WhatsApp-Button
Alasan Kenapa Pentingnya Aplikasi Akuntansi bagi Perusahaan

Alasan Kenapa Pentingnya Aplikasi Akuntansi bagi Perusahaan

  2020-07-09 16:42:34     Ulti Desi Arni     Dibaca 68 kali

Akuntansi ini erat sekali kaitannya dengan keuangan, dimana akuntansi proses mencatat, hingga mengelola keuangan dengan proses tertentu. Bisa dikatakan bahwa hampir semua kita sering mendengar kata Akuntansi bahkan Sistem atau Aplikasi Akuntansi juga. Sistem akuntansi di era ini bukanlah istilah yang asing lagi di telinga anda, apalagi kamu yang memiliki profesi dalam bidang keuangan atau manajer keuangan.

Aplikasi Akuntansi ini merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang memilki fungsi untuk mencatat dan memproses ragam transaksi akuntansi sebuah perusahaan. Menggunakan Aplikasi akuntansi tentu saja banyak sekali kemudahan dan manfaat akan dirasakan perusahaan, diantaranya proses perhitungan melalui sistem lebih cepat dilakukan.

Kita tahu bahwa saat ini berada di era Industri 4.0 dimana teknologi dan sistem digitalisasi menjadi solusi untuk membantu aktivitas pekerjaan termasuk dalam bidang keuangan. Meskipun keberadaan sistem akuntansi ini memberikan banyak manfaat karena prosesnya otomatis bahkan sudah banyak perusahaan perlahan beralih menggunakannya. Namun, tetap saja ada beberapa perusahaan yang masih saja setia dengan cara konvensional yaitu cara manual menggunakan buku untuk pencatatan pembukuan keuangannya.

Sebelum berkembangnya teknologi serta jumlah industri yang minim mungkin cara manual cukup efektif digunakan. Dimana perusahaan hanya menghandalkan seorang akuntan untuk menghitung, mencatat hingga membuat laporan keuangan dengan lengkap tanpa harus ada kesalahan. Meskipun demikian, se-handal apapun akuntan yang dipekerjakan yang namanya human error itu akan sangat sulit sekali untuk dihindari ditambah dengan kesalahan lainnya tanpa kita sadari.

Beda halnya jika menggunakan aplikasi otomatis tanpa melibatkan orang untuk mengolah data, dimana sebagian besar proses akuntansi bisa secara otomatis dikerjakan oleh sistem. Baik itu perhitungan transaksi hingga pembuatan laporan, bahkan melalui Aplikasi ini akan dapat mengurangi adanya Human Error dan tingkat akurasi dari perhitungan keuangan juga akan lebih tinggi lagi.

Baca Juga : Aplikasi Smart Company di Jambi

Sebagaimana sudah dijelaskan di atas bahwa menggunakan software atau sistem akuntansi untuk mengelola keuangan perusahaan tentu saja memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ragam manfaat yang akan dirasakan perusahaan, diantaranya adalah :

  1. Hemat waktu dan biaya

Manfaat pertama yang akan dirasakan adalah waktu dan biaya terasa lebih hemat. Kita tahu bahwa proses akuntansi ini sangat membutuhkan banyak waktu dalam perhitungannya, mulai dari pencatatan hingga perhitungan. Selain membutuhkan waktu, perusahaan juga harus menyediakan lebih dari satu akuntan untuk proses pembukuan dan lainnya. Namun, jika menggunakan aplikasi akuntansi tentu waktu akan lebih dipersingkat karena sistem bekerja otomatis, begitu juga biaya lebih hemat karena tidak harus menyewa banyak akuntan.

  1. Visibilitas keuangan meningkat

Ketika perusahaan menggunakan sistem dalam manajemen keuangan ini, maka akan memudahkan pihak yang berwenang atau berkepentinga untuk mengecek kapanpun dan dari manapun terkait kondisi keuangan perusahaan secara detail. Mereka bisa melihat setiap transaksi yang terjadi dalam kurun waktu yang diinginkan. Dengan adanya data detail keuangan yang bisa diakses secara realtime tentu akan membantu sekali untuk digunakan dalam pengambil keputusan atau perencanaan anggaran tahun berikutnya.

  1. Kesalahan terminimalisir

Dalam menghitung keuangan akuntansi dibutuhkan ketelitian agar mendapatkan hasil yang lebih akurat, sehingga jika dilakukan secara manual itu risiko kesalahannya lebih tinggi. Menggunakan Aplikasi akuntansi yang menghitung otomatis setiap transaksi maka kesalahan dalam perhitungan hingga duplikasi datapun bisa terdeteksi. Akuntan tidak akan lagi menghabiskan banyak waktu untuk mengoreksi setiap data dan transaksi yang dicatat sebelumnya, melainkan ia bisa fokus melakukan pekerjaan lainnya yang memang membutuhkan konsentrasi lebih.

  1. Meningkatkan manajemen aset dan inventaris

Sistem akuntansi yang baik tentu saja sebuah aplikasi yang sudah terintegrasi dengan sistem lainnya diantaranya manajemen aset dan inventaris. Sehingganya, aplikasi ini memudahkan sekali bagi kamu untuk mengelola aset dan inventaris perusahaan karena adanya perhitungan otomatis biaya inventaris, depresiasi aset dan stock opname.

Baca Juga : Jual Aplikasi PPOB (Payment Point Online Bank)

  1. Menyediakan data secara real time

Karena data tersimpan di dalam satu database yang bisa di akses melalui jaringan internet, sehingga memudahkan pihak berwenang melacak kondisi keuangannya secara real time. Tidak perlu melalui tahapan perhitungan manual lagi, sistem akan menampilkan secara detail sisa saldo perusahaan dan dilengkapi dengan transaksi uang masuk amupun keluar. Ketika data ini bisa diakses secara real time maka akan sangat berguna sekali dalam memudahkan kamu membuat strategi atau rencana terkait keuangan ini.

  1. Memudahkan dalam pengambilan keputusan

Aplikasi akuntansi bisa menyediakan fasilitas akses data secara realtime dan menyediakan fitur laporan yang lengkap dan tepat. Ketika sebuah laporan keuangan ini bisa didapatkan dengan langkah dan tepat tentu saja bisa dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan. Berdasarkan laporan yang bagian manajemen akan tahu setiap transaksi sehingga bisa menetapkan dan merencanakan anggaran untuk kemajuan bisnis di masa akan datang.

  1. Fleksibilitas tinggi

Seperti sudah berkali-kali kita utarakan di atas bahwa Aplikasi atau Sistem Akuntansi ini memberikan kemudahan untuk melacak informasi keuangan serta proses manajemen keuangan ini juga bisa dilakukan dari mana saja. Tentu saja sistem ini lebih fleksibel dan tidak mengikat waktu serta tempat. Cukup bermodalkan internet maka user yang memiliki wewenang bisa mengaksesnya.

Itulah manfaat akan adanya sistem Akuntasi untuk Perusahaan, sehingga manfaat di atas bisa menjadi alasan kenapa perusahaan harus memiliki sistem akuntansi mendukung aktivitas bisnisnya. Ragam manfaat tersebut bisa anda dapatkan dari Garuda Cyber, dimana mereka memiliki produk unggulan untuk membantu perusahaan dalam manajemen perusahaan mereka yang dinamai dengan Smart Company.

Di dalam Smart Company ini terdapat ragam aplikasi yang saling terintegrasi diantaranya ada Sistem Keuangan Akuntansi yang akan memudahkan perusahaan dalam mengelola keuangannya. Sebuah perusahaan yang berada di era Industri 4.0 ini memang sudah menjadi keharusan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada dalam mendukung aktivitas perusahaan. Nah, kini saatnya bertransformasi dari cara konvensional menggunakan sistem digital bersama Garuda Cyber.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia