan DBMS yang berbayar dan MySql memiliki berbagai macam store. Untuk DBMS yang berbayar, seperti contohnya SQL SERVER dari Microsoft.

Entitas dapat merupakan :

  • Sebuah elemen lingkungan dari perusahaan , seperti customer atau supplier
  • Suatu sumber daya , seperti suatu piutang dagang, suatu produk, atau suatu penjual
  • Suatu arus informasi , seperti suatu penjualan pemesanan atau suatu faktur

Di dalam sebuah entitas terdapat beberapa atribut. Atribut adalah sebuah gambaran karakteristik dari sebuah entitas. Dalam ERD, relasi dapat terdiri dari sejumlah entitas yang biasa disebut dengan derajat relasi. Derajat relasi maksimum disebut juga dengan kardinalitas, sedangkan derajat minimum disebut dengan modalitas. Jadi kardinalitas menunjukkan jumlah maksimum dari entitas yang dapat berelasi dengan entitas yang berada pada himpunan entitas lainnya.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Keuangan Rumah Sakit

Relasi (hubungan)

Relasi atau hubungan adalah kejadian yang terjadi di antara dua entitas. Aturan penggambaran relasi antar entitas adalah:

  • Relasi dinyatakan dengan simbol belah ketupat.
  • Nama relasi ditulis di dalam simbol belah ketupat.
  • Relasi menghubungkan dua entitas.
  • Nama relasi menggunakan kata kerja aktif (diawali awalan me) tunggal.
  • Nama relasi sebisa mungkin harus menggunakan nama yang mudah dipahami dan bisa menyatakan maknanya dengan jelas.

Kardinalitas (Derajat Relasi)

Model relasi ini merupakan persepsi dunia nyata diantaranya yaitu objek dasar dan relasi antara entitas. Entitas diartikan sebagai objek dan objeknya dapat berbentuk orang, barang, dan sebagainya.

Kardinalitas relasi yang terjadi di antara dua himpunan entitas bisa berupa satu ke satu (one to one), satu ke banyak (one to many), dan banyak ke banyak (many to many).

  • Satu ke satu (one to one)

Hubungan one to one berarti setiap himpunan entitas A cuma boleh berhubungan satu dengan himpunan entitas B, begitu juga sebaliknya. Sebagai contoh himpunan suami dan istri berikut:

Bahwa satu himpunan entitas suami hanya boleh berhubungan dengan satu himpunan entitas istri.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Rekam Medis Rumah Sakit

  • Satu ke Banyak (one to many)

Hubungan one to many berarti setiap himpunan entitas A boleh berhubungan dengan banyak himpunan entitas B, tetapi tidak dengan sebaliknya. Sebagai contoh himpunan ibu dan anak berikut:

Satu himpunan ibu memiliki banyak hubungan ke himpunan entitas anak.

Artinya satu ibu bisa memiliki banyak anak dan satu anak hanya bisa dimiliki oleh satu ibu.

  • Banyak ke Satu (many to one)

Hubungan many to one berarti setiap himpunan entitas A hanya boleh berhubungan dengan satu dengan himpunan entitas B, dan himpunan entitas B boleh berhubungan banyak dengan entitas himpunan A.

Contohnya berupa Siswa dan Jurusan, satu himpunan siswa hanya boleh memiliki satu jurusan, dan satu jurusan bisa dimiliki oleh banyak siswa.

  • Banyak ke Banyak (Many to Many)

Hubungan many to many berarti setiap himpunan entitas A bisa berhubungan dengan banyak himpunan entitas B dan begitu juga sebaliknya.

Contohnya bisa berupa mahasiswa dan matakuliah, satu himpunan mahasiswa memiliki banyak hubungan ke himpunan entitas matakuliah dan satu dari himpunan matakuliah memiliki banyak hubungan ke himpunan entitas mahasiswa.

Dimana berarti satu mahasiswa bisa memiliki banyak matakuliah dan begitu juga sebaliknya, satu matakuliah bisa dimiliki oleh banyak mahasiswa.

 

Penulis : Purnama

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...