WhatsApp-Button
Jual Sistem Perpustakaan Online Kampus di Pekanbaru

Jual Sistem Perpustakaan Online Kampus di Pekanbaru

  2020-06-18 16:38:09     Ulti Desi Arni     Dibaca 39 kali

Pengetahuan adalah hal yang mesti kita miliki sebagai manusia untuk bekal menjalani kehidupan, dan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ini juga tersedia di bangku pendidikan. Meskipun demikian yang namanya pengetahuan ini tidak hanya bisa didapatkan dari pengalaman secara nyata saja, namun juga bisa didapat dari ragam informasi kita terima. Informasi tersebut juga bisa datang dengan berbagai sumber media, diantaranya yaitu dengan membaca buku yang banyak tersedia di perpustakaan.

Kita mungkin sering mendengar istilah bahwa membaca adalah jendela dunia, dan perpustakaan merupakan gudang ilmu. Sesuai dengan fungsinya, dimana perpustakaan ini sebagai tempat mengolah, menyimpan, menyajikan, melestarikan serta menyebarluaskan pengetahuan. Keberadaan perpustakaan ini menjadi bagian penting yang harus dimiliki oleh institusi pendidikan terutama perguruan tinggi.

Melalui perpustakaan ini akan memudahkan para peserta didik untuk mendapatkan ragam ilmu pengetahuan dan informasi. Secara umum perpustakaan juga diartikan sebagai unit kerja yang terdiri dari beberapa bagian yaitu pengolahan koleksi buku, pengembangan koleksi, pelayanan anggora hingga pemeliharaan sarana dan prasarana. Untuk setiap aktivitas bagian tersebut tentu saja harus dilakukan dengan baik agar tekelola secara baik juga demi menghasilkan pelayanan terbaik.

Dalam pengelolaannya tentu saja tidak semua orang dapat melakukannya, dibutuhkan tenaga ahli atau pustakawan profesional sesuai bidang kerjanya. Dalam manajemen perpusatakaan ini sebenarnya juga tidak cukup hanya menghandalkan tenaga ahli saja pasalnya terlalu banyak manajemen data yang mesti diolah di dalamnya. Mulai dari memperhatikan stock, peminjaman, pengembalian, kondisi dan lain sebagainya. Terlebih lagi perpustakaan kampus dimana isinya tidak hanya terbatas dengan koleksi buku saja.

Ragam persoalan akan ditemukan ketika memanajemen perpustakaan tersebut, hal ini tentu bukanlah sesuatu yang bisa dikatakan mudah. Kita bisa berikan contoh sederhana permasalahan yang kerap terjadi yaitu terkait stok dan pendataan buku ketika koleksi atau bahan untuk perpustakaan mengalami penambahan. Butuh waktu dan ketelitian di dalam mendata mulai dari memberi kode hingga menempatkan.

Selain itu, para pustakawan ini memiliki pekerjaan menyajikan katalog terkait koleksi yang ada pada perpustakaan tersebut. Melalui katalog inilah nanti memudahkan para anggota perpustakaan untuk melihat koleksi buku secara lengkap dan proses pencarian ketika hendak melakukan peminjaman. Kendala lainnya adalah jumlah tenaga kerja yang terlibat haruslah mereka berkualitas dan profesional. Kemudian kurang maksimalnya kampus ketika memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam membantu pekerjaan tersebut.

Baca Juga : Aplikasi Ujian Online (CAT), Solusi Ujian dari Rumah di Tengah Pandemi Covid 19

Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah memberikan banyak sekali kemudahan dan hampir seluruh bidang pekerjaan merasakan kemudahan dengan adanya teknologi tersebut. Salah satu pemanfaatan teknologi yang akan dirasakan perpustakaan adalah mampu memberikan pelayanan secara cepat dan baik terkait kebutuhan informasi. Sehingganya, dengan tersajinya informsi secara cepat dan meningkatnya kualitas pelayanan tentu saja akan menjadi nilai plus untuk warga internal maupun eksternal.

Dalam mendukung pelayanan tersebut, sebagai kampus yang berada di era digital 4.0 ini sudah sepatutnya secara maksimal memanfaatkan teknologi informasi dalam aktivitas perpustakaan dengan menggunakan Sistem Perpustakaan Online Kampus. Terkomputerisasinya sistem perpustakaan tentu saja akan memudahkan setiap transaksi dan aktivitas yang ada pada perpustakaan.

Sistem Perpustakaan Online Kampus ini adalah salah satu aplikasi yang terdapat dalam produk unggulan Garuda Cyber yaitu pada Smart Campus. Dimana Smart Campus ini adalah sistem terintegrasi yang menghubungkan semua informasi pada kampus dalam satu database yang tersimpan secara cloud. Tentu saja banyak sekali fitur yang ditawarkan dalam Sistem Perpustakaan Online Kampus dari Garuda Cyber, diantaranya adalah :

  • Manajemen Data Master (Rak, Kategori, Klasifikasi, Denda)
  • Integrasi ISBN Nasional
  • Manajemen Data Buku (penyesuaian stok buku, usulan buku)
  • Peminjaman Buku
  • Aplikasi Transaksi Perpustakaan
  • Pengembalian Buku
  • Booking Buku
  • Aplikasi gudang e-book dan e-jurnal
  • Manajemen data anggota
  • Aplikasi record skripsi
  • Fitur pembuatan surat bebas pustaka
  • Terintegrasi dengan sistem akademik
  • Cetak kartu anggota
  • Cetak barcode dan label buku
  • Laporan lengkap baik itu laporan anggota, transaksi, pengunjung hingga denda peminjaman.

Dengan ragam fitur tersebut tentu juga akan mendatangkan banyak sekali manfaat dan kemudahan. Adapun manfaat yang akan didapatkan pada Sistem Perpustakaan Online Kampus ini adalah :

Baca Juga : Tips Mendapatkan Mahasiswa Baru di Tengah Wabah Corona Melanda

  1. Pengelolaan Data Perpustakaan Efektif dan Efisien

Data administrasi terkait perpustakaan dan aset tersimpan secara baik, efektif dan efesien karena bisa di akses dengan mudah dan kapan saja.

  1. Advance Search (Pencarian Cepat dan Tepat)

Aplikasi perpustakaan online dari Garuda Cyber ini dilengkapi dengan OPAC (Online Public Access Catalog) sehingga memudahkan dalam pencarian buku.

  1. Mendukung Penggunaan Barcode baik itu proses peminjaman ataupun pendataan anggota.

Aplikasi ini mendukung penggunaan Barcode, sehingga ketika peminjaman dan pengembalian lebih mudah.

  1. Terintegrasi dengan semua sistem di dalam Smart Campus

Aplikasi ini terintegrasi dengan seluruh sistem yang ada di dalam Smart Campus, sehingga akan meminimalisir redudancy data.

  1. Laporan Lengkap dimana Sistem mampu menyajikan pelaporan data yang lengkap dan sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa fitur serta keunggulan yang ditawarkan oleh Sistem Perpustakaan Online Kampus dari Garuda Cyber. Diharapkan dengan adanya sistem ini akan memberikan ragam kemudahan untuk kampus dalam menyajikan informasi secara tepat dan cepat.  Sudah banyak kampus yang mempercayakan Garuda Cyber sebagai mitra tepat mereka dalam memberikan solusi terkait permasalahan dalam bidang IT yang mereka alami.

Sudah saatnya kini kampus anda beralih menggunakan sistem digitalisasi dalam manajemen kampus anda. Sebagai kampus zaman now yang berada di era teknologi digital 4.0 tentu harus mampu memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan dalam memperoleh informasi untuk yang membutuhkan. Sehingganya kampus akan dinilai lebih profesional dan kredibilitasnya dipercaya oleh pihak internal maupun eksternal.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia