Jual Aplikasi Perpustakaan Kampus

Perpustakaan kerap diidentik dengan tumpukan buku di dalamnya, dimana pada perpustakaan banyak sekali jenis buku yang ada. Sering kali kita menganggap bahwa ketika mendengar kata perpustakaan maka yang terlintas yaitu kumpulan ragam buku yang ada di dalam sebuah ruangan. Dimana ruangan tersebut dipenuhi dengan tumpukan buku dan tentunya sudah tertata dengan rapi. Setiap buku-buku yang ada tersebut mempunyai judul berbeda serta jenis berbeda pula, dan tentu saja koleksinya lebih banyak ketimbang kita pribadi yang mengoleksi jenis buku.

Setiap jenis buku dan judul yang berbeda, dengan banyaknya tumpukan buku pada perpustakaan banyak para pengunjung malas menemukan kebutuhannya. Hal itu disebabkan kita harus mengecek satu per satu judul yang terdia di rak yang cukup banyak tersebut.

Dalam institusi pendidikan, keberadaan perpustakaan merupakan hal yang sangat penting termasuk juga sebuah perguruan tinggi. Dimana ia haruslah dimiliki oleh setiap kampus, karena peranan keberadaannya sangat penting sekali guna menambah wawasan dan pengetahuan. Keberadaannya pada sebuah kampus menjadi gudang atau sumber ilmu sebab banyak terdapat informasi ilmiah, literatur dari segala jenis media hingga buku-buku yang akan bermanfaat dalam mendukung perkuliahan.

Sebagai mahasiswa yang tengah menuntut ilmu sudah selayaknya memanfaatkan perpustakaan sebaik mungkin. Ilmu pengetahuan termasuk teknologi informasi dan komunikasi saat ini terus mengalami perkembangan sehingga sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam industri kerja tentu saja mereka yang tidak hanya menguasai satu bidang. Melainkan para multitalenta yang memiliki kontribusi tinggi demi kemajuan. Sehingga kebutuhan ilmu pengetahuan tersebut haruslah dipenuhi dengan membaca sebanyak mungkin. Dibalik tingginya kebutuhan tersebut, dalam manajemen perpustakaan tentu juga dituntut harus bisa memberikan pelayanan terbaik.

Dalam pelayanan sebagai petugas sering kali mengalami permasalahan dalam mengelola serta memanajamennya. Adakalanya jumlah buku atau koleksi meningkat sehingga agar terdata dan tercatat secara baik diperlukan proses yang cukup lama di dalamnya. Petugas mesti memberi label buku satu per satu secara manual. Setelah dilabeli barulah di catat ke dalam buku sekaligus memasuki jumlah stock setiap jenis dan judul. Kemudian barulah disusun ke dalam rak-rak tersedia.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Rekam Medis Rumah Sakit

Tidak cukup itu saja, setelah disusun petugas harus menyediakan katalog untuk para pengunjungnya. Tujuan katalog ini memudahkan dalam menemukan buku, dimana di dalam tersedia informasi seperti judul, pengarang, nomor rak dan hal lainnya yang dibutuhkan. Namun, katalog secara manual ini memiliki banyak sekali kelemahan diantaranya stock buku yang tidak tampil secara baik. Permasalahan lainnya yang dialami setiap perpustakaan sebuah kampus adalah jumlah petugas atau tenaga yang melayani pengunjung sangat terbatas dan itu juga menghambat kinerja pelayanan.

Tidak hanya pelayanan yang lama, pengolahan datapun akan sangat tidak maksimal. Kendala tersebut disebabkan karena tidak optimalnya kampus memanfaatkan sumber daya komputer di dalamnya. Seharusnya di era digitalisasi ini, perpustakaan tidak harus mencatat manual lagi jumlah buku, identitas buku hingga pelabelannya. Sebab kemajuan teknologi telah memberikan banyak sekali kemudahan untuk beragam bidang kerja. Diantara kemudahan tersebut dengan hadirnya perpustakaan digital atau Aplikasi Perpustakaan kampus yang memanajemen aktivitas dan pelayanan menjadi lebih baik.

Aplikasi perpustakaan ini memiliki banyak sekali manfaatnya diantaranya bisa mengakses jurnal, buku dan e-book secara online. Kemudahan lainnya yang ditawarkan adalah setiap transaksi baik itu peminjaman hingga membacapun tersedia dalam bentuk online. Sesuai namanya, Aplikasi ini nantinya akan mengelola seluruh data kebutuhan perpustakaan secara maksimal mulai dari buku, anggota, rak, peminjaman, stok hinga pengembalian bahkan juga termasuk perhitungan denda. Tidak lupa juga tersedia fitur pencarian, sebab mencari koleksi di dalam rak yang cukup banyak secara satu per satu tentu akan sangat membosankan. Nah, dengan fitur ini akan memudahkan menemukan koleksi diinginkan secara cepat dan tepat.

Aplikasi yang menawarkan segudang manfaat ini bisa diperoleh dari Garuda Cyber, dimana aplikasi ini terdapat dalam salah satu produk unggulan mereka yaitu Smart Campus. Di dalam Smart Campus tersebut banyak sekali sistem yang saling terintegrasi untuk memudahkan aktivitas sebuah perguruan tinggi, diantaranya Aplikasi Pustaka ini. Keunggulan lainnya yang ditawarkan Garuda Cyber adalah mendukung pengelolaan banyak unit sekaligus. Maksudnya apabila kampus memiliki jumlah fakultas yang banyak, serta masing-masing fakultas memiliki perpustakaan maka semuanya akan tersinkron dan terkelola. Sehingga jika mahasiswa di fakultas tertentu hendak mencari buku A maka bisa saja buku tersebut tersedia di Fakultas lain. Tentu saja si Mahasiswa diperbolehkan meminjam ke Fakultas lain tersebut dengan persyaratan sesuai aturan kampus.

Baca Juga : Jual Aplikasi Keuangan Perusahaan

Tidak hanya itu saja, Aplikasi juga mendukung sistem booking. Maksudnya mahasiswa bisa membooking dulu buku dari jauh setelah itu baru datang untuk meminjam. Tujuan adanya sistem booking ini menghindari kekecewaan ketika sudah jauh berkunjung ternyata buku yang dibutuhkan sudah tidak tersedia. Tentu saja peminjaman ini dibatasi dalam jangka waktu tertentu, apabila terlambat mengembalikan maka akan dikenakan denda.

Diantara keunggulan lainnya dengan adanya Aplikasi Perpustakaan ini adalah :

  1. Pengelolaan Data Perpustakaan Efektif dan Efisien
  2. Advance Search (Pencarian Cepat dan Tepat) sehingga proses pencarian buku, data anggota atau koleksi lainnya menjadi jauh lebih cepat dan mudah.
  3. Mendukung Penggunaan Barcode
  4. Terintegrasi dengan semua sistem informasi perpustakaan yang ada di lingkungan perguruan tinggi.
  5. Laporan Lengkap

Dengan ragam keunggulan tersebut maka sudah sepatutnya setiap kampus beralih dari cara konvensional menuju “Go Digital” bersama Smart Campus. Tentu saja sudah banyak sekali perguruan tinggi yang mempercayai Garuda Cyber sebagai solusi untuk kebutuhan IT mereka. Di era Digital saat ini, sistem digitalisasi adalah solusi terbaik harus digunakan agar bisa bertahan dan tetap eksis. Ketika kampus menerapkan sistem digitalisasi tentu saja akan meningkatkan mutu pelayanannya dan kredibilitas kampus juga lebih dipercaya.

 

#GarudaCyber23Agustus

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...