WhatsApp-Button
Alasan Memilih Aplikasi ERP Custom

Alasan Memilih Aplikasi ERP Custom

  2020-07-08 16:53:04     Ulti Desi Arni     Dibaca 73 kali

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas terkait ERP (Enterprise Resource Planning) ini, entah itu kenapa perusahaan harus menggunakan software ERP hingga keunggulannya untuk industri konstruksi. Keberadaannya saat ini memang sudah tidak asing lagi, sudah ada beberapa perusahaan yang tidak mau ketinggalan perkembangan teknologi informasi memanfaatkan software ERP untuk membantu aktivitas pekerjaan mereka.

Di tengah terusnya berkembang teknologi informasi dan komunikasi, terlebih lagi kita memasuki era digitalisasi 4.0 tidak heran jika banyak bidang kerja memanfaatkan teknologi ini untuk memaksimalkan pekerjaan mereka. Karena kecenderungan kita sebagai manusia menginginkan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan pekerjaan, maka perusahaan IT dan pelaku start-up terus berlomba-lomba dan berinovasi dalam menciptakan teknologi terbaru.

Diantara teknologi yang terus dikembangkan adalah memudahkan pekerjaan dalam manajemen, begitu juga untuk sebuah perusahaan. Banyak sekali vendor yang memiliki software ERP ini, dimana masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Banyaknya jenisnya tentu saja fitur yang ada juga beragam, sehingga penting bagi kamu sebelum menentukan pilihan lebih baik menelaah kebutuhan terlebih dahulu.

Memilih aplikasi yang mempunyai fitur sesuai kebutuhan tersebut tentu saja penting, agar software yang harganya tidak murah ini benar-benar berfungsi maksimal. Ketika memilih software yang sudah tersedia, memanglah fitur yang tersedia sesuai kebutuhan kita, ada kemungkinan beberapa fitur tidak berguna atau hal lainnya.

Selain itu, menggunakan ERP sederhana tentu tidak mudah untuk mendapatkan efesiensi yang dibutuhkan perusahaan. Sebab kebutuhan sebuah perusahaan terkait informasi yang akurat haruslah dikembangkan dan terintegrasi, sehingga tidak bisa hanya menghandalkan Aplikasi ERP yang simpel saja. Meskipun vendor ERP ini banyak tersedia itu membuat banyak perusahaan mengalami kesalahan ketika memilihnya.

 Baca Juga : Jasa Digital Marketing Perusahan

Maka dari itu, ketimbang menggunakan Software ERP sudah siap, ada baiknya juga anda memilih jasa Custom. Dimana ketika kamu memutuskan mengcustomnya, tentu saja sistem yang dihasilkan sesuai permintaan dan kebutuhan kamu. Menggunakan ERP Custom bisa dikatakan akan menjadi solusi untuk mendukung aktivitas pekerjaan. Ada banyak alasan kenapa kamu harus mempertimbangkan yang custom, diantaranya adalah :

  1. Melayani seluruh permintaan kebutuhan perusahaan

Alasan pertama kenapa anda harus memilih perusahaan yang menyediakan pembuatan aplikasi ERP Custom adalah sistem yang kamu butuhkan akan mereka kembangkan dan bangun sesuai kebutuhan perusahaan kamu. Dimana kebutuhan fitur yang ada pada sistem akan disesuaikan dengan pekerjaan, misalnya perusahaan anda membutuhkan fitur untuk manajemen terkait penjualan, inventori, perhitungan akuntansi, mencetak laporan, dan manajemen lainnya. Maka, sistem yang ada custom ini akan mampu melakukan backup terkait semua fitur dan juga berfungsi secara baik.

Fungsi setiap fitur yang ada pada aplikasi akan sesuai dengan permintaan anda, sehingga akan mengurangi risiko terjadinya pembekakan biaya karena harus membayar mahal untuk aplikasi dengan banyak modul tapi tidak semuanya kamu gunakan. Selain itu, pilih vendor yang tepat untuk mengembangkan aplikasi anda secara baik agar nantinya tidak ada penyesalan. Menggunakan aplikasi yang tepat sesuai fungsi maka akan memberikan ragam kemudahan.

  1. Tersedianya pengembangan jangka panjang

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan tentu saja tidak statis alias begitu-begitu saja, ada kalanya mengalami perubahan dari waktu ke waktu demi kemajuan perusahaan. Sehingga sistem yang digunakan sebelumnya juga mau tidak mau harus mengalami perubahan atau perkembangan sesuai kebutuhan bisnis. Sehingga disinilah letak pentingnya ERP Custom, karena ia harus mengikuti perkembangan konteks perusahaan.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Gizi Rumah Sakit

Ketika kamu memilih vendor uang tepat dalam membangun aplikasi ERP Custom, maka mereka akan menyediakan pelayanan untuk pengembangan aplikasi tersebut dalam jangka panjang demi mendukung perusahaan anda bisa produktif dalam bekerja. Sehingga ketika perusahaan kamu berkembang dan membutuhkan ragam fitur untuk mendukung maka, ERP Custom solusi tepat kamu.

  1. Sistem terintegrasi

Dalam sebuah perusahaan tentu saja tidak hanya dicukupkan dengan satu sistem saja, melainkan ada beberapa sistem yang berjalan untuk mendukung pekerjaan dan masing-masing memiliki keterkaitan. Ketika kamu memilih mengcustom aplikasi ERP tentu saja di dalamnya terdapat beragam sistem yang mampu saling terintegrasi sesuai kebutuhannya.

Alur data atau aliran informasi pada masing-masing sistem tersebut akan dibutuhkan juga oleh sistem lain, sehingga sistem terintegrasi ini adalah teknologi digital yang tepat di ere digital 4.0 ini. Menggunakan sistem terintegrasi tentu saja akan memudahkan ragam unit maupun divisi dalam melakukan pekerjaan. Sehingga setiap karyawan bisa bekerja lebih produktif dibandingkan sistem manual.

  1. Melayani Rekayasa Proses Bisnis (Reengineering)

Rekayasa ulang atau rekayasa proses bisnis mampu memberikan perubahan baik pada proses bisnis. Terkadang perbaikan tersebut bisa berupa reduksi waktu siklus, pengurangan pembiayaan dan juga peningkatan kepuasan pelanggan secara signifikan. Penerapan rekayasa ini bisa dilakukan secara baik tergantung kondisi perusahaan. Dimana jika membutuhkannya maka, menggunakan sistem yang tercustom adalah solusinya serta membenahinya dengan baik.

  1. Dapat disesuaikan dengan angagran dan kebutuhan perusahaan

Harga sebuah software atau sistem informasi memanglah tidak murah, dan biayanya cukup mahal. Untuk itu, harga adalah poin paling penting untuk kamu perhatikan ketika ingin menggunakan software ERP. Mungkin kamu bisa temukan harga murah, namun itu tidak menjamin bahwa sistem bisa berjalan secara efektif dan efesien. Untuk itu memilih menggunakan jasa custom dapat menjadi solusi kamu, dimana jasa atau vendor penyedia akan memberikan harga sesuai budget dan modul atau fitur yang kamu butuhkan.

Nah, itulah beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan untuk anda kenapa harus memilih yang custom. Jika perusahaan anda membutuhkan vendor atau perusahaan IT untuk membangun sesuai kebutuhan anda, saat ini Garuda Cyber bisa menjadi solusi kamu. Dimana Garuda Cyber ini adalah perusahaan IT yang khusus bergerak dalam Software Development sehingga ia akan membangun dan mengembangkan aplikasi sesuai keinginan anda.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia