WhatsApp-Button
Jual Aplikasi SPP Online Sekolah Smart School

Jual Aplikasi SPP Online Sekolah Smart School

  2020-06-24 16:34:19     Ulti Desi Arni     Dibaca 32 kali

Dalam dunia pendidikan tentu saja tidak asing lagi mendengar kata SPP yaitu Sumbangan Pembinaan Pendidikan. SPP ini adalah biaya yang harus dibayarkan siswa ketika menempuh pendidikan di bangku sekolah. Waktu pembayarannya biasanya itu ditagih oleh sekolah setiap bulan dengan nominal atau angkanya tergantung pada aturan dan kebijakan setiap sekolah. Keberadaan iuran ini bisa dikatakan wajib untuk semua siswa yang terdaftar, dan pelajar membayarkannya kepada bagian admin atau keuangan sekolah.

SPP ini juga merupakan bagian penting yang akan mendukung operasional sekolah, sehingga tidak heran jika sekolah menegaskan kepada pelajarnya untuk membayar secara tepat waktu. Ketika siswa disiplin, maka apa yang direncanakan selama tahun ajaran tersebut bisa dilaksanakan termasuk kegiatan belajar mengajar juga bisa lebih maksimal.

Dalam pengaplikasiannya sebagai kebijakan agar para siswa mau membayar kewajiban mereka sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan, sekolah bisa saja memberikan sanksi berupa terkendalanya siswa dalam mengurus administrasi hendak ujian. Sekolah bisa membuat aturan ditundanya siswa tersebut melaksanakan ujian hingga kewajibannya diselesaikan atau hal lainnya. Tentu saja ini sedikit sulit dan membutuhkan kesabaran dalamnya.

Tidak hanya permasalahan penagihan, kendala lainnya sebenarnya cukup banyak diantaranya dalam proses pencatatan. Permasalahan lainnya yaitu adanya siswa yang tidak jujur ketika orang tua memberikan tagihan tersebut kepada anak dan mempercayai anak akan membayarnya ke pihak sekolah, namun sang anak malah tidak membayarkan uang tersebut. Sehingga orang tua tidak tahu akan status pembayaran SPP ini disebabkannya tidak adanya waktu luang untuk bisa datang ke sekolah.

Jika kita menelusurinya lebih dalam lagi, ada banyak sekali permasalahan lainnya terkait pembayaran SPP ini. Selain sulitnya dalam urusan penagihan, perhitungan namun kadang juga terkendala pada pendistribusian. Dimana dalam pendistribusiannya dituntut harus memenuhi standar operasional dan tepat sasaran.

Baca Juga : Aplikasi Smart Company di Jambi

Apabila dalam pendistribusian ini tidak tepat sasaran dan tidak seimbang dalam pengelolaannya, maka akan berdampak buruk terhadap sekolah seperti pembengkakan pengeluaran. Bisa saja sekolah tidak mampu untuk bertahan lama karena besarnya pengeluaran tidak seimbang dengan pemasukan. Selain itu, dalam manajemennya bagian keuangan harus mampu menghasilkan laporan yang tepat untuk bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Namun, jika sekolah masih menerapkan cara manual proses tentu saja dalam pelaporan ini tidak bisa dihasilkan secara maksimal.

Ketika pembayaran ini tidak maksimal serta tidak bijak dan tepat maka tidak menutup kemungkinan sekolah mengalami kerugian. Karena manual proses dianggap tidak efektif disebabkan adanya kemungkinan kesalahan dalam perhitungan, pencatatan hingga pelaporan.

Permasalahan di atas tentu saja muncul disebabkan karena tidak maksimalnya pihak sekolah dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Dimana kita tahu bahwa teknologi saat ini berkembang begitu pesat dan memberikan ragam kemudahan untuk banyak sekali bidang kerja. Ketika cara manual masih digunakan tentu saja bagian keuangan akan merasakan kesulitan dalam mengelolanya. Jadi tidak heran jika ada terjadinya kesalahan dalam perhitungan atau hal lainnya yang disebabkan adanya human error.

Di tengah berkembangnya teknologi ini, maka sudah sepatutnya setiap sekolah beralih dari manual proses ke sistem digitalisasi untuk membantu permasalahan pembayaran SPP. Dimana teknologi bisa menjadi solusi tepat, terlebih lagi banyak sekali manfaat dan kemudahan dengan hadirnya teknologi ini. Teknologi terkini yang bisa dimanfaatkan oleh sekolah untuk menjadi solusi permasalahan ini adalah Aplikasi SPP Online Sekolah yang terdapat di dalam salah satu produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart School.

Dimana aplikasi SPP Online Smart School ini adalah sistem yang sudah terintegrasi langsung dengan keuangan yang akan memudahkan dalam pembayaran dan manajemen SPP. Melalui aplikasi ini orang tua tidak harus datang ke sekolah untuk melakukan pembayaran serta mengetahui status pembayaran anaknya. Orang tua bisa mengakses dari mana saja dan melakukan pembayaran melalui Bank Mitra yang terdaftar. Keuntungan adanya aplikasi ini bagi pihak sekolah tidak perlu lagi melakukan pencatatan manual, dimana ketika ada siswa yang melakukan pembayaran invoicenya akan langsung tersimpan dan sistem akan mengakumulasikan pemasukan dan pengeluaran secara otomatis.

Bagian keuangan akan bisa dengan mudah melihat pencatatan pembayaran bahkan detail pembayaran setiap siswapun bisa ditampilkan di dalam sistem ini. Selain itu tidak lupa juga sistem dilengkapi dengan fitur laporan yang cukup lengkap sesuai kebutuhan sekolah. Kita tahu, bahwa laporan memiliki peranan cukup penting sebagai bahan pertimbangan ketika mengambil keputusan demi kemajuan sekolah di masa akan datang. Selain itu laporan ini juga bisa dijadikan acuan dalam merencanakan anggaran.

Tentu saja banyak sekali manfaat yang akan di dapatkan oleh setiap Sekolah jika menggunakan Aplikasi SPP Online Sekolah Smart School ini. Diantara manfaatnya tersebut adalah :

Baca Juga : Pentingnya Akreditasi Kampus Bagi Mahasiswa

  1. Integrasi dengan Bank Mitra

Sistem mampu berintegrasi dengan bank mitra sekolah sehingga mengurangi kesalahan data dan duplikat data

  1. Otomatis

Siswa atau orang tua dapat melakukan pembayaran langsung ke bank mitra dan pihak sekolah bisa mendapatkan informasi pembayaran secara otomatis, selain itu orang tua juga otomatis mengetahui detail pembayaran mereka

  1. Proses Pendaftaran Ulang/Pendataan Mahasiswa mudah

Proses pendataan siswa bisa dilakukan lebih cepat karena terintegrasi langsung dengan sistem akademik sekolah

  1. Setting Menu

Admin atau bagian keuangan bisa mengatur data master berupa fitur iuran atau kategori yang dibutuhkan terkait keuangan dan SPP ini

  1. Laporan Registrasi

Aplikasi menyediakan laporan terkait pembayaran secara lengkap sesuai kebutuhan baik itu tiap bulan, atau per kelas bahkan jumlah tunggakan-pun bisa terlihat.

Begitu banyaknya kemudahan dan manfaat yang ditawarkan oleh Garuda Cyber dengan Aplikasi SPP Online Sekolah Smart School ini. Di era teknologi ini ditambah lagi dengan tinggi angka persaingan maka sudah sepatutnya sekolah beralih menggunakan sistem digitalisasi untuk memberikan kemudahan setiap civitas akademik di dalamnya. Sebagai sekolah zaman now yang ada di era teknologi 4.0 maka beralih ke “Go Digital” bersama Garuda Cyber adalah langkap tepat untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan sekolah.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia