WhatsApp-Button
Indikator Penilaian yang Bisa diterapkan selama Kuliah Online

Indikator Penilaian yang Bisa diterapkan selama Kuliah Online

  2020-08-26 16:54:22     Ulti Desi Arni     Dibaca 128 kali

Selama masa Pandemi ini banyak sekali dilema yang dirasakan oleh masyarakat, industri dan institusi baik swasta maupun pemerintahan. Ragam kendala mereka keluhkan dan mau tidak mau harus dihadapi bagaimanapun caranya. Diantara bidang yang sangat mendapatkan dampak cukup besar disebabkan adanya Pandemi ini adalah bidang ekonomi dan pendidikan. Banyak masyarakat yang harus dirumahkan selama wabah ini melanda menyebabkan pendapatan merekapun minus.

Begitu juga dalam bidang pendidikan, dimana proses belajar mengajar untuk daerah yang masih berzona merah harus dilangsungkan dari rumah alias dilakukan secara online. Pembelajaran secara online atau dari rumah ini diharapkan mampu memutus mata rantai penyebaran virus corona. Meskipun saat ini sudah diterapkannya “New Normal” tetap saja sebagai kewaspadaan agar bisa menuju sebenar normal, meyelenggarakan perkuliahan secara online adalah solusi tepat untuk diterapkan.

Bagi kampus atau perguruan tinggi yang menyelenggarakan kuliah secara online, tentu saja bukan berarti bahwa dalam penilaiannya terbesar dari indikator-indikator. Indikator penilaian ini cukuplah penting keberadaannya, sebab inilah yang akan menjadi acuan agar para dosen bisa memberikan nilai yang bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu, indikator tersebut adalah hal yang sangat krusial dalam pemberian nilai mahasiswa. Bisa dikatakan bahwa dalam pelaksanaan kuliah online inilah seharusnya indikator penilaian ini harus dipersiapkan oleh para pengampu dengan ekstra sebagai persiapan kuliah online.

Pentingnya indikator-indikator dalam perkuliahan online, tentu sang dosen harus memikirkan apa saja yang menjadi indikator tersebut. Bila dibandingkan dengan kuliah yang berlangsung secara konvensional, tentu bisa saja ada perbedaan poin penilaiannya. Untuk itu sebagai bahan pertimbangkan untuk para dosen, berikut beberapa indikator yang bisa dijadikan acuan penilaian yang diterapkan dalam perkuliahan online.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Sekolah Berbasis Online

  1. Tugas Individual

Tidak ubahnya dengan kuliah yang berlangsung dengan tatap muka di kelas pada umumnya. Pada pelaksanaan kuliah online tentu juga haruslah memberikan tugas kepada mahasiswa secara individu, yaitu tugas yang dikerjakan masing-masing mahasiswa dan nilainya juga bersifat individu. Setiap tugas yang diberikan ini bisa dijadikan acuan atau indikator penilaian mahasiswa oleh dosen. Dimana setiap tugas yang diberikan, mahasiswa dituntut harus mengumpulkannya secara online. Sedangkan rentang waktu pengumpulan tugas tersebut sesuai dengan ketentuan dosen berkaitan. Ketepatan waktu juga bisa menjadi poin penting dalam penilaian ini.

  1. Tugas Kelompok

Selain tugas individu, dosen juga bisa memberikan tugas kelompok. Dan penugasan dalam bentuk kelompok tersebut dapat juga dijadikan salah satu indikator dalam penilaian. Adanya tugas secara berkelompok ini ditujukan supaya mahasiswa bisa bekerja sama dan tetap berkomunikasi meskipun jarak memisahkan mereka. Tentu saja tugas kelompok ini sama halnya dengan individu yaitu dikumpulkan secara online.

  1. Diskusi

Meskipun proses pembelajaran atau perkuliahan dilakukan secara online melalui platform, bukan berarti kegiatan diskusi tidak bisa diterapkan. Kegiatan diskusi ini sangat penting sekali untuk tetap dilakukan dengan tujuan agar para peserta didik tersebut bisa berkolaborasi serta bertukar pikiran. Dengan adanya diskusi ini diharapkan mahasiswa bisa mengemukakan pendapat mereka terkait materi yang disampaikan oleh dosen. Keikutsertaan mahasiswa di dalam diskusi inilah nantinya akan menjadi indikator penilaian bagi dosen. Baik itu keaktifan dan hal lainnya yang memang harus dipertimbangkan.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Apotek Rumah Sakit

  1. Kuis dan Game

Selain melalui tugas, diskusi ataupun ujian, indikator penilaian juga bisa diperoleh dari kuis dan game yang dilaksanakan. Dosen bisa memberikan kuis dan game kepada mahasiswa melalui online yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing mahasiswa. Adanya penilaian dari kuis dan game bisa dikatakan cukup efektif untuk peserta didik. Sebab kuis dan game ini berkaitan dengan mengulas materi sebelumnya sehingga memudahkan mahasiswa dalam mengingat materi yang disampaikan. Melalui kuis dan game yang dilangsungkan dua kali dalam satu semester bisa menjadi menyenangkan bagi peserta didik serta akan membuat mereka merasa terpicu.

  1. Aktif mengikuti Video Conference

Ketika memutuskan melangsungkan pembelajaran secara online, tentu seraya ada yang kurang jika tidak mengikut sertakan adanya video conference. Tujuan adanya Video Conference ini supaya para mahasiswa bisa menerima materi perkuliahan secara mudah. Melalui video conference dosen akan menyampaikan seluruh materi yang berkaitan selama masa perkuliahan sehingga penting sekali keikutsertaan mahasiswa di dalamnya. Keikutsertaan mahasiswa dalam pembelajaran melalui video conference ini bisa dijadikan salah satu indikator penilaian soft skill mahasiswa.

  1. Ujian

Indikator terakhir tentu saja hal yang harus dan tidak bisa dilepaskan kaitannya dengan perkuliahan. Keberadaan ujian ini tujuannya agar bisa melakukan evaluasi terhadap mahasiswa mengenai sejauh mana kemampuan mereka dalam memahami materi yang disampaikan. Pelaksanaan ujian perkuliahan online juga bisa diberikan secara online. Tentu saja itu semua juga harus sesuai dengan aturan yang ada dan disesuaikan dengan perangkat lunak yang digunakan masing-masing dosen.

Itulah indikator yang cukup penting diterapkan oleh para dosen dalam memberikan penilaian kepada mahasiswa. Meskipun perkuliahan secara online, bukan berarti banyak kendala dan persoalan justru ini akan sangat memudahkan apalagi jika perkuliahan tersebut di dukung oleh platform yang tepat.

Saat ini dalam mendukung perkuliahan online setiap perguruan tinggi atau kampus yang ada, bisa memanfaatkan Smart Learning Garuda Cyber. Melalui Smart Learning Garuda Cyber ini akan memudahkan kampus melangsungkan perkuliahan, bahkan penilaianpun jauh lebih mudah. Banyak sekali ragam fitur dalam Smart Learning ini dan berbagai fasilitas untuk penugasan online, absensi, ruang diskusi, kuis online, ujian online, dan yang paling penting adalah report nilai mahasiswa. Smart Learning Garuda Cyber adalah solusi tepat perkuliahan online.

 

#GarudaCyber23Agustus


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia