WhatsApp-Button
Alasan Perusahaan Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi ERP

Alasan Perusahaan Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi ERP

  2020-07-07 15:10:07     Ulti Desi Arni     Dibaca 45 kali

Di era sistem digital atau Industri 4.0 ini tentu saja penggunaan Aplikasi maupun software dalam membantu pekerjaan bukanlah hal yang asing lagi. Teknologi terus saja berkembang, sehingga inovasi terbaru untuk memudahkan aktivitas manusia termasuk pekerjaan kantoran akan lebih mudah, cepat dan efesien. Diantara ragam teknologi atau aplikasi yang hadir dalam dunia industri atau perusahaan adalah penggunaan Software Enterprise Resource Planning (ERP).

Pada perusahaan tentu penggunaan software ERP ini bukanlah hal jarang lagi dijumpai, bahkan memang menjadi keharusan untuk mendukung aktivitas yang ada di dalamnya. Menggunakan software ERP ini merupakan salah satu bukti bahwa ia mampu membantu dalam menjalankan bisnis serta meningkatkan produktivitas kerja yang dihasilkan perusahaan.

Keberadaan aplikasi ini merupakan sebuah sistem informasi yang memang diperuntukan untuk perusahaan dalam menjalankan bisnisnya dengan melakukan integrasi antar aspek yang ada. Seperti aspek produksi, operasional, keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM) hingga aspek distribusi. Aplikasi ERP ini mengelola data secara terpusat, dan pengelolaan data tersebut dilakukan secara realtime. Data yang dioleh menggunakan aplikasi tersebut tentu bisa dimanfaatkan untuk perencanaan bisnis selanjutnya demi kemajuan perusahaan.

Melihat perkembangan teknologi yang ada saat ini, maka sudah sepatutnya setiap industri bisnis memanfaatkannya untuk menjalankan bisnis mereka. Ketika sebuah perusahaan yang masih ragu dan belum menggunakan aplikasi ERP ini, tentu harus mengetahui apa saja manfaatnya sehingga muncul keyakinan bahwa sebagai perusahaan yang ingin tetap eksis harus menggunakan digitalisasi dalam prosesnya.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Mahasiswa Baru di Tengah Wabah Corona Melanda

Berikut ini beberapa alasannya kenapa sebuah perusahaan harus menggunakan Aplikasi ERP ini :

  1. Menghemat biaya

Salah satu asalan yang menjadi pertimbangan perusahaan yaitu penggunaan software ERP bisa menghemat biaya. Dimana kita tahu sebuah perusahaan tentu membutuhkan biaya yang banyak agar bisnisnya berkembang, baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Untuk menakan biaya yang ada dari berbagai aspek bisnis tersebut, maka perusahaan haruslah mempunyai strategi tepat. Salah satu strategi untuk diterapkan adalah menggunakan Software ERP.  Dimana aplikasi ini dalam jangka waktu yang panjang akan membantu perusahaan untuk berinvestasi. Dalam aplikasi ERP ada banyak sistem atau aplikasi yang menyatu atau saling terintegrasi untuk bisa dikerjakan secara bersamaan. Sehingganya dengan memanfaatkannya maka biaya yang digunakan untuk melakukan proses bisnis bisa lebih efesiensi dan hemat.

  1. Menciptakan kolaborasi

Selain menghemat biaya, pengunaan aplikasi untuk manajemen perusahaan ini juga mampu menciptakan kolaborasi antar unit yang ada di perusahaan. Dimana ia bisa di akses melalui satu sistem saja namun ada fasilitas berbagi untuk pengguna lainnya dalam mengedit, meningkatkan keamanan serta akses data oleh banyak user. Kemudahan ini akan membuat setiap pekerjaan yang ada pada perusahaan bisa dilakukan secara berkolaborasi antar divisi karena aksesnya bisa dilakukan secara realtime, hasilnya lebih cepat menyelesaikan pekerjaan tersebut.

  1. Memudahkan pekerjaan

Sebagaimana kita tahu bahwa teknologi yang hadir untuk memudahkan ragam pekerjaan, termasuk juga Sistem ERP ini. Dimana dengan adanya sistem ini, awalnya suatu pekerjaan tersebut haris dikerjakan satu-satu untuk sekian banyak divisi, kini pekerjaan tersebut bisa dilakukan dalam waktu bersamaan untuk setiap divisi. Selain itu, karena tersedianya laporan terkait pendapatan serta biaya yang dibutuhkan maka memudahkan perusahaan dalam merencanakan anggaran tahun berikutnya. Tidak membutuhkan waktu lama bagi pimpinan jika ingin membutuhkan data yang valid terkait transaksi bisnis yang ada.

  1. Produktivitas meningkat

Alasan selanjutnya penggunaan sistem ini adalah akan membantu peningkatan produktivitas kerja. Tim atau karyawan akan lebih produktif untuk menyelesaikan setiap tugasnya sehingga tidak akan ada banyak waktu terbuang dalam pekerjaan. Waktu yang tersisa melakukan sebuah aktivitas bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas lainnya.

Baca Juga : Manfaat Menerapkan Paperless Office

  1. Keamanan terjaga

Alasan terakhir yang menjadi pertimbangan kenapa menggunakan Software ERP dikarenakan keamanan lebih terjaga. Meskipun sistem digunakan untuk berkolaborasi serta bisa melakukan pekerajaan secara realtime, tetap saja kamu bisa melihat siapa saja yang telah mengakses data dalam waktu tertentu. Ketika informasi ini bisa di dapatkan dengan mudah, maka perusahaan juga akan dengan mudah mengetahui jika ada pihak yang ingin berlaku curang atau ingin menggunakan data perusahaan untuk hal yang tidak bijak.

Itulah alasan sebuah perusahaan kenapa harus menggunakan aplikasi ERP ini dalam mendukung aktivitas bisnisnya. Dimana menggunakan sistem ini ia bisa menciptaan integrasi atau keterkaitan antar bagian atau individu dalam mewujudkan prose bisnis yang cepat. Selain itu, aplikasi ini juga mampu membuat perencanaan yang valid dan terukur agar daya saing serta laba perusahaan dapat terus meningkat dan perusahaanpun bisa terus bertahan.

Melihat seberapa petingnya keberadaan software ERP ini maka sudah sepantasnya perusahaan harus menggunakannya dalam membantu operasional perusahaan. Anda bisa menggunakan salah satu yang ditawarkan oleh Garuda Cyber. Pada perusahaan ini ia menyediakan fitur sesuai kebutuhan alias bisa di custom sesuai kebutuhan perusahaan anda. Mengingat harga software ini tidak mudah, tentu memilih dengan fitur sesuai kebutuhan adalah pertimbangan pertama.

Garuda Cyber akan menyediakan aplikasi untuk manajemen perusahaan anda dengan fitur yang lengkap sesuai kebutuhan anda. Tentu saja saat ini sudah banyak institusi maupun instansi yang mempercayakan tim Garuda Cyber sebagai solusi yang menyediakan kebutuhan IT mereka. Sekarang sudah saatnya perusahaan anda beralih dari cara konvensional menuju Go Digital bersama Garuda Cyber. Sebagai perusahaan zaman now maka sudah sepatutnya mampu untuk mengikuti perkembangan teknologi agar bisa tetap eksis di tengah tingginya angka persaingan.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia