WhatsApp-Button
Hal yang harus diketahui pada Revolusi Industri 4.0

Hal yang harus diketahui pada Revolusi Industri 4.0

  2020-07-06 16:38:19     Ulti Desi Arni     Dibaca 87 kali

Semakin hari zaman terus saja berkembang dengan pesat, hal tersebut juga diiringin dengan kemajuan teknologi. Dimana kemajuan teknologi yang terus saja menawarkan ragam kemudahan untuk para penggunanya. Berbekal dengan teknologi tepat maka beberapa pekerjaan bisa dikerjakan dengan cepat dan mudah. Banyak hal positif dirasakan oleh manusia ketika teknologi ini terus menawarkan kecanggihannya. Sama halnya di era ini, dimana kita berada pada era industri atau teknologi 4.0.

Akhir-akhir ini mungkin kita sering mendengar istilah era digital, atau revolusi industri 4.0. Namun, diantara kita belum semuanya tahu dan paham apa yang dimaksud dengan revolusi industri 4.0 tersebut. Sebelumnya sudah tiga revolusi industri yang dialami dunia. Dimana revolusi pertama yaitu dikenal dengan Revolusi Industri 1.0. Pada era 1.0 ini teknologi yang baru dikenal dunia adalah mesin uap. Kemudian pada abad ke-20 menjadi Revolusi Industri 2.0. Pada era ini yang menjadi titik puncak adalah berkembangnya transportasi. Setelah era 2.0 maka selanjutnya adalah Revolusi Industri 3.0, dimana para era ini lebih menekankan teknologi robot dan komputer untuk membantu ragam proses industri dan produksi.

Jika kita memperhatikan ketiga revolusi tersebut, kita bisa lihat bahwa yang selalu menjadi penekanan baru di setiap momentumnya adalah perkembangan teknologi. Entah itu teknologi memmudahkan pekerjaan, transportasi dan lainnya. Nah, bagaimana dengan era 4.0? tentu kita juga menerka-nerka teknologi seperti apa yang akan dikembangkan pada era tersebut.

Di era digital 4.0 ini lebih menekankan pada perkembangan taraf kemampuan teknologi yang ada untuk efesiensi pada bidang industri atau pekerjaan serta menekankan pada cyber physical system. Dimana konsep yang diterapkan adalah penggunaan teknologi otomatisasi yang akan menggantikan tenaga manusia. Ibarat kata keberadaan teknologi ini dapat menggantikan manusia dalam melakukan pekerjaan, sehingga dianggap bisa menciptakan efesiensi lebih dalam industri kerja.

Baca Juga : Manfaat Menerapkan Paperless Office

Banyak sekali produk teknologi yang hadir di Industri 4.0 ini untuk memudahkan ragam bidang kerja. Dari beberapa teknologi tersebut memang saja banyak yang sudah merasakan manfaatnya, sama halnya dengan revolusi industri sebelumnya yang menghasilkan produk terbaru di setiapnya. Begitu juga dengan era 4.0 ini, berikut beberapa pengembangan teknologi di era 4.0 ini :

  1. Big Data

Big data ini merupakan kumpulan ragam data yang dengan volume besar tersimpan dalam satu database. Semua data tersebut direkam dari berbagai sensor sehingga disimpan menjadi satu database yang dikatakan Big Data.

  1. IoT (Internet of Things)

IoT ini dimana semua yang berkaitan dalam industri kerja tersambung dalam jaringan internet untuk kemajuan industri. Ketika semua aktivitas dilakukan dengan adanya jaringan internet sebagai penghubung tentu sebuah permasalahan bisa lebih mudah dan cepat diketahui dari mana saja dan kapan saja.

  1. Cyber Security

Teknologi ini hadir sebagai perlindungan untuk ragam sistem atau data dari kejahatan cyber atau cyber attact yaitu tindakan yang dapat mengancam informasi yang bersifat penting.

  1. Cloud Computing

Cloud computing ini yaitu server yang digunakan tersimpan di awan, dimana berbagai server dikonfigurasi dengan adanya bantuan jaringan internet.

  1. Augmented Reality

Menampak kesan nyata sebuah benda maya, bahasa lainnya yaitu adanya sensasi visual. Dengan cara memproyeksikan benda virtual yang sifatnya maya ke dunia nyata seolah-olah orang di dunia nyata benar-benar merasakan sensasi yang sama dengan dunia virtual tersebut.

Baca Juga : Jual Sistem PPDB Online Sekolah di Jambi

  1. Addictive Manufacturing

Ini berkaitan dengan desain digital, dimana desain digital tersebut bisa diwujudkan menjadi benda nyata secara mudah salah satunya yaitu penerapan 3 dimensi (3D) printing.

Beberapa produk di atas sudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, bahkan cukup akrab dengan kita. Melihat begitu cepatnya perkembangan teknologi yang ada ini tentu tidak menutup kemungkinan bahwa semua produk di atas tersebut akan terus berkembang dengan ragam kemudahannya.

Apabila teknologi tersebut terus mengalami perkembangan dan kemajuan tentu saja akan ada ancaman pada Sumber Daya Manusia dimana pekerjaan yang biasanya dikerjakan menggunakan tenaga manusia akan tergantikan oleh teknologi. Kondisi ini tentu akan membuat banyak orang akan kehilangan pekerjaan alias harus menjadi pengangguran. Tentu kita tidak menginginkan situasi seperti ini, dimana kira harus kehilangan pekerjaan. Untuk dalam menghadapi era digital 4.0 ini, ada beberapa hal mesti dipersiapkan.

Persiapan utama yang mesti kita lakukan dalam menghadapi era digital 4.0 saat ini adalah memperkuat kemampuan diri sebagai SDM. Meskipun teknologi terus berkembang pesat, bukan berarti banyak bidang pekerjaan hilang justru ada beberapa profesi yang justru sangat dibutuhkan di dalamnya seperti menjadi seorang influencer dan content creator. Dimana kedua profesi ini memang erat sekali hubungannya dengan perkembangan teknologi dan internet.

Melihat kondisi ini tentu tidak menutup kemungkinan pula bahwa akan ada profesi-profesi baru lainnya yang bisa kamu ciptakan. Ketika kamu memiliki banyak ide dan inovasi maka itu adalah kunci utama untuk kamu menghadapi perkembangan teknologi tersebut.

Selain memperkuat kemampuan SDM kamu juga bisa mencoba skill bati, dimana anda bisa mengikuti ragam seminar dan workshop untuk membantu kamu mendapatkan kemampuan tanpa harus duduk di bangku pendidikan formal. Bahkan kemajuan internet juga bisa menjadi referensi dalam membantu kamu belajar.

Berkembangnya teknologi, dimana kita berada di era digital 4.0 bukan berarti kita hanya pasrah dikalahkan oleh adanya teknologi tersebut. Tetaplah berinovasi dan menciptakan ide-ide terbaru agar tetap bisa bertahan dan maju mengikuti arus kehidupan. Teknologi memang telah memberikan banyak perubahan, termasuk mampu merubah pola pikir kita untuk ikut maju bersama kemajuannya tersebut.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia