WhatsApp-Button
Pentingnya SIAKAD di Era New Normal Saat ini

Pentingnya SIAKAD di Era New Normal Saat ini

  2020-06-25 16:45:53     Ulti Desi Arni     Dibaca 28 kali

Setelah dua lebih kita menerapkan Sosial Distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19. Pemerintah menghimbau untuk semua masyarakat berdiam diri di rumah saja, dan jangan keluar rumah apabila tidak terlalu mendesak. Banyak tempat umum harus di tutup termasuk juga sarana ibadah dan pendidikan.

Seluruh aktivitas harus dilakukan dari rumah saja, termasuk semua lembaga pendidikan. Dengan adanya PSBB dan sosial distancing ini tentu saja memberikan dampak yang cukup buruk untuk beberapa sektor bisnis, termasuk pendidikan. Hal tersebut dikarenakan semua orang hanya berdiam diri di rumah saja, dan tidak boleh keluar rumah apabila tidak terlalu darurat.

Mempertimbangkan banyak hal termasuk juga perekonomian, ternyata pemerintah kita merubah aturan PSBB menjadi “New Normal”. Dimana masyarakat diizinkan untuk kembali beraktivitas seperti sedia kala, semua pusat bisnis dan tempat umum perlahan diizinkan untuk dibuka kembali dan tentu saja tidak sepenuhnya normal. Penerapan “New Normal” ini memang mengizinkan orang beraktivitas seperti biasanya, namun tetap harus mengingat dan menerapkan protokol kesehatan.

Ketika kita dihadapkan dengan yang namanya “New Normal” tentu saja kita harus mempersiapkan banyak hal karena banyak sekali tantangan mesti kita lalui, termasuk juga dalam sektor pendidikan. Disebabkan keadaan tidak seperti sedia kala, banyak keterbatasan dalam interaksi tentu saja banyak sekali tantangan dalam pembelajaran, keuangan, manajemen akademik hingga pembuatan planning demi kemajuan sebuah perguruan tinggi.

Definisi dari “New Normal” ini merupakan suatu istilah dalam dunia bisnis dan ekonomi dimana hal tersebut merujuk pada kondisi keuangan usai krisis pandemi corona. “New Normal” adalah babak baru atau langkah baru yang diterapkan untuk menyikapi wabah covid-19 ini. Dimana dengan adanya New Normal diharapkan masyarakat tetap bisa melakukan aktivitas untuk melangsungkan kehidupan namun tetap harus mengikuti peraturan seperti protokol kesehatan.

Baca Juga : Aplikasi HRM Garuda Cyber, Solusi Manajemen Karyawan Meskipun Bekerja di Rumah Aja

Sebagai institusi yang bergerak dalam bidang pendidikan, sebuah perguruan tinggi tentu harus paham bagaimana menyikapi kondisi New Normal ini. Tidak hanya proses pembelajaran kembali aktif di kampus untuk beberapa perguruan tinggi, namun juga kampus yang masih menjalankan pembelajaran dari rumah.

Apabila sebuah perguruan tinggi yang masih saja menggunakan cara manual dalam aktivitas kampusnya, tentu saja itu bukanlah cara tepat untuk menyikapi keadaan New Normal ini. Keterbatasan interaksi mengharuskan kita menjaga jarak, sehingga semaksimal mungkin pertemuan di kampus harus dihindari. Nah, hadirnya teknologi bisa menjadi solusi permasalahan yang sering terjadi di kampus, salah satunya terkait manajemen akademik. Dimana banyak sekali aktivitas mahasiswa maupun dosen yang berkaitan dengan bagian akademik.

Adanya pandemi Covid-19 ini menumbuhkan kesadaran para dosen dan mahasiswa bahwa penggunaan teknologi adalah solusi terbaik saat ini. Dimana untuk berlangsungnya perkuliahan umum melalui webinar, menggunakan sistem online untuk menerima mahasiswa baru hingga bimbingan skrip dengan cara online.

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) bagi sebuah kampus saat ini merupakan sebuah keharusan di era New Normal ini, karena dengan adanya teknologi ini akan memberikan ragam kemudahan dalam memproses kegiatan akademik. Semua aktivitas yang ada kaitannya dengan administrasi atau akademik baik itu nilai, krs dan lainnya bisa dilakukan secara online dan dapat diakses dari mana saja.

Berikut beberapa contoh aktivitas di Kampus yang berkaitan dengan bagian administrasi seperti Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), penyusunan jadwal kuliah dan kurikulum, mengisi kartu perencanaan studi (KRS) oleh mahasiswa, dosen mengisi nilai mahasiswa, manajemen data karyawan, dosen dan mahasiswa serta aktivitas lainnya.

Keberadaan Sistem Informasi Akademik ini tentu saja memiliki banyak sekali unggulan, berikut keunggulannya :

  1. SIAKAD dirancang dengan tujuan untuk mengelola serta mengolah semua informasi yang ada berkaitan dengan aktivitas kampus secara terintegrasi. Sehingganya dengan adanya sistem terintegrasi ini akan menyediakan data terbaru (up to date) secara rea
  2. Penggunaan database yang terpusat pada SIAKAD ini akan mengurangi kemungkinan adanya redudancy data atau duplikat data. Dimana data ganda ini kerap kali kita jumpai pada sistem manual.
  3. Keberadaan sistem ini juga bisa menjadi sebuah pusat informasi dengan kelebihan :

Baca Juga : Kelemahan Sistem Pembayaran Kuliah Secara Manual

  • KRS Online
  • KHS Online
  • PMB Online
  • Penjadwalan belajar online
  • Nilai online
  • Dll sebagainya.
  1. Selain itu, keberadaan sistem informasi akademik ini juga menjadi pusat rekam jejak untuk semua aktivitas pada sebuah perguruan tinggi, karena semua tersimpan dalam satu database yang terintegrasi.
  2. Sebagai media yang memudahkan komunikasi antar mahasiswa, dosen maupun pimpinan kampus.

Tidak cukup hanya dengan keunggulan saja, tentu saja hadirnya SIAKAD ini memberikan banyak sekali manfaat yang akan dirasakan adanya Sistem Informasi Akademik ini, diantaranya adalah :

  1. Memudahkan para mahasiswa ketika ingin mendapatkan informasi dari mana saja tanpa harus datang ke bagian akademik kampus. Karena biasanya proses ini jika dilakukan secara manual akan memakan waktu lama disebabkan harus mengantri terlebih dahulu.
  2. Memudahkan bagian administrasi kampus, karena beban berinteraksi dengan mahasiswa ketika membutuhkan data berkaitan akademik lebih berkurang. Sehingga bagian administrasi ini bisa fokus melakukan aktivitas lainnya seperti input data atau memeriksa data yang sudah ada.
  3. Data disimpan secara terstruktur pada database dalam komputer atau pada server cloud
  4. Pembaharuan untuk setiap data baik itu di bagian administrasi maupun keuangan bisa dilakukan kapan saja, dimana saja secara realtime
  5. Data keuangan lebih mudah dan efektif diolah karena menggunakan aplikasi yang mendukung perhitungan keuangan berstandar akuntansi dan proses kepegawaian lengkap.

Melihat begitu banyak manfaat dan keunggulan dari adanya SIAKAD ini, maka sudah sepatutnya setiap perguruan tinggi beralih dari cara konvensional menuju digitalisasi yaitu menggunakan Siakad dalam administrasi kampusnya. Menggunakan sistem online ini maka akan sangat menghemat waktu dan tenaga, selain itu semua pihak bauk mahasiswa, dosen, karyawan, bagian keuangan, administrasi dan semua civitas akademik kampus bisa bekerja secara cepat dan memperoleh data secara realtime.

Kemudahan yang ditawarkan oleh SIAKAD ini bisa kampus dapatkan dalam produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart Campus. Dimana di dalamnya terdapat banyak sekali aplikasi yang saling terintegrasi untuk memberikan solusi terkait persoalan pada kampus yang ada hubungannya dengan IT.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia