WhatsApp-Button
Tips Magang untuk Mahasiswa Semester Akhir

Tips Magang untuk Mahasiswa Semester Akhir

  2020-07-01 15:40:35     Ulti Desi Arni     Dibaca 32 kali

Pada setiap perguruan tinggi biasa memiliki program magang untuk mahasiswanya, dimana di semester atau periode tertentu para mahasiswa tersebut terjun ke lapangan sesuai jurusannya. Magang ini adalah langkah yang tepat untuk dilakukan oleh para mahasiswa tersebut agar bisa merasakan langsung bagaimana kehidupan dunia kerja yang sebenarnya. Ketika mengikuti program magang ini, mahasiswa mencicipi lika-liku aktivitas dunia kerja.

Program magang ini akan melatih diri mereka agar nantinya setelah lulus mengerti dengan kehidupan dunia kerja. Sebagian besar Universitas atau Perguruan tinggi di Indonesia baik itu swasta maupun negeri menjadikan kegiatan magang ini sebagai salah satu syarat untuk mahasiswa bisa lulus. Ketika pelajar telah berhasil menjalani kerja praktek dalam periode dan tempat tertentu, maka ia akan mendapatkan nilai dari tempat ia magang dan nilai tersebutlah salah satu faktor penentu kelulusan.

Mahasiswa bisa saja mengikuti program magang dan kapan saja jika melihat ada perusahaan yang memberikan kesempatan, tidak harus menunggu program dari kampus. Kegiatan magang ini baik itu yang memang disediakan oleh kampus atau tidak, tetap saja tujuannya saja dan penerapannya sama. Mahasiswa bisa menyalurkan dan mengaplikasikan ilmu yang sudah ia pelajari selama kuliah. Selain itu setelah selesai magang ia bisa mendapatkan pengalaman berbeda sekaligus ilmu yang berbeda ketika ia dapatkan di dunia kerja.

Tidak hanya itu saja, program magang ini tentu saja memiliki ragam manfaat lainnya yang akan didapatkan oleh mahasiswa. Paling menonjol, anda akan bisa mengasah kemampuan diri dalam menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh kantor tempat anda magang melalui hal itu kamu akan terbiasa dengan yang namanya deadline. Hal itu akan sangat memudakan kamu dalam menjalani dunia kerja setelah lulus nantinya. Tidak hanya mampu menyelesaikan tugas, kamu juga bisa memperluas relasi dengan lainnya sehingga peluang kamu mendapatkan pekerjaan setelah lulus nantinya cukup besar.

Baca Juga : Jual Aplikasi Keuangan Perusahaan

Nah, terakhir manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti magang adalah, ada peluang kamu akan diterima langsung bergabung dengan perusahaan. Tentu saja itu semua tidak bisa diwujudkan jika kamu magang hanya ikut-ikutan saja. Kamu harus maksimal dan serius selama magang, sehingga kamu akan mendapatkan catatan bahwa kamu menjalaninya dengan sangat baik. Sehingga perusahaan akan menjadi pihak pertama yang akan mengevaluasi dan mempertimbangkan kamu untuk bergabung jika hasilnya bagus.

Waktu pelaksanaan magang ini sebenarnya tergantung kebijakan kampus, namun waktu terbaik adalah di semester akhir. Hal tersebut sudah banyak dilakukan oleh beberapa universitas yang mewajibkan mahasiswa yang berada di tingkat akhir untuk mengikuti trainer ini. Pasalnya di semester akhir tersebut, tentu saja mahasiswa tidak lagi disibukan dengan jadwal perkuliahan yang super padat seperti di awal-awal kuliah, namun mereka hanya fokus dengan tugas akhir atau skripsi saja.

Agar menjalani magang ini bisa secara maksimal sekaligus demi memperoleh ragam manfaat selama masa program sekaligus anda tetap bisa menyelesaikan tugas akhir maupun skripsi tentu saja dibutuhkan beberapa tips di dalamnya. Melalui tips ini, diharapkan kamu bisa sukses menjalaninya bahkan bisa tetap lulus tepat waktu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

  1. Mengenali perusahaan tempat magang dengan baik

Sebagai mahasiswa tingkat akhir yang disibukan dengan skripsi namun juga harus mengikuti program magang, maka tips sukses yang pertama bisa kamu lakukan adalah mengenali terlebih dahulu tempat kamu akan melaksanakan masa trainning. Sebelum menentukan perusahaan tempat kamu akan melaksanakannya, akan lebih baik kamu mensurvei dan mencari informasi selengkap-lengkapnya mengenai tempat rencana kamu akan menjalankan program magang.

Dengan begitu kamu akan bisa mempersiapkan diri sebelum hari H dan mudah untuk berbaur di lingkungan tersebut. Kebanyakan perusahaan itu memiliki budaya bekerja yang berbeda dan cukup ketat. Nah, ketika kamu sudah mencari tahu hal tersebut tentu akan memudahkan kamu membiasakan diri nantinya dan tidak butuh waktu lama kamupun mulai akrab dengan suasana tersebut

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Kepegawaian Perusahaan

  1. Menjaga etika dan disiplin selama magang

Setelah kamu mengenali perusahaan yang akan dituju, maka poin penting selanjutnya adalah tetap menjaga etika alias beretika yang baik serta disiplin selama masa training. Ketika menjalani masa magang, kamu harus ingat bahwa kamu tidak hanya sekedar magang disana namun kamu juga seorang karyawan sehingga harus mematuhi aturan yang ada layaknya karyawan.

Kalau bisa kamu menjaga etika secara baik dan disiplin datang melebihi karyawan yang ada, sehingga kamu akan dilirik oleh pimpinan karena kesan positif kamu berikan. Dengan begitu bisa saja dan tidak menutup kemungkinan setelah selesai menjalani program kamu akan ditawari untuk bergabung bersama perusahaan.

  1. Menciptakan hubungan yang baik

Hal selanjutnya yang mesti kamu terapkan selama mengikuti program magang selama semester akhir adalah mampu menciptakan hubungan yang baik. Ketika kamu mampu menciptakan hubungan dan kesan baik dengan karyawan yang ada, maka itu akan memudahkan kamu untuk bertanya mengenai tugas yang diberikan kepada kamu ketika sulit. Tidak hanya memudahkan untuk bertanya, lingkungan kerja yang nyaman juga akan tercipta jika hubungan terjalin secara baik. Sebaliknya, jika hubungan yang kamu jalin tidak baik maka itu akan menghambat ketika kamu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah memulai hubungan baik degan rekan yang berada pada satu divisi dengan anda, kemudian dilanjutkan dengan divisi lainnya. Semakin luas jaringan pertemanan maka akan semakin banyak manfaat kamu rasakan, diantaranya kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan serta pengalaman baru nantinya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika akan mengikuti magang sebagai mahasiswa semester akhir. Ketika kamu merasakan kesulitan dalam menemukan lokasi, sebenarnya ada banyak yang tersedia di internet diantaranya adalah Garuda Cyber. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang software development Garuda Cyber memberikan kesempatan besar untuk kamu bisa bergabung menjadi bagian dari tim yaitu melalui program magang. Tentu saja magang disini akan ada banyak sekali manfaat kamu dapatkan, terutama dalam bidang ilmu yang berkaitan dengan teknologi.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia