WhatsApp-Button
Jual Sistem Perpustakaan Sekolah Online Smart School

Jual Sistem Perpustakaan Sekolah Online Smart School

  2020-06-29 16:41:53     Ulti Desi Arni     Dibaca 18 kali

Keberadaan perpustakaan merupakan hal yang penting, terlebih lagi pada institusi pendidikan. Sebuah sekolah yang memiliki tugas atau berperan dalam membantu mencerdaskan generasi bangsa maka sudah sepatutnya ia memiliki perpustakaan dan keberadaan perpustakaan ini merupakan keharusan untuk dimiliki. Pada perpustakaan tersebut terdapat banyak sekali buku dimana buku tersebut adalah salah satu sumber ilmu pengetahuan. Tidak heran jika kita sering mendengar istilah bahwa perpustakaan adalah Gudang Ilmu. Tidak hanya dipenuhi dengan buku untuk pembelajaran di sekolah saja, perpustakaan juga menyediakan buku untuk menambah pengetahuan.

Selain itu, orang juga sering mengatakan buku adalah jendela dunia, dan perpustakaan hadir sebagai fasilitator untuk jendela dunia tersebut. Ragam koleksi buku terdapat di dalamnya yang banyak sekali memiliki sumber ilmu pengetahuan. Baik itu buku untuk pelajaran sehari-hari di sekolah juga ada literatur ilmiah. Keberadaan perpustakaan pada sekolah memiliki peranan yang sangat penting, dimana melaluinya maka pengetahuan serta wawasan peserta didik bisa terus bertambah.

Tidak diherankan lagi jika setiap institusi pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi memang diharuskan mempunyai perpustakaan. Bahkan keberadaan perpustakaan ini menjadi salah satu indikator penilaian akreditasi institusi pendidikan terkait. Sebeanarnya tidak hanya pada sebuah institusi pendidikan saja diharuskan adanya perpustakaan ini. Pada pemerintahan kota ataupun daerah sudah sepatutnya memiliki fasilitas perpustakaan umum yang mudah di akses oleh masyarakat sekitar agar mereka dapat dengan mudah menambah wawasan dan memenuhi kebutuhan mereka terkait sumber ilmu pengetahuan.

Ketika kita sudah panjang lebar membahas terkait perpustakaan, tentu bagi orang awam yang terlintas di benak mereka adalah gudang buku. Dimana di dalamnya tersusun ragam buku pada rak-rak yang sudah dilabeli, dan juga terdapat banyak sekali jenis buku. Ketika hendak menemukan sebuah buku membutuhkan waktu cukup lama dalam mencarinya, dan ini menjadi faktor pemicu rasa bosan dan jenuhnya seseorang mendatangi gudang ilmu tersebut. Tentu hal seperti ini tidak boleh terjadi pada pelajar.

Baca Juga : Administrasi Perusahaan Mudah Meskipun Bekerja di Rumah Aja dengan Smart Company

Sebagai peserta didik, ia harus bisa memanfaatkan keberadaan gudang ilmu sebagai sumber pengetahuan semaksimal mungkin. Siswa harus bisa meng-update pengetahuannya, tanpa harus menunggu dari sang guru untuk itu ketika waktu luang dan santai ia harus bisa menikmati belajar di Perpustakaan. Permasalahan yang terjadi kerap dialami mahasiswa ini adalah kebanyakan mereka menggunakan waktu istirahat untuk menikmati membaca buku di Perpustakaan, namun ketika hendak menemukan buku mereka harus menghabiskan banyak waktu sehingga terkadang hanya sedikit saja yang berhasil mereka baca. Hal tersebut dikarenakan habisnya waktu untuk mencari koleksi buku satu per satu pada perpustakaan sekolah.

Selain permasalahan membutuhkan banyak waktu dalam menemukan buku, manajemen perpustakaan juga sering menjadi masalah dalam pengelolaannya. Diantara permasalahannya adalah meningkatnya koleksi buku yang mengharuskan pustakawan merekap satu per satu data yang ada kemudian data tersebut harus bisa disajikan dengan mudah dan tepat. Selain itu, setiap buku yang ada harus dibuatkan katalog buku tujuannya memudahkan anggota dalam mencari kebutuhan mereka.

Sebagai perpustakaan yang baik dan bagus tentu harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk seriap anggota yang terdaftar. Baik pelayanan berupa kemudahan ketika mencari koleksi buku, hingga peminjaman dan pengembalian. Semakin mudah serta cepat setiap proses transaksi maka akan memberikan kesan positif serta meningkatkan citra perpustakaan tersebut. Terlebih lagi sebuah sekolah, tentu saja banyak sekali aktivitas yang terjadi pada perpustakaan. Salah satu program dicanangkan oleh pemerintah adalah program literasi sekolah. Setiap siswa dituntut setiap harinya harus membaca buku maka perpustakaan yang baiklah bisa menunjang ini semua.

Hadirnya teknologi informasi yang terus berkembang memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan untuk hampir seluruh bidang kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Penerapan teknologi yang tepat maka akan sangat membantu perpustakaan di sekolah. Diantara teknologi yang hadir tersebut adalah Sistem Perpustakaan Sekolah Online Smart School. Menggunakan sistem perpustakaan ini akan memudahkan pustakawan dalam memanajemen perpustakaan. Selain itu, koleksi buku yang ada juga bisa di akses secara online.

Berikut alur kerja dan beberapa fitur yang terdapat di dalam Sistem Perpustakaan Sekolah Online Smart School :

Admin / Operator

Admin mengelola data yang ada di perpustakaan (buku, rak, jurnal, dll )

Sistem dapat melakukan pencetakan barcode otomatis

Transaksi peminjaman & pengembalian buku dengan mudah

Pengelolaan laporan Perpustakaan mudah

Baca Juga : Cara Mudah Manajemen Marketing dengan Aplikasi Marketing Garuda Cyber   

Anggota Perpustakaan

Integrasi dengan sistem Akademik sehingga tidak akan terjadi duplikat data

Pencetakan kartu pustaka secara otomatis

Transaksi booking, peminjaman dan pengembalian buku dengan mudah

Pencarian data buku, jurnal & e-book dilakukan dengan mudah dengan adanya OPAC

Selain itu juga tersedia ragam fitur unggulan dalam aplikasi ini yaitu :

Penghitungan denda secara otomatis

Mendukung penggunaan barcode dan scanner dalam transaksi peminjaman & pengembalian buku

Sistem terintegrasi dengan sistem akademik sekolah

Laporan lengkap untuk dilaporkan kepada pimpinan pustaka / kampus

Itulah beberapa fitur serta manfaat dan keunggulan dari Sistem Perpustakaan Sekolah Online Smart School. Semua kelebihan tersebut bisa anda dapatkan pada salah satu Produk Unggulan Garuda Cyber yaitu Smart School. Banyak aplikasi yang saling terintegrasi dalam Smart School ini, diantaranya adalah Sistem Perpustakaan yang terintegrasi dengan sistem akademik sekolah.

Sebagai sekolah di era digital ini tentu saja harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada agar bisa tetap eksis dan bertahan di tengah tingginya angka persaingan. Selain itu, sebuah sekolah yang baik adalah mampu memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada seluruh civitas akademiknya. Salah satu cara meningkatkan kualitas pelayanan adalah menggunakan sistem digitalisasi untuk setiap aktivitas yang ada, diantaranya menggunakan Sistem Perpustakaan Sekolah Online Smart School.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia