WhatsApp-Button
Jual Aplikasi Smart Parking Kampus

Jual Aplikasi Smart Parking Kampus

  2020-06-29 16:42:17     Ulti Desi Arni     Dibaca 20 kali

Saat ini kita berada di era teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang dengan pesat, dimana terus memberikan ragam kemudahan untuk para penggunanya. Manfaat keberadaan teknologi ini semakin hari semakin dirasakan oleh masyarakat, dimana hampir semua bidang kerja memanfaatkan teknologi tersebut. Bahkan ada beberapa penelitian yang memprediksi jika teknologi suatu saat akan mengantikan kerja manusia, dan saat ini di beberapa bidang kerja memang hal itu terbukti meskipun tidak sepenuhnya tergantikan.

Diantara ragam teknologi yang terus berkembang tersebut, keberadaan kendaraan menjadi salah satu yang turut hadir dalam memberikan kemudahan. Bisa dikatakan bahwa keberadaan kendaraan ini merupakan salah satu yang cukup penting dalam dinamika kehidupan pada era ini. Dimana kendaraan tersebut mampu menunjang efesiensi dan efektifitas kehidupan. Kendaraan ini bukan lagi hal yang hadir begitu saja, ia memang seakan menjadi kebutuhan setiap orang. Sebab tidak hanya angkutan umum namun juga ada kendaraan pribadi yang menjadi kebutuhan setiap orang dengan berbagai alasan. Hampir setiap kota di Indonesia mengalami kemacetan di jam-jam tertentu dengan banyaknya kendaraan tersebut. Tidak hanya kemacetan saja, parkiranpun juga sering penuh.

Keberadaan kendaraan ini tidak hanya banyak dijumpai di tempat umum seperti mall dan hal lainnya, namun pada sebuah perguruan tinggipun sangat banyak sekali. Hal ini disebabkan karena para mahasiswa banyak memilih membawa motor atau mobil sendiri ketimbang harus menaiki kendaraan umum. Tentu saja ini semua terjadi dengan berbagai alasan, entah itu karena malas menunggu lama atau malas berdesak-desakan serta alasan lainnya. Banyaknya jumlah mahasiswa yang membawa kendaraan sendiri tentu saja kampus memiliki persiapan ekstrak untuk hal ini.

Perguruan tinggi tidak hanya sekedar menyiapkan lahan parkir yang luas saja namun juga haru memberikan kenyamanan, keamanan serta efektivitas yang baik juga harus dipertimbangkan untuk pemilik kendaraan ketika hendak parkir. Ragam masalah akan dijumpai pada sebuah perguruan tinggi, diantaranya volume kendaraan bermotor baik itu mobil atau motor kian hari kian bertambah sehingga benar-benar membutuhkan lahan untuk parkir. Selain itu, maraknya kasus pencurian motor pada kampus sehingga membuat banyak mahasiswa ada yang kehilangan motor dan permasalahan lainnya lahan parkir tidak memadai.

Baca Juga : Jual Aplikasi marketing perusahaan, Aplikasi Marketing Hebat Garuda Cyber

Berbicara mengenai keamanan hal ini memanglah harus menjadi prioritas utama bagi kampus, pasalnya ketika memarkirkan motor tentu itu akan ditinggalkan hingga perkuliahan selesai. Jika sistem keamanan parkir ini tidak memadai tentu tingkat kehilangan lebih tinggi. Selain kehilangan, ada juga yang kesulitan hendak parkir karena lahan penuh tidak beraturan serta ragam permasalahan lainnya yang berkaitan dengan parkir dan kendaraan ini.

Kemajuan teknologi serta sistem digitalisasi saat ini tentu saja turut andil dan mampu membantu perguruan tinggi dalam mengatasi persoalan parkiran ini. Aplikasi Smart Parking kampus adalah solusi tepat bagi perguruan tinggi dalam memberikan solusi terbaik permasalahan parkir ini. Aplikasi Smart Parking dari Garuda Cyber merupakan aplikasi integrated system dimana aplikasi juga terkoneksi dengan Sistem Informasi Akademik Kampus mahasiswa dan juga sistem-sistem lain yang berada dalam lingkungan Perguruan Tinggi.

Tentu saja hadirnya Aplikasi Smart Kampus ini didukung dengan ragam alasan untuk mendapatkan solusi tepat terkiat parkir kampus. Diantara alasan tersebut adalah :

  • Menertibkan perparkiran kendaraan dilingkungan kampus
  • Meningkatkan keamanan kendaraan yang masuk ke dalam area kampusdan Memudahkan dalam pelacakan ketika terjadi kehilangan kendaraan bermotor.
  • Meminimalkan terjadinya human error
  • Memberikan laporan data perparkiran secara berkala

Hal tersebut didapatkan karena aplikasi ini bekerja dengan cukup mudah, sehingga memang diharapkan menjadi solusi kampus. Cara kerja aplikasi ini adalah :

  1. Kendaraan roda dua atau pun roda empat akan masuk ke area parkir
  2. Pengendara yang memiliki kartu menempelkan kartu ke dispenser, yang tidak memiliki mengambil karcis dengan menekan tombol tiket
  3. Sistem meng-autenfikasi pengguna kartu apakah ada di dalam database
  4. Jika valid, palang akan terbuka
  5. Pengendara melewati gate dan palang akan menutup otomatis

Kemudahan penggunaan aplikasi ini juga tidak terlepas dari ragam manfaat yang akan dirasakan oleh perguruan tinggi. Dimana banyak sekali kemudahan dan kenyamanan nantinya akan menjadi solusi tepat guna kampus. Berikut manfaat akan didapatkan oleh kampus ketika menggunakan Smart Parking ini :

  1. Memberikan rasa aman kepada seluruh mahasiswa, karyawan dan dosen. Karena kendaraan terparkir dengan keamanan yang baik, tidak hanya dengan penjagaan satpam saja, teknologi tepat guna juga menjadi solusi.
  2. Memperkenalkan kepada masyarakat tentang sebuah sistem perparkiran berbasis TI sebagai low cost security system
  3. Tersusun rapinya setiap kendaraan ketika hendak melakukan parkir, selain itu bagi kendaraan yang hendak masuk bisa menemukan titik parkir kosong sehingga memudahkan ia untuk memarkirkan kendaraannya.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari Smart Parking ini, untuk itulah banyak perusahaan IT dan start-up berlomba-lomba menciptakan teknologi ini. Meskipun tingkat persaingan yang tinggi antar kampus terkait ini, Garuda Cyber tentu saja memiliki ragam kelebihan yang menjadi nilai plus. Sehingga setiap kampus di Indonesia tidak perlu ragu lagi menjadikan Garuda Cyber sebagai mitra dalam memberi solusi parkir kampus ini. Berikut ini adalah kelebihan Smart Parking dari Garuda Cyber :

Plate recognition

Smart Parkir ini menggunakan License plate recognition (LPR) yaitu jenis teknologi atau software yang memungkinkan sistem komputer membaca secara otomatis nomor kendaraan dari gambar digital yang diambil dari kamera.

Face recognition

Selain plate recognition, smart parking ini juga menggunakan teknologi Face Recognition. Dimana teknologi yang mampu mengidentifikasi atau memverifikasi seseorang dari gambar digital atau bingkai video dari sumber video.

Registrasi dan aktivasi user baru online (android)

Memudahkan setiap user baru untuk melalukan registrasi dan aktivitasi atau pembuatan user baru. Apalagi setiap tahun ajaran baru, sistem bisa memudahkannya apalagi disebabkan terintegrasi dengan SIAKAD kampus.

Manajemen pengguna selain civitas akedemik (QR base/manual)

Aplikasi ini tidak hanya memudahkan untuk civitas akademik yang ada pada lingkungan kampus saja, namun juga akan membantu untuk pengguna selain warga perguruan tinggi. Memang adakalanya kampus didatangi oleh warga lainnya, entah itu wali muri atau hal lainnya.

Baca Juga : Kelola keuangan untuk mahasiswa rantau selama Physical Distancing

Card Reader Dispenser

Card reader dispenser (CRD) merupakan perangkat yang digunakan untuk men-scan kartu pass sebelum memasuki area kampus. CRD dibangun dengan berbagai komponen utama seperti RFID reader yang berfungsi sebagai pembaca chip RFID, Arduino sebagai microcontroller, Ethernet Shield sebagai penghubung antara Arduino dan jaringan internet LAN, dan komponen elektronika lainnya.

Barrier gate

merupakan palang pintu yang berfungsi sebagai penghalang bagi kendaraan yang tidak memiliki otentifikasi atau tidak diperbolehkan keluar masuk kampus. Barrier gate sendiri digerakkan oleh motor penggerak yang dikontrol langsung oleh microcontroller melalui proses otentifikasi kendaraan.

Mini Server

Mini server digunakan sebagai data recorder kendaraan keluar masuk yang disimpan ke dalam database, dan mini server yang digunakan adalah Raspberry Pi 3 dengan sistem operasi Linux.

Loop Detector

Loop detector adalah sebuah sensor yang digunakan untuk mengidentifikasi benda logam. Sensor ini berfungsi untuk menahan barrier gate tetap terbuka sebelum kendaraan melalui barrier gate, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya accident saat pengendara melewati barrier gate dan waktu tunggu gate telah habis sehingga pengendara dapat tertimpa palang pintu yang menutup.

CCTV Camera

Kamera CCTV merupakan sarana pendukung untuk Garuda Parking System, dimana record lalu lintas kendaraan yang keluar masuk area kampus juga dapat terpantau melalui media visual. Hal ini juga sebagai langkah prefentif apabila terjadi kehilangan kendaraan bermotor, dimana kendaraan yang hilang dapat diidentifikasi melalui rekaman CCTV.

Selain itu juga terdapat keunggulan lainnya :

Includ infrastructure master  plan (metode mengatasi traffic jemed)

Ultra Hight Frequensi reader (Cepat membaca kartu dan bisa jarak lebih jauh)

Mechine high quality

24 jam maintenace service

Dengan ragam kemudahan dan keunggulan di atas maka sudah selayaknya Aplikasi Smart Parking Kampus dari Garuda Cyber menjadi solusi tepat untuk kampus anda. Sebagai perguruan tinggi yang berada di era digital saat ini, terlebih lagi jumlah perguruan tinggi[un cukup banyak menjadi saingan kampus anda.

Sebagai kampus zaman now agar tetap berkembang dan bertahan di tengah tingginya persaingan dan terus berkembangnya teknologi yang ada, maka Go Diigital adalah konsep mesti diusung oleh kampus. Sebagai kampus yang baik, maka memudahkan setiap civitas akademik dalam memperoleh informasi merupakan hal penting. Selain itu kemudahan dan cepatnya sebuah informasi diperoleh juga akan membantu kampus untuk meningkatkan mutu pelayanannya.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia