WhatsApp-Button
Alasan Kenapa Kampus Harus Memiliki Sistem Terintegrasi

Alasan Kenapa Kampus Harus Memiliki Sistem Terintegrasi

  2020-07-09 16:45:30     Ulti Desi Arni     Dibaca 64 kali

Di era digitalisasi dan Industri 4.0 saat ini tentu saja penggunaan teknologi informasi dalam membantu bidang pekerjaan adalah sebuah keharusan. Dimana menggunakan teknologi akan memudahkan serta membantu pekerjaan lebih cepat terselesaikan. Apalagi sebuah perguruan tinggi, dimana di dalamnya banyak sekali transaksi dan aktivitas terjadi yang menuntut harus bisa lebih cepat dan tepat dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Memberikan pelayanan terbaik dan prima merupakan salah satu yang harus dilakukan oleh akademik perguruan tinggi.

Agar mampu memberikan pelayanan yang baik dan prima untuk semua civitas akademik maka solusi terbaik di era Industri 4.0 ini adalah menggunakan Sistem Informasi terintegrasi. Bisa dikatakan sistem informasi terintegrasi ini sudah menjadi sebuah kebutuhan setiap bidang Industri, terlebih lagu sebuah perguruan tinggi.

Bisa dilihat bahwa proses yang terjadi pada manajemen perguruan tinggi tentu saja tidak sederhana, karena begitu banyak lingkup aktivitas atau pekerjaan mesti di kelola oleh kampus. Setiap aktivitas yang terjadi membutuhkan ruang penyimpanan data yang baik dan saling berkaitan. Ragam aktivitas yang ada pada sebuah kampus mulai dari pendaftaran, aset atau sarana prasarana, perencanaan studi, perpustakaan, alumni hingga keuangan. Banyak lainnya yang memang untuk membantu perguruan tinggi seperti beasiswa, yudisium dan lainnya.

Melihat banyaknya kebutuhan sistem informasi untuk membantu manajemen sebuah perguruan tinggi inilah yang menyebabkan pentingnya sistem informasi terintegrasi. Apabila semua sistem sudah saling terintegrasi tentu akan sangat memudahkan sekali setiap melakukan aktivitas.

Melihat begitu besarnya manfaat ketika menggunakan aplikasi terintegrasi ini, namun masih banyak kita jumpai bahwa beberapa kampus setia menggunakan Sistem Informasi yang berdiri sendiri-sendiri. Sehingganya menyulitkan bagian manajemen, sebab mereka harus melakukan penginputan data yang sama ke beberapa sistem berbeda. Contoh sederhananya penginputan data mahasiswa baru, dimana data tersebut sebelumnya sudah diminta dan ada pada Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Namun, karena SPMB ini tidak terintegrasi dengan akademik maka bagian akademik harus menginputkan kembali.

Baca Juga : Alasan Cloud Computing Penting Bagi Kampus

Setelah itu data tersebut kemungkinan juga dibutuhkan ketika mengajukan beasiswa atau hal lainnya menggunakan aplikasi berbeda, maka data harus diinputkan lagi. Seharusnya hal seperti ini tidak harus terjadi, sebab kampus sebenarnya sudah memiliki data seluruh mahasiswa maka data tersebut bisa saja diambil untuk digunakan. Untuk itulah, jika sistem terintegrasi dugunakan maka semua proses bisa lebih muda serta kampus akan mampu memberikan pelayanan terbaiknya.

Sebagaimana sudah kita bahas di atas bahwa menggunakan Sistem Informasi terintegrasi ini tentu saja banyak sekali manfaatnya untuk kampus. Memang sudah sepatutnya kampus menggunakannya untuk mendukung kredibilitas. Berikut ini beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan kampus kenapa harus menggunakan Sistem Terintegrasi :

  1. Sharing data antar sistem sangat mudah

Tujuan adanya integrasi ini pada dasarnya adalah sebuah upaya untuk menyatukan beberapa aplikasi atau sistem yang berdiri sendiri agar tergabung dalam satu proses manajemen yang berkaitan. Dimana data pada setiap sistem atau aplikasi tersebut tersimpan dalam satu database yang sama sehingga ketika dibutuhkan akan memudahkan dalam proses pengambilan data.

Ketika kampus Anda sudah menerapkan sistem terintegrasi ini, maka cukup sekali saja memasukan data pada database akan tersinkron untuk semua sistem yang membutuhkannya. Sehingga anda tidak perlu menginputkan data berulang kali untuk semua sistem yang ada.

  1. Alur administrasi lebih mudah

Setiap data yang akan digunakan sebagai rujukan untuk setiap aplikasi akan berjalan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi terintegrasi ini. Mungkin pada sistem berikutnya hanya akan dimintai untuk melengkapi data tambahan sesuai kebutuhan aplikasi tersebut. Tentu saja cara ini akan jauh lebih efektif, mudah dan cepat dalam mengolah dan memanajemen setiap informasi yang ada.

Baca Juga : Sistem Administrasi Pasien Rumah Sakit

  1. Mencegah pengulangan data

Ketika sistem yang digunakan sudah terintegrasi tentu saja penginputan data tidak diperlukan lagi. Ketika kita menginputkan data ke dalam beberapa sistem berbeda, disanalah terjadinya pengulangan data (redudancy data). Banyak sekali kerugian yang akan di dapatkan karena pengulangan data ini seperti borosnya ruang penyimpanan dan data-pun tidak konsisten. Bisa saja data yang dimiliki oleh orang yang sama berbeda beberapa indikator di sistem yang berbeda. Untuk itulah dengan terintegrasi maka kemungkinan tersebut akan teratasi, sebab semua data tersimpan dalam satu database yang sama.

  1. Memudahkan dalam pengembangan sistem

Seiring berkembangnya kampus dan berkembangnya teknologi, tentu saja kampus juga akan terdorong untuk mengembangkan sistem yang sudah ada. Baik itu sistem baru yang masih sejenis atau menggunakan sistem terbaru dengan tampilan berbeda atau hal lainnya namun masih menggunakan database yang sama. Ketika kampus menggunakan sistem terintegrasi tentu ini akan memudahkan developer mengembangkan sistem sesuai kebutuhan kampus. Selain itu, prosesnya juga tidak akan memakan waktu lama karena sudah tersedianya data.

  1. Memudahkan dalam maintenance

Selain memudahkan dalam pengembangan, juga memudahkan dalam maintenance. Maintenance terhadap data haruslah dilakukan secara berkala dengan tujuan agar sesuai dengan kebutuhan kampus. Selain itu maintenance juga dibutuhkan ketika hendak memperbaiki data yang rusak baik karena bencana alam maupun perusakan data disengaja dari pihak luar yang tidak bertanggung jawab.

Itulah manfaat dari adanya sistem informasi terintegrasi yang menjadi alasan kenapa kampus harus menggunakannya. Ada banyak sekali kemudahan yang ditawarkan baik itu kemudahan untuk pengguna maupun untuk pengelolaan data.

Bagi perguruan tinggi Anda yang ingin menggunakan Sistem Informasi terintegrasi bisa mendapatkannya dari produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart Campus. Di dalamnya terdapat banyak sekali sistem terintegrasi yang akan memudahkan semua civitas kampus dalam meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan.

Sebagai kampus zaman now, maka sudah seharusnya menjadi prioritas utama mereka adalah memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk seluruh civitas akademik dalam memperoleh informasi. Tidak hanya itu, kemudahan informasi ini juga akan meningkatkan kredibilitas kampus baik serta kampus akan terlihat lebih profesional.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia