Jual Aplikasi KKN Online Kampus

Sebagian besar perguruan tinggi atau kampus di Indonesia baik itu Negeri maupun swasta memiliki kegiatan pengabdian kepada masyarakat, diantaranya adalah KKN (Kuliah Kerja Nyata). Bisa dikatakan KKN ini rutinitas kampus setiap tahun, dimana menerjunkan mahasiswa di semester tertentu untuk bersosialisasi dan beradaptasi pada sebuah daerah setingkat desa. Lama kegiatan KKN ini juga bervariasi namun umumnya sekitar satu hingga dua bulan.

Kegiatan dari KKN ini adalah sebuah bentuk pendidikan yang direncanakan oleh kampus dengan cara memberikan pengalaman belajar untuk para mahasiswa mereka di tengah masyarakat di luar kampus. Sehingganya ketika mereka menjalani aktivitas ini diharapkan bisa berbaur dan memahami kebutuhan masyarakat di luar kampus tersebut. Ketika lulus nanti mereka diharapkan bisa siap terjun berbaur dengan masyarakat serta memberikan kontribusi terbaik untuk permasalahan yang ada.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Ketika mengikuti Kuliah Kerja Nyata ini tentu saja akan banyak pengalaman yang dimiliki mahasiswa sehingga itu akan menjadi bekal untuk mereka. Kegiatan itu tidak lain adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat, entah itu memberikan edukasi terkait ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah atau hal lainnya dan tentu saja hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Dari semua rangkaian kegiatan tersebut mereka dituntut untuk membuat laporan. Isi di dalam laporan tersebut berupa rangkaian kegiatan, gambaran atau informasi serta program yang mereka laksanakan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, anggaran hingga hasil yang diperoleh.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi HRM Klinik

Laporan ini sifatnya itu kelompok dan ketua kelompoklah yang akan melaporkan ke bagian LP2M. Nah, jika kita lihat terkesan sederhana sekali proses KKN ini namun praktek di lapangan sebenarnya cukup rumit. Terlebih lagi jika kampus menghandalkan cara manual dalam prosesnya. Mulai pendaftaran, pembagian lokasi, pelaporan dan lainnya. Tentu akan sangat tidak teratur sekali. Sebagai gambaran berikut kemungkinan aktivitas dan kendala proses KKN secara manual:

  1. Banyaknya mahasiswa yang mengikuti kkn akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendata mahasiswa tersebut.
  2. Waktu penentuan lokasi atau penempatan mahasiswa KKN membutuhkan waktu yang cukup lama sebab mahasiswa harus dibagi secara acak dan seimbang untuk penempatannya.
  3. Pelaporan secara manual membuat banyak tumpukan kertas serta membutuhkan waktu lama dalam mengoreksinya
  4. Butuh waktu untuk mengolah nilai atau hasil KKN

Bisa kita simpulkan dari kemungkinan-kemungkinan di atas pada umumnya adalah berkaitan dengan proses dan waktu, dimana semuanya membutuhkan waktu lama. Terlebih lagi jika jumlah mahasiswa yang mendaftar tidak sedikit alias banyak, maka semua data haruslah direkap secara baik. Nah, jika data ini dikumpulkan berupa formulir saja besar kemungkinan akan adanya kehilangan data dan kendala lainnya. Sebagai solusi terbaik sistem informasi berbasis web atau Aplikasi KKN Online adalah pilihan tepat bisa digunakan.

Ketika kampus menggunakan Aplikasi Online dalam memproses pendaftaran KKN hingga pelaporannya tentu akan banyak sekali kemudahan akan di dapatkan. Pertama mahasiswa tidak harus datang ke bagian LP2M dimana mereka bisa mengakses dari mana saja dan kapan saja. Dikarenakan sistem ini terintegrasi dengan SIAKAD tentu untuk login, si mahasiswa cukup memasukan username berupa NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan password yang sudah diatur sebelumnya. Setelah itu mahasiswa bisa melihat data individu, apabila ada perubahan atau ada yang mesti dilengkapi si mahasiswa dapat langsung melakukannya.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Keuangan Klinik

Setelah melengkapi data untuk kebutuhan KKN nantinya, termasuk pengupload-an berkas yang dibutuhkan maka langkah selanjutnya pemilihan lokasi. Mahasiswa bisa langsung memilih lokasi diinginkan dengan catatan jika masih tersedia. Pada sistem dibatasi untuk setiap jurusan hanya maksimal bisa dipilih oleh dua orang di setiap jurusan. Sehingga jika sudah terpenuhi mahasiswa tersebut harus memilih lokasi lain. Pembatasan setiap daerah ini bertujuan agar antar mahasiswa berbeda jurusan bisa berbaur, selain itu dengan program studi atau jurusan yang berbeda pada satu kelompok tentu lebih maksimal lagi dalam pengabdian kepada masyarakat.

Aplikasi KKN ini bisa di dapatkan dari Garuda Cyber, dimana aplikasi ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi untuk mendaftar KKN secara online. Dimana pada sistem informasi ini siswa bisa memilih area berdasarkan opsi yang disediakan. Namun, jika area tersebut kuota sudah penuh, maka akan ada pemberitahuan untuk tidak memilih area tersebut lagi. Dosen pembimbing bisa langsung dilihat melalui sistem tersebut. Sedangkan saat program KKN selesai ketua masing-masing kelompok KKN dapat menginputkan laporan KKNnya. Nah, laporan online inilah nanti akan dikoreksi oleh pembimbing untuk pemberian hasil.

Ketika laporan dalam bentuk digital tentu sangat menghemat dalam penggunaan kertas dan hal lainnya. Tidak hanya itu saja banyak kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh Garuda Cyber dengan Aplikasi KKN ini, diantaranya terintegrasi langsung dengan Aplikasi SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) kampus. Sehingganya nilai yang diperoleh bisa dilihat langsung melalui SIAKAD dan mahasiswa bisa mencetak nilai langsung karena terinput otomatis pada Kartu Hasil Studi mereka.

Dengan ragam keunggulan yang ditawarkan Garuda Cyber, maka sudah saatnya kampus Anda beralih meninggalkan cara konvensional ke “Go Digital”. Dengan sistem digitalisasi tentu kredibilitas kampus akan lebih meningkat lagi, selain itu pihak internal maupun eksternal menganggap kampus sangat profesional. Sebab kebutuhan data dan informasi bisa diberikan secara mudah dan cepat yang dampaknya bisa meningkatkan pelayanan.

 

#GarudaCyber23Agustus

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...