WhatsApp-Button
Masalah yang Kerap Kali dihadapi Supervisor Sales Lapangan

Masalah yang Kerap Kali dihadapi Supervisor Sales Lapangan

  2020-06-26 16:34:30     Ulti Desi Arni     Dibaca 49 kali

Sebuah perusahaan tentu saja memiliki ragam bidang kerja berguna untuk memenuhi setiap kebutuhan demi keberlangsungan operasional. Ragam bidang tersebut diisi oleh karyawan dengan berbagai kemampuan atau skill pula. Diantara bagian atau bidang yang ada pada sebuah perusahaan yaitu tim Marketing atau Pemasaran. Di dalam tim marketing ini tentu adanya satu orang yang memiliki jabatan tertinggi alias sebagai pengawas untuk semua anggota yang bertugas dalam memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Sebagai tim marketing atau pemasaran tentu saja mereka dituntut untuk mencapai target penjualan setiap tahunnya, sehingga mereka harus mengatur strategi yang tepat agar target tersebut bisa tercapai. Beragam strategipun akan mereka atur, baik itu memasarkan melalui kantor atau diantara mereka terjun langsung ke lapangan.

Agar bisa bekerja maksimal tentu saja para karyawan ini akan di arahkan atau dibimbing oleh yang namanya supervisor. Dimana supervisor ini memiliki tugas mengawasi dan mengarahkan pekerjaan setiap staffnya termasuk juga Supervisor untuk tim marketing atau sales lapangan. Meskipun setiap pimpinan tim atau supervusor ini memiliki tugas yang sama yaitu mengawasi dan mengarahkan, sebagai supervisor sales lapangan tentu saja beban kerja yang mesti diembannya tampak lebih jelas dan berat.

Supervisor sales lapangan harus mampu mengawasi tim yang bekerja di lapangan, dan tim tersebut bisa saja tersebar di beberapa titik. Ragam masalah akan mereka temui untuk mengontrol sebaik mungkin, berikut beberapa masalah yang kerap dialami oleh Supervisor Sales Lapangan :

Sulit Memonitoring Keberadaan Sales

Hal penting harus diperhatikan oleh supervisor adalah mengetahui lokasi tepat keberadaan sales. Mengetahui lokasi ini tujuannya agar mengetahui apakah mereka bekerja atau menjalankan tugas dengan baik atau tidak. Kesulitan dalam melacak lokasi ini terkadang membuat surpervisor terkecoh oleh karyawan yang kurang jujur. Memang bukan sesuatu yang baru lagi, banyak supervisor mengalami kesulitan ketika memonitoring tim marketing mereka yang berada di lapangan.

Baca Juga : Aplikasi Smart Company di Jambi

Sulitnya Berkoordinasi Saat Bekerja

Permasalahan lainnya yang mungkin kerap kali menjadi kendala adalah kesulitan ketika berkoordinasi. Dimana para marketing yang bekerja di lapangan ini kecepatannya menanggapi panggilan dari supervisor. Selain itu, sinyal juga sering dijadikan alasan oleh para sales lapangan penyebab mereka lama memberikan respon. Salah satu solusi untuk persoalan ini sebenarnya ketika titik lokasi keberadaan sales didapatkan secara tepat tentu saja permasalahan ini akan diminimalisir.

Tertundanya Laporan Kunjungan

Permasalahan berikutnya yang juga sering dialami adalah pemberian laporan kunjungan yang sering terlambat, terkadang marketing tidak memberikannya di hari yang sama. Sebagai pekerja yang berada di lapangan, laporan merupakan bagian penting. Berdasarkan laporan yang diberikan maka bisa menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan sekaligus melihat progress pekerjaannya selama di lapangan. Laporan tersebut juga bisa dijadikan bahan penentu apakah ia hadir bekerja di lapangan atau tidak.

Kesulitan dalam Pembagian Tugas

Kurangnya tatap muka antara sales lapangan dengan supervisor menjadi penyebab sulitnya dalam pembagian tugas. Sehingganya sales bekerja terkadang tidak terkendalikan dan tugasnya pun tidak sesuai sehingga targetpun akan sulit dicapai. Untuk itu penting sekali setiap tugas tersebut dicatat dan diingat baik tugas bulanan, mingguan atau harian dalam sebuah sistem yang bisa dicek secara realtime.

Tidak Sinkronnya Data Kunjungan Harian dan Laporan

Poin terakhir ini juga sangat sering dialami, dimana para marketing lapangan hanya memberikan laporan asal-asalan sehingga data kunjungan dan laporan tersebut tidak sinkron. Terlebih lagi bagi industri kerja yang memang bergerak dalam bidang penagihan, tentu saja data dan laporan ini harus sinkron agar tidak terjadi kesalahan. Laporan ini cukup memiliki peranan penting dalam operasional, sehingga harus dihasilkan semaksimal mungkin.

Melihat begitu banyaknya kendala yang dihadapi oleh Supervisor dalam mengawasi sales lapangan ini, maka solusi tepat mesti dilakukan adalah memperketat lagi pengawasan. Selain memperketat pengawasan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi juga sebuah solusi tepat yang akan memudahkan semuanya. Dimana kita tahu bahwa saat ini banyak sekali teknologi yang terus berkembang memberikan ragam kemudahan untuk para penggunanya.

Baca Juga : Jual Aplikasi PPOB (Payment Point Online Bank)

Hampir semua bidang kerja merasakan manfaat dari hadirnya teknologi, dan ini juga bisa menjadi solusi andalan dalam memanajemen Sales lapangan. Teknologi yang bisa digunakan untuk permasalahan tersebut adalah Aplikasi Tracking Marketing dari Garuda Cyber. Dimana aplikasi ini akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi perusahaan ketika memonitoring Sales lapangan. Aplikasi ini memiliki kemampuan dalam melacak setiap aktivitas yang dilakukan tim mereka secara online, sehingga anda bisa melihat keberadaan sales secara realtime.

Tidak hanya itu saja, selaku Supervisor juga bisa melihat proses kerja seorang marketing atau tim melalui software in. Seperti melihat jadwal kegiatan harian mereka, memantau titik lokasi keberadaan marketing, memberikan tugas market melalui pesan atau notifikasi hingga mencetak laporan progress yang sudah dilakukan.

Aplikasi Tracking Marketing yang ditawarkan oleh Garuda Cyber ini bekerja dengan cukup mudah, dimana pengguna yaitu sales menginstallnya di ponsel masing-masing. Setelah itu mereka diharuskan login sebagai tanda absen kehadiran. Untuk user login itu biasanya disesuaikan oleh admin, sehingga setiap mereka memiliki user berbeda. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Garuda Cyber Indonesia dalam aplikasi ini adalah :

  1. Login oleh admin, HRD dan marketing
  2. Keberadaan lokasi atau titik marketing bisa dipantau
  3. Aktivitas marketing dilengkapi dengan upload bukti fisik
  4. Jadwal atau planning kunjungan
  5. Data Konsumen
  6. Input Strategi
  7. Notifikasi baik itu tugas atau peringatan lainnya
  8. Pencapaian Target dan Penjualan
  9. Rekaman Tracking
  10. Laporan lengkap sesuai kebutuhan
  11. Fitur lainnya sesuai kebutuhan perusahaan.

Tentu saja semua fitur aplikasi ini akan memberikan banyak manfaat untuk perusahaan dalam memanajemen marketing perusahaan mereka, sehingga memudahkan dalam menilai kinerja setiap tim marketing. Selain itu informasi terkait penjualan, target dan data pelanggan juga bisa diperoleh secara mudah.

Semua kemudahan tersebut bisa perusahaan anda dapatkan dari Garuda Cyber, dimana perusahaan ini sudah berpengalaman dalam menyediakan aplikasi atau software untuk mengatasi permasalahan perusahaan dalam bidang IT. Tentu saja sudah banyak sekali mitra yang percaya dengan kemampuan tim yang dimiliki oleh Garuda Cyber. Dimana tim yang dimiliki adalah para profesional dalam bidangnya, dan aplikasi Tracking ini adalah software terintegrasi dalam produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart Company. Sebagai perusahaan zaman now, tentu saja sudah saatnya beralih dari cara konvensional menuju Go Digital bersama Garuda Cyber.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia