WhatsApp-Button
Keuntungan Menggunakan Sistem ERP Pada Industri Kontraktor

Keuntungan Menggunakan Sistem ERP Pada Industri Kontraktor

  2020-07-07 16:24:06     Ulti Desi Arni     Dibaca 52 kali

Kemajuan teknologi yang menghadirkan ragam software ataupun aplikasi saat ini memanglah menawarkan banyak sekali kemudahan untuk para pelaku bisnis. Diantara ragam aplikasi yang ada saat ini adalah Software ERP yang merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning. Dimana keberadaan aplikasi ini memang dianggap banyak industri kerja menawarkan segudang keunggulan untuk ragam bidang bisnis, termasuk kontraktor.

Penerapan sistem ERP untuk setiap bidang bisnis tentu saja memiliki keuntungan tersendiri bagi penggunanya, selain adanya kebutuhan pokok. Dimana yang menjadi kebutuhan pokok adakah memudahkan dalam manajemen finance atau keuangan, HRD, marketing dan aktivitas umumnya yang ada pada setiap perusahaan. Sedangkan keuntungan untuk kebutuhan khusus tentu saja manfaat yang berbeda yang dirasakan oleh setiap perusahaan, termasuk dalam membantu industri bisnis kontraktor.

Melihat banyaknya bidang bisnis yang memanfaatkan aplikasi ERP ini, tentu saja ia juga menawarkan manfaat untuk industri konstruksi. Memang keuntungan yang dirasakan tidak akan jauh berbeda dengan bidang lainnya. Namun, menelaah secara satu persatu pada industri konstruksi setidaknya bisa menjadi pertimbangan untuk perusahaan konstruksi yang belum menerapkan ERP mendukung aktivitas kerjanya. Berikut beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh Software ERP untuk perusahaan kontraktor :

  1. Mengoptimalkan penggabungan data

Keunggulan pertama sekaligus keuntungan yang akan dirasakan oleh industri konstruksi ketika menggunakan sistem ini adalah memudahkan dalam penggabungan data. Dimana penggabungan data maksudnya menyimpan semua data yang berkaitan dengan perusahaan di dalam satu database secara. Sehingga data tersebut tersimpan secara terpusat, dan ketika dibutuhkan akan mudah diakses nantinya.

Persoalan yang terjadi pada penyimpanan data tentu saja bukanlah hal asing lagi, hampir semua bidang kerja mengalami permasalahan terkait penyimpanan data ini. Ada saja permasalahan yang terjadi seperti kehilangan data, data ganda, ketidak cocokannya, atau persoalan lainnya. Sehingga adanya aplikasi teintegrasi seperti ERP akan menjadi solusi untuk persoalan tersebut, dimana data akan tersimpan secara baik dan lebih rapi.

Dalam industri konstruksi, masalah data itu jauh lebih rumit lagi dibandingkan bidang kerja lainnya. Dimana di dalamnya banyak sekali data mesti dimanajemen diantaranya mulai dari tim marketing, klien, keuangan, HRD, projek manager, ratusan karyawan, alat yang digunakan untuk industri dan hal lainnya yang berkaitan. Belum lagi jika pabrik atau lapangan tempat proses pekerjaan berjarak yang cukup jauh dari perusahaan, tentu ini akan membutuhkan waktu dan banyak hal dalam manajemennya.

Baca Juga : Jual Sistem PPDB Online Sekolah di Jambi

Begitu banyaknya data tersebut jika diolah dengan cara yang tidak tepat tentu akan sangat rumit dan tidak mampu menghasilkan laporan yang baik. Beda halnya jika perusahaan menggunakan aplikasi terintegrasi, tentu semua akan berjalan dengan baik. Bahkan melalui aplikasi ini, semua data baik itu dari ragam unit terkait pekerjaan yang ada di lapangan bisa langsung di update dan pimpinan juga bisa memantau secara realtime. Selain memudahkan, ini juga akan menghemat biaya dan terutama menghemat waktu.

  1. Analisa dan perencanaan

Diantara tujuan penyimpanan data pada sebuah organisasi tentu saja untuk digunakan sebagai bahan analisa dan perencanaan. Berdasarkan data yang tersimpan, maka perusahaan bisa menganalisa apa saja kelemahan atau kekurangan dan kelebihan yang ada pada perusahaan sebelumnya untuk dijadikan acuan dalam pengerjaan berikutnya. Apalagi pada perusahaan industri konstruksi, analisa data proyek sebelumnya atau bagian lainnya bisa dijadikan acuan untuk mengerjakan projek baru.

Sebab jika terjadi kesalahan dalam melakukan sebuah pekerjaan pada industri konstruksi ini memang mengakibatkan kerugian cukup besar. Sehingga analisa yang kuat dan akurat sangat dibutuhkan, sehingga pada aplikasi ERP ini menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Berdasarkan hasil analisa yang ada, maka kitapun bisa membuat perencanaan terkait tindakan apa yang akan diambil untuk mengatasi kekurangan sebelumnya. Ketika sebuah perencanaan dilakukan dengan matang, maka hasilnya-pun tentu akan lebih baik dan bisa mencegah kemungkinan terjadinya kerugian.

Menggunakan aplikasi ERP dimana ia menyimpan serta mengelola data yang ada, dan data tersebut bisa kita dapatkan kembali secara realtime. Data yang tersimpan tersebut bisa kita analisa kapan saja, sehingga bisa digunakan untuk mengambil langkah yang tepat kemudian disesuaikan dengan kondisi lapangan. Bahkan paling penting, menggunakan aplikasi ini sangat membantu sekali dalam analisa dan perencanaan keuangan. Sehingga setiap pemasukan dan pengeluaran bisa tertata rapi dan laporan yang dihasilkan juga lebih maksimal.

  1. Peningkatan efesiensi

Manfaat berikutnya yang akan dirasakan ketika industri konstruksi menggunakan aplikasi ERP ini adalah mampu meningkatkan efesiensi kerja. Adanya sistem yang terintegrasi dengan baik antara satu divisi dengan divisi lainnya mampu meningkatkan efesiensi kerja. Sehingganya para pimpinan yang memiliki wewenang dalam pengambil keputusan bisa mengakses sistem kapan saja dan dari mana saja ketika membutuhkan sebuah informasi tanpa harus menunggu laporan dari setiap divisi. Tidak hanya pimpinan saja merasakan efesiensi dengan adanya sistem terintegrasi ini, namun para pekerja lainnya juga akan merasakannya.

  1. Mempermudah pembukuan

Pembukuan akuntansi adalah persoalan yang sangat rumit dalam sebuah perusahaan, karena ini berkaitan dengan keuangan. Keuangan ini adalah bagian yang paling sensitif dan mesti terkelola secara baik. Pada software ERP tersedia fitur yang akan membantu pengelolaan keuangan ini sehingga memudahkan dalam pembukuan. Kita tahu bahwa pada sebuah industri konstruksi tentu banyak sekali transaksi yang terjadi, dan setiap konstruksi mereka membutuhkan biaya tersebut dengan cepat. Biaya yang dikeluarkan untuk setiap projek tentu saja tidak sama dan beragam. Untuk software ERP ini akan mempermudahkan persoalan tersebut.

Baca Juga : Jual Sistem Manajemen Rumah Sakit

  1. Memudahkan komunikasi

Komunikasi merupakan poin yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis, apapun itu bidangnya. Ketika komunikasi antar karyawan dan semua yang terlibat dalam bisnis tersebut terjaga dengan baik, maka sebuah usahapun akan mampu berjalan dengan baik pula. Saking pentingnya sebuah komunikasi, tentu tidak diherankan jika pernah mendengar sebuah bisnis harus gulung tikar atau mengalami kerugian karena miss comunnication. Baik antar pihak internal maupun dengan pihak eksternal.

Sebagai industri konstruksi tentu saja komunikasi merupakan bagian vital yang mesti di jaga. Pasalnya banyak proyek atau pekerjaan yang mungkin tidak bisa dipantai secara maksimal oleh pimpinan karena kebanyakan dilakukan di lapangan. Aplikasi ERP ini tidak hanya memudahkan dalam manajemen pekerjaan karena saling terintegrasi melainkan ia juga akan memudahkan untuk koordinasi pekerjaan.

  1. Pemasaran lebih mudah

Keuntungan terakhir dengan menggunakan aplikasi ERP ini memudahkan tim marketing ketika melakukan pekerjaannya. Selain memudahkan untuk ia melaporkan pekerjaan di lapangan, juga memudahkan tim melakukan presentasi di lapangan. Di dalam aplikasi tersedia wadah untuk menyimpan bahan yang berkaitan dengan perusahaan untuk di pasarkan ke calon custumer. Selain itu, mereka juga bisa melaporkan aktivitas selama di lapangan melalui sistem dengan mudah.

Itulah beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh setiap perusahaan ketika memutuskan menggunakan Sistem ERP pada Industri Kontraktor. Bisa kita katakan bahwa di era digitalisasi ini sudah sepatutnya setiap industri kerja dalam bidang apapun menerapkan sistem terintegrasi guna mendukung aktivitas kerjanya.

Di awal permulaan mungkin dibutuhkan modal yang besar untuk membangun aplikasi dalam manajemen perusahaan ini. Namun seiringnya waktu semua itu akan terbayar dengan kemudahan dan manfaat lainnya hingga tanpa sadar ada beberapa anggaran yang bisa dihemat ketika menggunakan sistem tersebut.

Begitu banyaknya manfaat tersebut, mungkin saat ini perusahaan Anda belum menggunakan sistem ini namun tertarik untuk menggunakannya dan bingung mendapatkannya dari mana. Sebagai solusi untuk menjawab persoalan Anda tersebut, Garuda Cyber hadir. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang software Development tentu saja Garuda Cyber menawarkan aplikasi ERP dengan fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Sebagai perusahaan Zaman Now sudah sepatutnya anda beralih dari cara manual menggunakan cara digital di era Industri 4.0 ini.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia