WhatsApp-Button
Manajemen Digital Marketing di Era 4.0

Manajemen Digital Marketing di Era 4.0

  2020-06-17 16:43:33     Ulti Desi Arni     Dibaca 43 kali

Manajemen adalah hal yang mesti menjadi perhatian utama dalam sebuah organisasi, perusahaan ataupun instansi. Dibutuhkan manajemen yang baik agar sebuah organisasi tersebut bisa berjalan sebagaimana mestinya dan tetap eksis serta bersaing dalam jenis bisnis yang sama. Dimana manajemen yang dimaksud memiliki fungsi untuk mengatur setiap person maupun bidang kerja yang tergabung dalam ruang lingkup yang sama. Dengan adanya manajemen yang baik, setiap para pekerja yang terlibat dalam bidang tertentu bisa beraktivitas sesuai dengan tugas mereka masing-masing.

Berbicara mengenai manajemen ini, dari waktu ke waktu terus mengalami pergeseran untuk mencari solusi terbaik agar terhandle secara maksimal. Beragam ide terus dikembangkan untuk menghasilkan manajemen terbaik, agar setiap yang terlibat di dalamnya benar-benar terkontrol dan organisasipun bisa terus berkembang.

Berbicara mengenai manajemen tentu saja tidak hanya tentang pencatatan dan SOP berkaitan dengan job desk di kantor saja, namun juga berlaku dalam manajemen marketing. Dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa ataupun produk, tentu memiliki tim marketing yang harus mampu meningkatkan penjualan perusahaan. Para tim marketing tersebut tidak selamanya ada di kantor sehingga menjadi kesulitan dalam kontrolnya secara berkala.

Apabila tim marketing termanajemen secara maksimal tentu saja akan berdampak baik untuk perusahaan. Agar mencapai target, perusahaan harus memiliki strategi yang tepat dalam memanajemen marketingnya. Ketika semua termanajemen secara baik dengan harapan omset perusahaan akan terus mengalami peningkatan.

Manajemen yang baik serta strategi yang tepat dalam memasarkan produk harus benar menjadi perhatian perusahaan. Tanpa adanya strategi yang baik, maka akan sulit sekali bagi perusahaan untuk terus bertahan di tengah tingginya persaingan yang hadir setiap saatnya.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Farmasi Rumah Sakit

Sebagaimana sudah dibahas sekilas di atas bahwa saat ini orang terus berinovasi untuk menemukan solusi terbaik terkait manajemen dalam marketing, dan saat ini inovasi yang terus dikembangkan adalah memanfaatkan teknologi. Dimana semakin harinya teknologi terus saja berkembang begitu pesat dan menawarkan ragam kemudahan untuk hampir seluruh bidang pekerjaan. Bisa kita lihat bahwa hampir setiap kita tidak bisa terlepas dari perannya teknologi informasi.

Dengan adanya teknologi memudahkan banyak pekerjaan bahkan hingga pekerjaan rumah tangga sekalipun. Tidak heran jika banyak perusahaan terus berinovasi menemukan teknologi yang terbarukan untuk manajemen perusahaannya, termasuk dalam bidang marketing. Di era digital 4.0 saat ini, manajemen marketing tentu saja dilakukan dengan cara digitalisasi. Secara umum, berikut beberapa strategi atau manajemen digital marketing yang populer di era 4.0 saat ini :

  1. SMS Masking

Bagi sebagian besar orang tentu tidak asing lagi mendengar kata SMS atau bisa juga disebut dengan pesan singkat. Sebelum hadirnya ragam media sosial untuk memudahkan komunikasi, banyak orang berkirim pesan singkat untuk berkabar dengan teman maupun kerabatnya. Banyak sekali sebenarnya manfaat yang akan di dapatkan melalui SMS ini diantaranya adalah penggunaan SMS Masking.

SMS Masking ini adalah salah satu metode yang digunakan untuk promosi, dimana kini banyak sekali kita jumpai bahwa orang memanfaatkan SMS ini sebagai cara untuk mereka mempromosikan bisnis mereka. Keberadaan SMS Masking ini sebenarnya tidak hanya sebagai media promosi saja, melainkan juga bermanfaat sebagai media penyebaran informasi hingga sebagai reminder. Dimana dengan SMS Masking perusahaan bisa mengirimkan pesan pengingat berupa invoice, atau tanggal penagihan kepada client.

Cara kerjanya cukup sederhana dimana SMS Masking mengirim pesan ke banyak kontak atau banyak tujuan secara broadcast dengan nama perusahaan anda. Melalui pesan yang dilengkapi dengan identitas perusahaan tentu saja penerima tidak akan menganggap pesan tersebut palsu ataupun spam. Menggunakan cara ini secara tidak langsung akan menunjukan keprofesionalan dan kredibilitas perusahaan anda, dan tampak sadar ia akan sangat bermanfaat untuk perusahaan anda.

Menggunakan SMS Masking, tentu sangat membantu sekali dalam meningkatkan eksistensi perusahaan anda, serta bisa dengan mudah dikenal oleh masyarakat dan memudahkan dalam proses bisnis anda.

Baca Juga : Marketing Digital Rumah Sakit Affiliate

  1. Marketing Affiliate

Selain melalui SMS Masking, strategi berikutnya yang juga cukup mumpuni untuk manajemen marketing dan meningkatkan omset perusahaan adalah Marketing Affiliate. Dengan menggunakan strategi dan manajemen marketing secara maksimal tentu akan memberikan hasil memuaskan untuk pemasukan perusahaan. Perusahaan harus mampu mencari peluang yang tepat untuk bisa eksis di tengah tingginya tingkat persaingan yang ada.

Marketing Affiliate adalah salah satu strategi pemasaran dimana banyaknya marketing yang tersebar di beberapa daerah berbeda, dengan begitu ini akan sangat efektif dalam menyebarkan informasi secara cepat. Marketing Affiliate ini adalah solusi tepat pada era digital ini, karena perusahaan bisa dengan mudah memanajemen para marketing freelance mulai dari perekrutan hingga pemberian upah.

Cara kerja ini cukup sederhana, dimana siapa saja memiliki kesempatan untuk mendaftar menjadi marketing di Perusahaan anda yang terdaftar melalui sistem. Nah, para freelance tersebut bisa bekerja memasarkan produk atau jasa yang anda tawarkan kepada masyarakat serta ia juga bisa mengajak orang lain menjadi tim marketing mereka. Sehingganya semakin banyak tim yang bergerak dalam memasarkan produk atau jasa anda, maka akan semakin besar pula peluang perusahaan anda dikenal oleh masyarakat banyak. Dengan begitu, informasi tersebar luas dengan mudah dan bisa membantu meningkatkan branding serta income perusahaan.

  1. Manajemen Media Sosial

Keberadaan media sosial saat ini telah memberikan banyak sekali manfaat untuk strategi bisnis. Banyak pelaku bisnis memanfaatkan medsos sebagai wadah untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Hampir seluruh manusia di belahan dunia menggunakan yang namanya media sosial, sehingga ini menjadi alasan kenapa perusahaan juga harus memanfaatkannya untuk meningkatkan branding perusahaan. Setelah maksimal membuat konten untuk marketing, maka medsos adalah penunjang agar hasilnya semakin maksimal.

Nah, itulah beberapa manajemen marketing yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan atau pelaku bisnis dimanapun berada. Dengan memanfaatkan digital marketing dan manajemen media sosial ini adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Garuda Cyber. Tujuan adanya ini adalah tidak lain untuk meningkatkan kualitas brand sehingga memperoleh income secara maksimal. Strategi yang digunakan oleh tim Garuda Cyber yaitu manajemen melalui : website, SEO. FB Ads, Instagram, dan design branding.

Saat ini sudah banyak organisasi dan industri bisnis mempercayakan Garuda Cyber sebagai solusi permasalahan dalam Manajemen Digital Matketing di Era 4.0. Ketika kita berada di era teknologi yang semakin hari semakin berkembang, maka untuk bisa bertahan digitalisasi adalah langkah tepat yang mesti dimanfaatkan oleh perusahaan.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia