WhatsApp-Button
Jual Sistem Ujian Online Kampus

Jual Sistem Ujian Online Kampus

  2020-08-12 16:39:23     Ulti Desi Arni     Dibaca 956 kali

Pada sebuah Perguruan Tinggi atau kampus ada beberapa jenis ujian yang dilangsungkan, diantaranya ujian penerimaan peserta didik baru, ujian tengah semester hingga ujian akhir semester. Ujian ini merupakan aktivitas yang memang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan baik itu bangku sekolah hingga perguruan tinggi. Diadakannya ujian ini tujuannya untuk mengukur kemampuan peserta didik dan calon peserta didik. Seberapa besar pencapaian kompetensi mereka yang nantinya hasil ujian itu berupa nilai untuk pengakuan atas prestasi yang telah dicapainya.

Ketika kita berada di era modern dengan kemajuan yang ada menjadikan pendidikan sebuah kebutuhan mutlak yang harus kita penuh. Tujuannya agar kemandirian serta kemajuan suatu bangsa bisa tercipta dengan adanya rakyat yang cerdas serta intelektual. Pendidikan ini merupakan sebuah upaya yang ditempuh untuk memajukan, bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelek) dan tubuh anak.

Selain itu pendidikan ini dikatakan penting karena ia juga sebuah upaya yang dilakukan dan disiapkan oleh pemerintah untuk mempersiapkan kehidupan masyarakatnya di masa akan datang. Tidak hanya itu saja, ia juga merupakan upaya untuk meningkatkan mutu dalam pendidikan ini supaya warga negaranya mampu berpikir serta bertingkah laku sebagaimana yang diharapkan.

Demi mewujudkan hal tersebutlah setiap satuan pendidikan mulai di bangku sekolah hingga perguruan tinggi menyelenggarakan ujian untuk calon peserta didiknya dan peserta didiknya. Pada perguruan tinggi test atau ujian ini hal yang tidak bisa dilupakan, termasuk ketika penerimaan mahasiswa baru hingga ujian akhir semester.

Baca Juga : Buat Website Perusahaan

Pada umumnya pelaksanaan ujian atau evaluasi ini masih dilakukan secara tertulis, dan bisa dikatakan cara ini sangat rentan sekali baik itu akan kehilangan ataupun kecurangan. Kecurangan tersebut bisa saja terjadi karena peserta memiliki kesempatan untuk mencontek ke kanan dan ke kiri ketidak ujian berlangsung. Ujian manual ini juga membutuhkan banyak kertas dan alat tulis lainnya, dimana untuk pembuatan soal dan lembaran jawaban harus menghabiskan cukup banyak sekali kertas. Tentu saja itu membutuhkan banyak anggaran.

Tidak hanya terkait anggaran atau biaya tapi juga membutuhkan waktu lama dalam penilaian. Dimana pengaplikasian ujian ini bisa berproses sangat lama sebab proses pengoreksiannnya dilakukan manual. Sama halnya dengan penilaian, dan untuk mendapatkan hasil ujian juga membutuhkan waktu lama menunggu. Karena adanya rentang waktu yang cukup lama antara pelaksanaan ujian hingga mempublikasi hasil ujian tersebut tentu ini sangat rentan sekali dan rawan. Membutuhkan waktu untuk pengoreksian bisa saja ada lembar jawaban yang hilang atau terjadi manipulasi data secara fisik.

Meskipun ujian tertulis ini dirasa cukup rentan, tetap saja masih banyak perguruan tinggi melangsugkan proses ujian untuk menyeleksi calon mahasiswa mereka atau untuk proses evaluasi dengan cara tertulis. Membutuhkan banyak peralatan tulis baik itu kertas dan pena untuk melangsungkan evaluasi ini. Selain itu proses penilaiannya juga dilakukan secara tertutup dan hanya diketahui oleh pihak internal pelaksana saja. Hal ini membuat tingkat akurasi hasil juga bisa dipertanyakan.

Namun berbeda halnya dengan saat ini, dimana seiring dengan berkembang pesatnya teknologi informasi dan komunikasi tentu saja metode yang diterapkan untuk evaluasi atau ujian ini juga berkembang. Banyak teknologi yang hadir menawarkan kemudahan untuk pelaksanaan ujian atau test diantaranya memanfaatkan komputer. Jika dibandingkan dengan cara manual tentu saja akan banyak sekali keunggulan akan dirasakan dengan memanfaatkan teknologi dalam proses ujian. Diantara kelebihannya memberikan kemudahan kepada peserta ujian, dimana mereka tidak perlu menyiapkan lagi alat tulis serta memudahkan mereka mengerjakannya. Selain itu kemungkinan kecurangan juga akan terminimalisir sebab soal yang ditampilkan pada layar itu secara acak. Dimana antara satu peserta dan peserta lainnya akan mendapatkan soal berbeda sehingga menyulitkan untuk menyontek. Paling penting ujian secara online ini hasilnya lebih transparan, dan dapat dipertanggung jawabkan sebab hasil tes bisa langsung keluar setelah ujian selesai dilaksanakan.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Warehouse (Manajemen Barang/Gudang) Rumah Sakit

Ujian Online ini merupakan proses evaluasi yang dilakukan oleh kampus untuk proses seleksi dan evaluasi menggunakan bantuan jaringan internet. Karena kemajuan teknologi ini, akan banyak sekali kemudahan akan didapatkan sehingga sudah sepatutnya ujian manual atau konvensional digantikan dengan komputerisasi menggunakan Sistem Ujian Online (CAT) dari Garuda Cyber.

Sistem Ujian Online (CAT) dari Garuda Cyber ini merupakan sistem untuk pelaksanaan ujian atau seleksi rekruitmen agar mendapatkan standar minimal kompetensi dasar. Tujuan adanya CAT ini adalah menghemat kertas, anggaran serta data yang akan diperoleh bisa lebih cepat dan akurat.

Aplikasi Ujian CAT dapat dimanfaatkan untuk proses seleksi penerimaan mahasiswa baru, ujian tengah semester hingga ujian akhir semester pada sebuah perguruan tinggi. Diantara manfaat dari

  1. Proses ujian dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.
  2. Peserta ujian akan langsung mengetahui hasil ujian.
  3. Setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda karena soal berbasis acak.
  4. Mempercepat proses pemeriksaan dan hasil ujian tanpa harus menunggu lama.

Dengan ragam manfaat dan kemudahan tersebut bisa kampus Anda dapatkan dari Garuda Cyber. Dimana Garuda Cyber ini adalah perusahaan IT terkemuka dan sudah memiliki banyak mitra yang mempercayakan kebutuhan software dan aplikasi mereka pada tim profesional Garuda Cyber. Banyak perguruan tinggi memanfaatkan produk unggulan Garuda Cyber ini yaitu Smart Campus untuk mendukung aktivitas kampus mereka. Di dalam Smart Campus ini terdapat banyak sekali aplikasi atau sistem yang saling terintegrasi dan salah satunya adalah Sistem Ujian Online ini. Dengan adanya sistem terintegrasi tentu akan memberikan kemudahan integrasi data dalam lingkungan kampus.

 

#GarudaCyber23Agustus


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia