Jual Sistem Manajemen Aset (Sarana Prasarana) Kampus

Setiap perguruan tinggi atau kampus tentu saja memiliki Sarana Prasarana atau Aset yang mendukung aktivitas dan operasional kampus. Dimana aset yang dimiliki ini sangat banyak dan beragam, sebab satuan pendidikan sebuah kampus memiliki ruang lingkup yang luas. Ada banyak sekali aset yang dimiliki untuk mendukung setiap aktivitas yang ada, mulai dari gedung tempat berlangsungnya proses belajar mengajar, fasilitas belajar seperti kursi dan lainnya, wifi, lahan parkir dan banyak sarana lainnya yang mesti dimanajemen secara baik dan tepat.

Setiap aset tersebut haruslah dikelola agar bisa digunakan secara tepat guna. Berbicara pengelolaan tentu saja hal ini memiliki cakupan cukup luas. Dimana definis sederhananya pengelolaan aset ini bermakna memahami apa saja  atau sarana prasana yang dimiliki oleh sebuah intitusi. Memanajemennya dan mengalokasikannya serta menjaga setiap nilai aset yang ada. Berhubungan nilai aset ini berarti harus memahami harus paham apa saja mesti dilakukan agar kualitas aset meningkat, serta menjaga nilai aset dan mengetahui apa saja faktor yang terlibat dalam pengelolaannya.

Sebuah perguruan tinggi merupakan salah satu institusi pendidikan yang cukup strategis sehingga haruslah mempunyai fokus yang terintegrasi termasuk dalam sarana prasarana ini. Banyaknya kebutuhan sarpras untuk mendukung aktivitas akademik dan pembelajaran, maka manajemen manual akan sangat menyulitkan. Sebab setiap aset haruslah menghasilkan laporan yang tepat agar tidak menghambat aktivitas yang ada. Begitu banyak jenisnya tentu manual proses akan sangat rentan akan kesalahan atau permasalahan lainnya dalam memanajemennya.

Di era digitalisasi tentu cara manual tidak mumpuni lagi, dimana teknologi hadir memberikan solusi terbaik untuk setiap permasalahan yang ada. Teknologi yang lahirpun berdasarkan kebutuhan manusia untuk memudahkan pekerjaan mereka, sama halnya dalam pengelolaan aset secara baik ini. Kampus haruslah mempunyai sebuah sistem database yang bisa menangis seluruh kebutuhan terkait dalam pengelolaan aset ini. Seperti pengelolaan ruang kelas belajar yang memadai dan mendukung, dan fasilitas kampus lainnya. Sebuah sistem pengelolaan aset yang baik bisa mencakup secara keseluruhan dalam sebuah institusi, tentu saja dengan sistem terintegrasi.

Baca Juga : Pentingnya SIAKAD di Era New Normal Saat ini

Dalam rangka untuk menertibkan administrasi berkaitan dengan pendataan dan pengelolaan aset maka, kampus haruslah mempunyai sistem informasi yang saling terintegrasi untuk pengelolaan ini. Kemudahan bagi perguruan tinggi dalam mendapatkan sistem terintegrasi yaitu memanfaatkan Sistem Manajemen Aset (Sarpras) dari Garuda Cyber. Dimana aplikasi ini untuk mengelola semua inventaris berkaitan aset yang dimiliki kampus. Pada sistem tentu saja pengkodean serta format pelaporan yang dibangun berdasarkan aturan Permendagri 17 tahun 2007. Selain pengkodeaan sesuai standar Permendagri juga menyediakan fitur pengkodean lokal sesuai kebutuhan institusi. Sehingga aplikasi ini benar-benar akan menjadi solusi tepat dan terbaik bagi kampus.

Aplikasi manajemen yang ditawarkan Garuda Cyber ini akan mengelola secara baik setiap aset yang ada, kemudian melacak dan menyimpai setiap detail transaksi atau perubahan yang dilakukan. Maksudnya adalah seperti peminjaman barang laboratorium yang tentu harus dicatat setiap unit yang melakukan peminjaman hingga jumlah, begitu juga ketika pengembaliannya. Di dalam sistem juga tersedia fitur laporan dan pengajuan untuk setiap unit yang membutuhkan.

Terkait hak akses sistem ini dibatasi sesuai kebijakan dan aturan kampus, sehingga tidak semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah. Nah, ketika manajemen aset berjalan dengan baik menggunakan sistem yang terintegrasi tentu keamanan aset dapat dipantau dengan mudah.

Banyak sekali kelebihan atau keunggulan yang ditawarkan Garuda Cyber pada sistem manajemen aset ini, diantara keunggulan tersebut adalah :

  1. Pendataan dan Penerimaan Barang

Sistem yang dilengkapi fitur pengkodean akan memudahkan dalam mendata setiap barang. Pendataan barang masuk atau keluar dan penerimaan barang akan lebih mudah dilakukan bahkan lebih cepat dan tepat. Selain itu ketika adanya pengkodean ini akan menghindari kesalahan saat inputan atau terhindarnya dari duplikat data.

  1. Penempatan Barang

Pada sistem juga tersedia fitur penempatan barang, sehingga tidak perlu mendata setiap unit terkait kebutuhan dan menentukan dimana lokasi akan ditempatakan. Sebab setiap unit bisa melakukan perencanaan, dan ketika disetujui bisa melakukan pendataan unit dan lokasi untuk penempatan barag tersebut melalui sistem. Bahkan untuk penempatan sekaligus untuk lokasi dan unit yang samapun sangat dimudahkan oleh aplikasi ini.

Baca Juga : Jual Aplikasi SPP Online Sekolah Smart School

  1. Perencanaan Barang

Adanya fitur perencanaan barang sehingga setiap unit bisa mengajukan perencanaan barang untuk tahun berikutnya, dan unit bisa mengetahui apakah pengajuannya diterima atau tidaknya.

  1. Transaksi Barang

Fitur lainnya yang membantu kampus adalah transaksi setiap barang yaitu transaksi peminjaman dan pengembalian antar unit. Adakalanya antar unit melakukan peminjaman barang sehingga sistem akan mencatatnya dan ini akan menghindari adanya barang atau data yang hilang.

  1. Monitoring Barang

Sistem menyediakan fitur untuk melakukan usulan pemeliharaan oleh unit dan monitoring barang oleh admin pusat.

  1. Laporan Aset Lengkap

Sistem menyediakan fitur untuk pembuatan laporan aset lengkap berdasarkan kondisi, jumlah, transaksi yang dapat dilihat oleh executive stakeholder. Tentu saja laporan ini adalah bagian yang penting, sehingga dengan laporan lengkap akan memudahkan pimpinan melihat keberadaan asetnya.

Dengan ragam kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan dalam Sistem Manajemen Aset ini tentu saja sudah sepatutnya setiap kampus atau perguruan tinggi meninggalkan cara konvensional dan beralih ke Digital dalam mengelola asetnya. Jual Sistem Manajemen Aset dari Garuda Cyber ini adalah solusi tepat untuk setiap kampus, sebab sudah banyak kampus yang mempercayakan kebutuhan IT mereka dengan Garuda Cyber.

Sebagai kampus zaman now, memberikan kemudahan dalam pelayanan dan informasi adalah hal yang mesti diprioritaskan agar bisa bertahan di era digital ini. Dengan sistem digital banyak manfaat akan dirasakan kampus, salah satunya kampus akan dianggap profesional dan kredibilitasnnya juga lebih dipercayai.

 

#GarudaCyber23Agustus

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...