WhatsApp-Button
Jual Aplikasi Keuangan Kampus Standar Akuntansi

Jual Aplikasi Keuangan Kampus Standar Akuntansi

  2020-06-19 16:37:18     Ulti Desi Arni     Dibaca 43 kali

Keuangan merupakan salah satu faktor pendukung jalannya aktivitas atau kegiatan yang ada ada suatu organisasi. Dalam hal ini, penting sekali mengatur arus keuangan yang berlangsung. Untuk mengetahui arus khas ini, maka penting sekali adanya pengelolaan keuangan untuk sebuah kampus.

Sebagai intitusi pendidikan tentu saja pengelolaan keuangan adalah bagian terpenting, dimana ini merupakan salah satu substansi manajemen yang memiliki andil dalam menentukan lancarnya operasional pendidikan pada perguruan tinggi tersebut. Dimana pengelolaan keuangan dalam satuan pendidikan ini umumnya dilakukan melalui proses perencanaan, pencatatan, pelaksanaan, pembuatan anggaran, pertanggung jawaban hingga pelaporan.

Bagi kampus atau perguruan tinggi tentu saja pengelolaan keuangan ini sesuatu yang vital dan penting untuk diperhatikan. Dimana dalam manajemen keuangan ini isa diartikan sebagai rangkaian aktivitas yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan keuangan kampus. Mulai dari perencanaan atau pembuatan anggaran, pembukuan, pembelanjaan, pengawasan, pelaporan dan pertanggung jawaban terkait penggunaannya.

Dalam pengelolaan dana pendidikan atau keuangan ini menurut Undang-undang No 20 Tahun 2003 pasal 48 harus berdasarkan pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik. Disamping itu prinsip efektivitas juga perlu mendapat penekanan. Karena keuangan ini bagian vital, maka jika tidak dikelola secara tepat akan berdampak buruk bagi perguruan tinggi seperti terhambatnya operasional kampus.

Begitu pentingnya manajemen dan pengelolaan keuangan ini tentu harus dilaksanakan dengan tepat serta cara yang tepat pula. Apabila kampus masih menggunakan cara manual atau memanfaatkan excel di dalamnya tentu saja akan sangat rentan sekali. Data yang dimanajemen bisa saja tidak saling terintegrasi antar unit dan tidak ballancenya hasil perhitungan. Sehingga besar kemungkinan terjadinya pembengkakan pengeluaran atau masalah lainnya.

Baca Juga : Kelemahan Sistem Pembayaran Kuliah Secara Manual

Permasalahan lainnya adalah pembuatan laporan, dimana setiap transaksi masih di catat secara manual dan membutuhkan waktu untuk menghitung setiap transaksi yang ada. Belum lagi jika dalam proses penghitungan terjadi kesalahan, dimana bagian keuangan harus mengulang kembali dari awal. Hasilnya, pembuatan laporan nantinya membutuhkan waktu lama.

Sementara itu, laporan keuangan ini sangat dibutuhkan untuk faktor pendukung dalam pengambilan keputusan. Sehingganya dengan adanya laporan keuangan yang tepat dan cepat akan membantu sekali untuk mengembangkan perguruan tinggi. Laporan keuangan ini juga nantinya berguna untuk acuan dalam perencanaan anggaran di tahun ajaran berikutnya.

Melihat pentingnya keberadaan laporan tersebut, tentu saja jika keuangan ini tidak termanajemen dan tercatat secara baik mulai dari pencatatan pemasukan misalnya dari pembayaran semester, hingga pengeluaran untuk setiap operasional maka bisa berdampak pada kerugian yang akan dialami pihak perguruan tinggi. Selain itu, manual proses ini dimana mencatat masih menggunakan kertas juga rentan sekali akan kerusakan atau kehilangan data.

Ketika membutuhkan data tertentu, pihak keuangan juga akan mengalami kesulitan dalam menemukannya. Dimana membutuhkan waktu untuk mencari satu per satu invoice yang berada dalam tumpukan kertas atau arsip. Sehingga bendahara atau bagian keuangan akan merasa kewalahan, terlebih ketika akhir bulan maupun tahun untuk membuat laporan.

Tidak cukup sampai di situ saja, dimana dalam mengelola keuangan ini juga harus dilakukan sesuai standar akuntansi sehingga dibutuhkan akuntan di dalamnya. Karena kampus harus tahu terkait neraca, laporan pemasukan dan lainnya yang sesuai dengan perhitungan akuntansi. Meskipun kampus mempekerjakan akuntan untuk mengelola keuangan, tetap saja belum cukup dan mumpuni menjadi solusi persoalan yang ada. Sehebat apapun seorang akuntan, tentu tidak akan terluput dari yang namanya human error apalagi keuangan kampus bukanlah transaksi sederhana. Banyak unit dan person terlibat di dalamnya, termasuk juga ragam jenis transaksi.

Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin haris terus saja meningkat, dan hampir semua bidang pekerjaan dimudahkan oleh hadirnya teknologi tersebut. Digitalisasi telah berhasil merubah banyak hal, termasuk dalam industri pendidikan. Melihat persoalan keuangan pada perguruan tinggi tersebut telah banyak perusahaan IT dan start-up berusaha menciptakan teknologi yang bisa menjadi solusi tepat terkait keuangan, salah satunya adalah Garuda Cyber.

Di era teknologi 4.0 sebuah kampus harus mampu mengikuti perkembangan teknologi demi meningkatkan kualitas dan citra kampus. Salah satu peningkatan kualitas dan citra bisa diwujudkan oleh bagusnya kualitas pelayanan serta mudahnya memperoleh informasi. Untuk memudahkan keuangan ini sekaligus mengatasi adanya humman erroe maka penggunaan teknologi seperti Aplikasi keuangan dari Garuda Cyber adalah solusi tepat.

Aplikasi keuangan yang ditawarkan oleh Garuda Cyber ini adalah aplikasi berstandar akuntansi, sehingga perhitungan dana untuk setiap transaksi akan menghasilkan laporan sesuai standar yag dibutuhkan. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga menghasilkan laporan sesuai kebutuhan. Sebagaimana kita bahas bahwa laporan adalah bagian terpenting harus dimiliki, sehingga adanya laporan lengkap akan menjadi menjadi pedoman untuk penyusunan anggaran di masa akan datang. Aplikasi keuangan dari Garuda Cyber ini juga memenuhi standar akreditasi dan DIKTI.

Baca Juga : Aplikasi Ujian Online (CAT), Solusi Ujian dari Rumah di Tengah Pandemi Covid 19

Ragam kelebihan dan keunggulan juga ditawarkan oleh Garuda Cyber di dalam aplikasi keuangan ini, diantaranya adalah :

  1. Efektif dan Efisien

Sistem akan mempermudah proses transaksi, pencatatan, laporan dan pengelolaan keuangan di perguruan tinggi.

  1. Laporan Keuangan Lengkap

Sistem mampu menghasilkan laporan keuangan yang lengkap, sehingga memudahkan evaluasi guna mendukung proses pengambilan keputusan secara cepat dan tepat.

  1. Pedoman Penyusunan Anggaran

Dengan adanya laporan keuangan yang lengkap, maka pengambilan keputusan dan penyusunan anggaran di masa yang akan datang lebih mudah.

  1. Terintegrasi dengan Sistem Manajemen Asset

Sistem keuangan terintegrasi dengan manajemen asset sehingga semua perencanaan, pencairan dan penyusunan asset akan tercatat di keuangan.

Itulah ragam kelebihan yang ditawarkan Garuda Cyber untuk setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Tentunya saja Garuda Cyber sudah berpengalaman dalam menyediakan aplikasi keuangan dan terbukti dengan banyak kampus mempercayakan Garuda Cyber sebagai solusi untuk permasalahan IT mereka. Kini saatnya adalah kampus anda untuk beralih dan mempercayai Garuda Cyber sebagai konsultan IT dalam penyedia aplikasi keuangan untuk menjadi smart campus. Sebagai kampus zaman now, tentu saja harus mampu memberikan pelayanan terbaik untuk setiap civitas akademiknya salah satunya menggunakan teknologi informasi.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia