WhatsApp-Button
Cara Memilih Software ERP

Cara Memilih Software ERP

  2020-07-01 15:41:27     Ulti Desi Arni     Dibaca 24 kali

Berada di era digitalisasi 4.0 saat ini teknologi menjadi bagian penting dalam manajemen sebuah bisnis. Dimana keberadaan teknologi ini memiliki peranan cukup penting dalam memudahkan ragam aktivitas dan hampir semua bidang kerja bisa dimudahkan karena adanya teknologi tersebut. Kemajuan teknologi juga mengantar manusia pada era komunikasi yang begitu, dimana orang dengan jarak jauh bisa berkomunikasi secara maksimal hingga bisa bertatap muka.

Berkembangnya teknologi ini membuat para pelaku start-up dan perusahaan IT menciptakan sistem atau software yang bisa membantu para pengusaha dalam menjalankan usahanya. Berbekal dengan teknologi, pelaku bisnis bisa dengan mudah mengatur serta memanajemen setiap aktivitas serta transaksi yang terjadi pada bisnis mereke.

Berbicara mengenai manajemen bisnis tentu saja bukanlah hal mudah, apalagi jika hanya menghandalkan cara manual di dalam prosesnya. Di era digital ini persaingan pelaku bisnis tidak hanya dengan jenis usaha yang sama saja, namun ia juga harus mampu mengiringi kemajuan teknologi agar bisa bertahan dan tetap eksis. Memanfaatkan digitalisasi tentu saja akan lebih meningkatkan kualitas baik itu kualitas kerja hingga kualitas pelayanan yang diberikan. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam sebuah bisnis yang sering digunakan adalah Software ERP.

Software ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning yang memiliki arti bahwa ia adalah kumpula software yang kompleks dimana mempunyai kapasistas mampu mengelola lebih dari satu kompinen bisnis. Meskipun perusahaan-perusahaan banyak menggunakan aplikasi ERP dalam membantu jalannya bisnis mereka, tentu saja mereka mengalami kendala ketika memilih sistem tersebut.

Ketika perusahaan hendak menggunakan aplikasi atau sistem untuk mendukung bisnis, menemukan sistem yang cocok dan pas untuk bisnis yang mereka jalankan tentu saja bukanlah perkara mudah. Mereka harus mempertimbangkan banyak hal seperti spesifikasi, fungsional atau gabungan keduanya hingga mempertimbangkan anggaran atau biaya yang sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan.

Baca Juga : Jual Aplikasi Absensi Online Perusahaan Berbasis QR-Code

Untuk itu penting sekali perusahaan mempertimbang beberapa hal ketika hendak memilih software yang tepat mendukung bisnisnya. Berikut beberapa hal yang mesti menjadi bahan pertimbangan perusahaan :

  1. Mencari Software yang Sesuai Kebutuhan

Ketika perusahaan anda ingin beralih dari cara konvensional menuju cara Digital, maka hal pertama yang mesti menjadi pertimbangan adalah cek kebutuhan perusahaan kamu. Tentu saja hal ini sangat penting, karena sistem yang akan digunakan harus memiliki fitur atau fungsi penting yang memang dibutuhkan oleh perusahaan untuk membantu operasional. Lain halnya jika sistem yang dipilih dengan sembarangan, bisa saja semakin mempersulit jalannya bisnis anda.

Contoh sederhana yang bisa dilihat adalah apabila bisnis anda bergerak dalam bidang penjualan produk yang tentu saja di dalamnya.Ada aktivitas manajemen inventori, melihat laporan pelanggan, laporan penjuaan, layanan transaksi, perhitungan secara akuntasni sertafitut lainya. Sehingga ketika kamu hedak memikh menggunakan ERP tentu saja dipili harus mencakup hal tersebutn dan mempuntai fungsi yang baik di dalam setiap modul yanga ada.

Bagi beberapa perusahaan keberadaan Aplikasi ERP ini memang memiliki peranan sangat penting, namun ada juga beberapa perusahaan tidak terlalu penting karena ia memilih mengcustom sistem sendiri. Hal tersebut tentu saja disebabkan karena paket yang menjual aplikasi Software ERP ini berisi banyak sekali modul, dan untuk setiap modul tentu kamu harus mengeluarkan anggaran. Semakin banyak modul yang ada tentu saja harganyapun semakin mahal, sehingga tidak heran jika pelaku bisnis yang cerdas enggan untuk membayar modul yang dianggap mereka tidak penting melainkan mencari yang sesuai kebutuhannya. Untuk itulah, anda juga harus membuat list kebutuhan anda sebelum membeli software ERP untuk perusahaan kamu.

  1. Memilih berdasarkan proses bisnis

Selain mempertimbangkan software yang benar-benar sesuai kebutuhan, hal selanjutnya harus diperhatikan adalah memilih aplikasi tersebut yang memang sesuai dengan proses atau jalannya bisnis kamu. Cocokanlah aplikasi ERP tersebut dengan industri atau usaha kamu. Beberapa aplikasi biasanya memang hanya dirancang untuk bisnis tertentu sehingga tidak semua usaha cocok menggunakannya. Salah satu solusi untuk bisa memastikan bahwa aplikasi atau software yang kamu pilih sesuai dengan proses bisnis kamu yaitu mengcustom sistem sendiri atau meminta jasa untuk membuatkan secar khusus untuk perusahaan anda.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi HRM Perusahaan

  1. Memilih Sesuai Anggaran Perusahaan

Tentu saja bukanlah rahasia umum lagi bahwa harga software ini cukup mahal, sehingga ketika perusahaan kamu hendal memilih perhatikan terlebih dahulu anggaran yang ada. Meskipun anggaran ini harus menjadi pertimbangan, bukan berarti kamu langsung tergiur dengan software yang menawarkan harga miring. Karena bisa saja fitur yang tersedia tidak sesuai dengan alur bisnis kamu sehingga bisa saja tidak efektif. Ketika kamu berada dalam kondisi ini, maka harus selektif dalam memilih agar anggaran kamu bisa disesuakan dan tidak adanya pengeluaran yang sia-sia nantinya.

 Itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum memilih Software ERP untuk mendukung jalannya bisnis kamu. Saat ini memang banyak sekali vendor yang menyediakannya dan tentu saja setiap vendor tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Nah, meskipun banyak vendor tentu kamu harus mencari perusahaan IT yang pofesional dengan menyediakan paket lengkap alias fitur sesuai kebutuhan anda. Salah satu yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan adalah Garuda Cyber.

Garuda Cyber adalah perusahaan sekaligus konsultan IT yang cukup berpengalaman dalam memberi solusi terkait permasalahan pelaku bisnis dalam dunia teknologi. Disini kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu terkait alur bisnis serta kendala yang sering dialami perusahaan anda, dan tim Garuda Cyber akan memberikan solusi tepat.

Sebagai perusahaan IT profesional tentu saja Garuda Cyber sudah memiliki pengalaman, dan kamu bisa mendapatkan softwar tepat guna. Disini kamu bisa mengcustom aplikasi, dimana kamu bisa meminta menu atau fitur apa yang dibutuhkan dalam mendukung jalannya usaha kamu. Dengan kualitas kerja dimana tim yang ada adalah para muda yang profesional tentu saja ini akan sangat menjadi solusi tepat usaha anda.

Harga yang ditawarkan oleh Garuda Cyberpun cukup bersahabat dan sesuai kualitas dan kebutuhan anda. Bahkan untuk memudahkan dan meringankan anda sebagai pelaku bisnis, Garuda Cyber memberikan kesempatan mitra. Sebagai mitra, maka kamu cukup membayar iuran tidap bulannya dan tim Garuda Cyber akan memberikan sistem sesuai kebutuhan dan memaintenancenya secara berkala. Garuda Cyber adalah partner yang pas memberikan solusi jalannya bisnis kamu. 

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia