WhatsApp-Button
Jual Software Aplikasi Rumah Sakit Lengkap

Jual Software Aplikasi Rumah Sakit Lengkap

  2020-05-15 17:01:27     Ulti Desi Arni     Dibaca 55 kali

Agar kita bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik tentu saja kita membutuhkan tubuh yang sehat untuk melakukannya. Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat berharga kita miliki, tanpa adanya tubuh dan jiwa yang sehat tentu saja kita akan kesulitan dalam beraktivitas. Selain itu, ketika badan kurang sehat kita hanya bisa lemas dan terbaring bahkan makanpun sangat susah. Begitu berharganya kesehatan ini dalam kehidupan kita, untuk penting bagi kita menjaga tubuh agar tetap sehat. Ketika kita merasakan keanehan dalam diri kita seperti adanya gangguan kesehatan tentu kita akan mewaspadai terlebih dahulu hal tersebut.

Ketika kita mulai mengeluhkan rasa sakit biasanya tindakan yang diinginkan adalah mendapatkan pelayanan kesehatan terkait apa yang dirasakan seperti mendatangi rumah sakit. Bagi sebagian orang Rumah sakit mungkin kerap kali dianggap sebagai tempat menakutkan bagi sebagian orang karena hanya diisi oleh mereka yang sakit saja. Namun, sebenarnya tidak selalu begitu karena bagi anda yang ingin sekedar konsultasi terkait kesehatan itu tidak ada salahnya mendatangi rumah sakit. Ibarat kata lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Rumah sakit merupakan industri kerja yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan. Dimana disini ada ragam tindakan medis yang diberikan oleh petugas untuk pasien yang datang, mulai dari perawatan, pencegahan, pengobatan hingga pemulihan. Sebagai industri yang bergerak dalam pelayanan kesehatan dan dunia medis tentu saja Rumah Sakit harus memperhatikan secara baik terkait keselamatan pasien dalam mengambil tindakan. Keselamatan pasien adalah prioritas utama dalam hal ini, dan dalam mendukung tersebut tentu saja kualitas pelayanan harus ditingkatkan.

Dalam menangani pasien yang datang berkunjung berobat tentu saja pelayanan yang diberikan kepada pasien cukup memiliki pengaruh besar pada kesembuhan pasien. Bagusnya pelayanan yang diberikan bisa membuat pasien lebih rileks dan tenang sehingga memungkinkan iapun cepat sembuh. Beda halnya dengan pelayanan yang buruk, tentu ini akan membuat kondisi pasien ambruk dan berdampak pada rusaknya citra rumah sakit di mata masyarakat.

Berbicara tentang pelayanan kesehatan ini, tentu saja jika biasanya rumah sakit menggunakan cara manual untuk sistem proses administrasi dan aktivitasnya tentu saja ini berdampak kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan. Contoh sederhana yang bisa kita lihat adalah terjadinya antrian yang cukup panjang ketika pasien mendaftar untuk berobat, dan mesti melalui banyak tahapan. Tidak hanya berdampak kepada pasien, namun juga kurang optimalnya kinerja para tenaga medis.

Dalam meningkatkan kualitas mutu dan pelayanan, maka penting sekali rumah sakit merubah cara manual menjadi serba digital dengan memanfaatkan teknologi informasi di dalamnya. Kita tahu bahwa saat ini teknologi yang berkembang begitu pesat dan memberikan banyak sekali kemudahan dalam pekerjaan ragam bidang. Hampir seluruh aspek atau instansi memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu aktivitas mereka dalam bekerja. Perkembangan teknologi ini juga sudah merambah ke dunia medis, dengan memanfaatkan teknologi dalam ini tentu saja pelayanan bisa lebih ditingkatkan dan secara otomatis juga akan meningkatkan mutu rumah sakit.

Baca Juga : Pentingnya Tracer Study bagi Perguruan Tinggi

Kini banyak sekali teknologi dan sistem digitalisasi yang hadir untuk membantu dunia medis. Dimana dengan adanya sistem digitalisasi ini diharapkan akan meningkat kualitas rumah sakit dalam memberikan pelayanan kepada pasien yang datang. Diantara teknologi yang biasa dinikmati dalam dunia medis adalah Smart Hospital dari Garuda Cyber.

Smart Hospital ini merupakan sistem digitalisasi atau sistem informasi yang memanajemen rumah sakit, dimana di dalamnya terdapat banyak aplikasi untuk mendukung semua aktivitas baik tiap bidang, unit atau bagian yang tentunya saling terintegrasi. Dengan adanya sistem terintegrasi maka, setiap unit atau bagian yang ada di rumah sakit akan terhubung dalam satu database yang sama sehingga informasi yang dibutuhkan akan jauh lebih mudah, cepat dan akurat.

Pada Smart Hospital dirancang beberapa aplikasi terintegrasi secara bertahap untuk membantu pengelolaan dan manajemen rumah sakit. Permasalahan terkait pengelolaan dan manajemen ini memang bukan hal baru dalam dunia industri, setiap periodenya orang selalu berupaya dan berinovasi dalam hal tersebut. Nah, Smart Hospital yang hadir ini tentu saja sebuah inovasi terbarukan di era teknologi 4.0 saat ini yang mesti diterapkan pada setiap rumah sakit. Di dalamnya terdapat aplikasi untuk manajemen administrasi atau pendaftaran pasien, rekam medis, manajemen HR, aplikasi apotek / farmasi, laboratorium, radiologi, manajemen gudang dan aplikasi lainnya yang saling terintegrasi.

Ragam manfaat yang akan didapatkan oleh Rumah Sakit ketika menggunakan Smart Hospital ini karena banyak fitur dan aplikasi terintegrasi tersedia. Berikut ragam fitur yang saling terintegrasi dalam Smart Hospital :

Sistem Keuangan Rumah Sakit (Finance)

Kita sama-sama tahu bahwa keuangan ini cukup sensitif untuk dibahas, dan ia merupakan bagian vital dalam sebuah organisasi begitu juga halnya dalam rumah sakit. Maka dalam pengelolaan dan manajemennya harus dilakukan secara teliti, tepat dan akurat. Ketika keuangan ini dimanajemen secara baik tentu keberlangsungan operasional rumah sakit bisa tetap bertahan.

Dalam Sistem Keuangan Rumah Sakit dari Smart Hospital menyediakan ragam fitur lengkap dan memberikan kontrol ketat terhadap aspek manajemen keuangan rumah sakit sesuai standar akuntansi. Sehingga kemungkinan-kemungkinan terburuk terkait perhitungan atau pengelolaan bisa terminimalisir.

Berikut beberapa fitur yang ditawarkan dalam software finance ini :

  • Manajemen Data Master
  • Transaksi Pencairan Dana
  • Transaksi Anggaran Keuangan
  • Aplikasi Approve anggaran dana
  • Transaksi Pemasukan dan Pengeluaran
  • Laporan Keuangan (Serapan Dana, Pengeluaran & Pemasukan, Pengajuan Anggaran & Pencairan Dana, Jurnal, Neraca, LPJ, Laba Rugi, Arus Kas, dan Buku besar)
  • Executive Report

Account Payble

Fitur-fitur yang terdapat pada akun ini diantaranya :

  • Tukar Faktur yang berkaitan dengan supplier dan gudang
  • Pembayaran Cheque / Giro
  • Pengajuan Pembayaran Hutang Supplier
  • Pembayaran Hutang Supplier
  • Pembuatan Jasa Medis Dokter untuk merekam jejak jasa medis yang dilakukan dokter selama periode tertentu disertai dengan pengelompokan apakah ditangani melalui pembiayaan langsung atau asuransi dan lainnya
  • Pembayaran Jasa Medis Dokter.

Account Receivable

Fitur pada akun ini adalah :

  • Penerimaan Piutang Karyawan / Dokter
  • Pembuatan Tagihan Piutang ( Manual Jurnal AR )
  • Penerimaan Piutang Lainnya ( Manual Jurnal AR )
  • Pembuatan Claim Asuransi/Perusahaan Pasien
  • Penerimaan Pembayaran Claim Asuransi/Perusahaan

Baca Juga : Cara Meningkatkan Keamanan Siber untuk Perusahaan

Sistem Administrasi Pasien

Software administrasi ini merupakan aplikasi yang memanajemen seluruh data master berkaitan dengan pasien. Mulai dari pasien mendaftar pertama kali termasuk di dalamnya terdapat biodata atau identitas lengkap pasien. Menggunakan adminsitrasi secara online tentu juga akan membantu pasien dan rumah sakit. Dimana pasien bisa langsung mengakses sistem untuk mendaftarkan diri ketika berobat dan sesampai rumah sakit bagian pendaftaran cukup memvalidasi saja.

Selain itu banyak sekali fitur yang tersedia di dalamnya karena memang memanajemen seluruh data master, diantara fiturnya adalah mulai dari pendaftaran pasien, data pasien, data dokter, jadwal dokter, biaya, penagihan, manajemen apotek, klaim BPJS, dan ragam fitur lainnya.

Sistem Booking Online

Jika menggunakan manual sistem untuk mendaftar ketika berobat pasien harus antri terlebih dahulu beda halnya dengan sistem booking online ini. Pasien bisa mendaftar dari rumah terkait reservasi kunjungannya berobat sesuai jadwal dokter yang tersedia. Cara kerja aplikasi bisa dikatakan sangat mudah, dimana ketika pasien ingin melakukan kunjungan berobat bisa langsung mendaftar ke sistem menggunakan smartphone. Setelah itu memilih layanan kesehatan yang dituju, mengisi data agar diverifikasi bagian administrasi. Setelah itu pasien menunggu balasan atau respon dari rumah sakit terkait resume jadwal reservasi atau booking secara lengkap.

Sistem Informasi Manajemen HRM

Sebagai pelayanan medis yang berskala besar tentu saja rumah sakit memiliki banyak tenaga medis yang terlibat, bahkan juga memiliki beberapa tenaga kerja lainnya terkait bidang yang dibutuhkan. Memastikan setiap mereka bekerja secara profesional tentu saja dibutuhkan manajemen di dalamnya, dan biasanya ini dilakukan oleh HR rumah sakit.

Menggunakan Aplikasi HRM ini tentu saja akan sangat membantu sekali dalam memanajemen setiap tenaga medis dan staff yang ada. Baik itu manajemen kinerja, kehadiran dan lainnya yang mendukung profesional kerja agar mereka bekerja secara produktif. Aplikasi ini akan memudahkan dalam aktivitas HRM, dimana di dalamnya terdapat fitur sebagai berikut:

  1. Absensi Karyawan

Aplikasi akan mencatat kehadiran karyawan yang diinput bisa melalui fingerprint, QrCode, titik koordinat dan lainnya secara online serta mudah.

  1. Daily Activity

Pada aplikasi ini juga akan menuntut setiap tenaga medis baik dokter, perawat maupun staff lainnya terkait aktivitas hariannya sehingga memudahkan HR dalam memantau semua itu.

  • Pencatatan dapat dikategorikan sesuai dengan project atau aktivitas yang dikerjakan oleh tenaga medis atau staff. Untuk pengisian Daily Activity hanya dapat dilakukan pada hari yang sama dan tidak dapat dilakukan perubahan dan penghapusan catatan daily activity hari sebelumnya sehingga lebih akurasi.
  • Daily Activity dapat ditarik laporan yang dapat dilihat oleh pimpinan rumah sakit dengan format disesuaikan dengan kondisi dan permintaan rumah sakit.
  1. Pengajuan Izin & Cuti

Ketika ada tenaga medis atau staff rumah sakit yang hendak izin ataupun cuti bisa langsung mengajukan melalui sistem. Setelah itu bagian HR akan menyetujui dan surat cuti bisa dicetak / diprint jika diperlukan.

  1. Penjadwalan

Aplikasi juga menampilkan jadwal dokter yang praktek setiap harinya sehingga memudahkan perawat atau bagian lainnya yang membutuhkan informasi terkait dokter yang bertugas.

Rekam Medis

Menggunakan aplikasi rekam medis tentu saja akan sangat membantu sekali dalam mencatat riwayat kunjungan pasien. Di dalamnya akan tertera secara detail terkait data pasien, kunjungan, diagnosa, hingga tindakan apa yang diberikan kepada pasien terkait keluhannya tersebut.

Dengan adanya pencatatan rekam medis yang baik tentu saja akan sangat berguna sekali untuk mengambil tindakan ketika pasien ditangani oleh dokter lainnya. Berdasarkan riwayat tersebut memudahkan dokter dalam memberikan pengobatan kepadanya. Selain itu petugas pada bagian medical record juga bisa mudah dalam membuat laporan setiap periodenya.

Aplikasi Warehous Manajemen Gudang

Sebagai organisasi pelayanan kesehatan skala besar tentu saja rumah sakit memiliki gudang untuk menyimpan kebutuhan dalam melakukan tindakan medis. Baik itu peralatan medis, obat-obatan atau sarana prasarana lainnya yang mendukung operasional. Penyimpanan barang melalui gudang terlebih dahulu agar nantinya proses distribusi barang bisa teratur dan tertata secara baik. Mengingat begitu banyaknya jenis barang tersebut maka manajemen yang baik sangat dibutuhkan dalam hal ini

Dalam pengadaan obat, dan perlengkapan medis tentu saja barang disimpan dalam sebuah gudang terlebih dahulu sebelum di distribusikan ke unit-unit yang meminta. Hal ini bertujuan agar manajemen barang bisa tersalurkan secara tepat dan teratur. Banyaknya jenis barang yang dibutuhkan tersimpan di dalam gudang tentu saja harus dimanajemen dengan baik. Dibutuhkan pencatatan yang tepat, mulai dari barang masuk, pengecekan kondisi, penempatan, retur barang jika ada yang tidak sesuai hingga pendistribusian. Semua haruslah direkap dengan baik agar menghasilkan laporan yang tepat nantinya.

Menggunakan Software Aplikasi Warehouse tentu saja akan memudahkan dalam memantau dan mengontrol setiap barang yang ada. Sistem akan mengontrol setiap proses mulai dari masuknya barang, penyimpanan hingga pendistribusian ke setiap bagian yang mengajukan pengadaan atau permintaan. Aplikasi manajemen gudang ini tentu saja sangat bermanfaat dalam pergudangan rumah sakit. Dimana setiap fungsi dari fitur tersedia bisa memaksimalkan dalam mendukung setiap proses pergudangan / warehouse ini secara baik.

Baca Juga : Jual Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di Pekanbaru

Digital Marketing Affiliate

Agar rumah sakit bisa dikenal oleh masyarakat luas tentu saja membutuhkan strategi yang tepat dalam memasarkannya. Saat ini strategi dalam memasarkan atau marketing begitu banyak cara dan ragamnya, tentu saja konvensional tidaklah solusi efektif lagi mengingat perkembangan teknologi yang ada. Salah satu strategi marketing yang bisa diterapkan untuk setiap rumah sakit adalah Marketing Affiliate.

Sistem manajemen marketing satu ini dibangun untuk merekrut sebanyak mungkin tenaga freelance yang ikut andil dalam memasarkan rumah sakit yang tentu ia berada di bawah pantauan leader marketing rumah sakit. Aplikasi ini bekerja dengan merekrut atau memasarkan rumah sakit menggunakan tenaga freelance. Dan mereka yang ingin bergabung menjadi freelancepun terbuka luas.

Setiap mereka yang mendapatkan informasi terkait rumah sakit ketika hendak bergabung dapat langsung mendaftar melalui sistem dan akan mendapatkan nomor ID sebagai identitas. Mereka juga memiliki kesempatan memasarkan dan mengajak orang lain untuk bergabung. Ketimbang menyewa satu atau dua orang marketing untuk di lapangan, belum tentu mereka bisa menjangkau semuanya maka cara ini bisa dikatakan cukup menjadi solusi.

Manajemen Media Sosial

Selain marketing affiliate untuk memaksimalkan dalam pemasaran media sosial adalah wadah yang cukup tepat sebagai strategi marketing. Kita tahu bahwa banyak sekali bisnis saat ini bisa berkembang dan bermunculan di beranda media sosial kita. Meskipun terlihat mudah, tentu ada strategi khusus untuk melakukan hal ini. Ketika anda sudah memiliki manajemen affiliate yang baik untuk strategi marketing, maka disupport menggunakan media sosial secara tepat jauh akan mendapatkan hasil maksimal.

Terintegrasi Laboratorium dan Radiologi

Sistem ini akan membantu rumah sakit dalam memproses pasien yang melakukan pengecekan laboratorium dan Radiologi. Data pasien tersinkron dengan dokter yang bertugas memberikan tindak medis kepada pasien, sehingga dokter bisa mudah mendapatkan hasil tes tanpa menunggu cetakan. Hasil dari cek labor dan radiologi bisa langsung terkirim ke user dokter, dan dokter bisa mengamati langsung dari komputernya dalam ruangan. Bahkan jika dokter berada di luar rumah sakit dan membutuhkannya secara cepat hal ini sangat memungkinkan sekali.

Apotek

Aplikasi Apotek ini akan membantu dalam manajemen setiap transaksi yang terjadi di apotek. Jika biasanya pencatatan setiap ada resep yang masuk menggunakan cara manual, maka kini beralih menggunakan sistem digitalisasi. Pasien atau perawat yang memberikan resep kepada pasien cukup memberikan kode saja dan bagian apotek atau farmasi bisa mengakses informasi lengkap di dalam sistem dan menyediakan obat sesuai resep yang ada. Setelah itu barulah obat diberikan kepada pasien atau perawat yang meminta.

Setiap transaksi per resep akan tercatat secara baik di dalam sistem sehingga memudahkan bagian apotek dalam membuat laporan. Obat yang dikeluarkanpun juga lebih terkontrol dan aplikasi ini akan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan pemberian obat.

Kasir

Di dalam Smart Hospital ini juga terintegrasi dengan kasir, dimana bagian kasir dengan mudah mendapatkan informasi terkait tagihan pasien. Pada aplikasi kasir juga memudahkan dalam manajemen tagihan apakah itu pembayaran cash atau menggunakan asuransi. Sistem membantu perhitungan claim pembayaran asuransi dengan mudah dan juga terintegrasi dengan keuangan sehingga memudahkan dalam manajemen keuangan rumah sakit untuk mendapatkan laporan sesuai kebutuhan.

Executive Report

Selain ragam aplikasi di atas, dalam Smart Hospital juga ada Executive Report yang membantu pimpinan atau pihak berkepentingan untuk mendapatkan semua laporan. Laporan yang disajikan di dalam sistem tentu saja sangat lengkap, serta bisa diakses kapan saja dan dari mana saja. Mudahnya dalam memperoleh laporan ini akan membantu pimpinan dalam mengambil keputusan untuk perkembangan rumah sakit ke depannya.

Itulah beberapa aplikasi atau fitur yang saling terintegrasi di dalam Smart Hospital ini. Semua kelebihan dan keunggulan di atas tentu saja bisa anda dapatkan dalam produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart Hospital. Menggunakan Smart Hospital dengan sistem terintegrasi ini tentu saja akan memudahkan sekali untuk aktivitas setiap user terlibat mulai dari pasien, dokter, staff, HRD rumah sakit, Perawat hingga mereka yang memiliki level executive.

Di era digitalisasi saat ini, teknologi informasi merupakan solusi tepat yang mesti digunakan oleh rumah sakit dalam meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan. Sebagai pelayanan kesehatan tentu harus dituntut mengikuti perkembangan teknologi yang ada agar bisa bertahan di kala tingginya tingkat persaingan yang ada saat ini. Memudahkan dalam pemberian informasi ketika dibutuhkan dan pelayanan yang baik akan membuat citra rumah sakit lebih positif. Selain itu dengan teknologi maka rumah sakit lebih terkesan profesional baik penilaian oleh pihak internal maupun eksternal. Untuk itu maru bertransformasi dari cara konvensional dengan Go Digital di era Teknologi 4.0 ini bersama Smart Hospital Garuda Cyber.

 

#GarudaCyber23Meil


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia