WhatsApp-Button
Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di Masa Pandemi

Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di Masa Pandemi

  2020-07-02 16:41:23     Ulti Desi Arni     Dibaca 195 kali

Saat ini penyebaran wabah Covid-19 masih saja menjadi ancaman untuk masyarakat, dimana angka penularannya yang semakin hari terus saja meningkat. Lebih dari tiga bulan kita masih saja dihantui oleh rasa takut akan penyebaran virus corona ini, dan mengkhawatirkan banyak hal. Tidak hanya waspada akan terpapar, namun pengaruh yang diakibatkan oleh wabah ini cukup berdampak buruk. Upaya agar meminimalisir penyebaran virus ini, kurang lebih dua bulan lamanya pemerintah menghimbau untuk semua masyarakat agar tidak beraktivitas di luar rumah.

Himbauan itu menyuruh seluruh aktivitas baik pekerjaan, pendidikan dan lainnya yang memungkinkan untuk dilakukan dari rumah saja. Jelas saja ini sangat berdampak pada perekonomian dan institusi yang harus dilakukan dari rumah. Di tengah kondisi penyebaran virus itu hingga sekarang masih saja terus meningkat, maka pencegahan atau meminimalisir penyebaran virus corona ini terus diupayakan.

Sebagaimana sudah kita jelaskan bahwa penyebaran wabah ini memang cukup berdampak buruk dalam berbagai bidang, termasuk dalam pendidikan. Bisa kita katakan bahwa bidang pendidikan ini adalah salah satu bidang yang harus diperhatikan karena dampaknya wabah ini. Cukup banyak hal yang menjadi kendala, tidak hanya belajar dari rumah saja. Covid-19 juga berdampak meniadakan UN tahun 2020. Selain itu, hal tidak kalah penting dalam dunia pendidikan khususnya sekolah ini adalah proses penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Melihat kondisi yang ada dimana aktivitas berkumpul dihindari bahkan hingga saat ini kebijakan untuk belajar di rumah masih terus di perpanjangan, tentu saja proses PDDB menjadi persoalan yang cukup mendesak untuk diselesaikan terlebih untuk sekolah swasta. Melalui PPDB inilah setiap sekolah bisa mendapatkan murid baru setiap tahunnya, sehingga dengan adanya para siswa maka sekolah juga akan bisa beroperasional.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Pendaftaran Online Klinik

Berbeda halnya jika tidak adanya siswa, maka sekolah akan kesulitan beroperasional. Pada tahun sebelumnya mungkin tidak serumit tahun ini bagi sekolah-sekolah untuk mendapatkan peserta didik baru. Karena salah satu upaya bisa dilakukan adalah mendatangi satu per satu sekolah yang menjadi sasaran, namun beda halnya saat ini. Sekolah harus mampu berpikir untuk mendapatkan solusi mengatasi persoalan penerimaan peserta didik baru ini. Terlebih lagi angka persaingan dalam proses PPDB ini cukup tinggi.

Melihat kondisi ini tentu saja cara manual yang selama ini diterapkan oleh sekolah tentu tidak sangat efektif sekali. Terlebih lagi kita berada di era serba digital sehingga teknologi mampu menjadi faktor pendukung untuk bisa bersaing dengan baik di era digital ini. Selain tidak efektif, tentu akan banyak kesulitan lainnya yang pertama siswa akan kesulitan untuk mendaftar karena tidak ingin ke luar rumah. Dalam mengatasi persoalan tersebut, maka solusi terbaiknya adalah sekolah menerapkan sistem digital dalam membantu proses PPDB. Teknologi yang bisa digunakan oleh sekolah adalah Sistem PPDB dari Garuda Cyber.

Sistem PPDB ini akan menjadi solusi untuk memudahkan calon peserta didik untuk mendaftar tanpa harus datang ke sekolah, dan tentu saja memudahkan dari mana saja dan kapan saja. Di dalam sistem ini tidak hanya memudahkan proses pendaftaran saja, namun calon siswa juga bisa langsung memasukan persyaratan bahkan hingga proses seleksi dan hasil seleksi juga akan di tampilkan di dalamnya. Setelah mengetahui kalau lulus, siswa juga bisa langsung melakukan pendaftaran ulang.

Banyak sekali kemudahan yang akan didapatkan oleh pihak sekolah maupun calon mahasiswa menggunakan Aplikasi PPDB ini. Beberapa keunggulan tersebut adalah :

  1. Pendaftaran berbasis online

Keunggulan pertama dalam aplikasi ini adalah bisa diakses darimana saja dan kapan saja karena bersifat online. Tidak ada batasan ruang dan waktu selagi selama proses penerimaan maka 24 jam sistem bisa di akses. Karena melalui online maka siswa yang berada jauh di luar kota sekalipun bisa mendaftar langsung tanpa harus datang ke lokasi, sehingga sistem ini mampu menjangkau masyarakat luas.

  1. Fitur SMS Gateway

Selain proses pendaftaran mudah berbasis online hingga proses registrasi ulang, disini juga ada fitur sms gateway yang berfungsi sebagai pengingat atau mengirim informasi kepada calon mahasiswa sekaligus banyak.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi HRM Klinik

  1. Laporan & Grafik

Dalam manajemen apapun laporan menjadi bagian yang penting, pasalnya laporan ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Aplikasi ini menyediakan fitur menampilkan laporan secara lengkap bahkan berupa grafik, baik itu jumlah mahasiswa yang mendaftar setiap tahunnya dan lainnya apabila sekolah membutuhkan.

  1. Terintegrasi

Keunggulan utama dari sistem PPDB ini adalah aplikasi terintegrasi dengan sistem lainnya salah satunya yaitu dnegan sistem manajemen akademik. Ketika ada siswa mendaftar ulang, data akan tersinkron ke akademik sehingga bagian akademik tidak perlu melakukan penginputan ulang datang siswa tersebut.

Selain ragam fitur dan keunggulan di atas tentu saja banyak manfaat lainnya yang akan dirasakan oleh sekolah. Garuda Cyber juga bisa menyediakan fitur sesuai kebutuhan sekolah, sehingga setiap persoalan atau kebutuhan sekolah terhadap IT bisa dibantu oleh tim profesional Garuda Cyber.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia