WhatsApp-Button
Cara Menghemat Biaya Operasional Kampus saat Corona

Cara Menghemat Biaya Operasional Kampus saat Corona

  2020-05-14 16:20:13     Ulti Desi Arni     Dibaca 47 kali

Wabah corona virus saat ini belum mereda dan masih cukup meresahkan masyarakat. Banyak sekali yang mengeluhkan kondisi ekonomi mereka. Memang dampak yang cukup signifikan dirasakan ketika tersebarnya Covid-19 ini adalah keuangan. Banyak pelaku bisnis yang memilih untuk menutup sementara bisnis sehingga tidak memiliki penghasilan lagi. Terparahnya banyak para pekerja yang harus dirumahkan bahkan di PHK sehingga membuat mereka menjadi pengangguran.

Melihat cukup besarnya dampak penyebaran covid-19 ini pada ekonomi, tentu juga ini berpengaruh dalam bidang pendidikan diantaranya Perguruan Tinggi. Ketika kampus diliburkan akan sulit sekali bagi perguruan tinggi terutama kampus swasta dalam melakukan penagihan pembayaran uang kuliah oleh mahasiswanya sehingga kampus memang harus mengatur strategi keuangannya menghindari terjadinya pailit.

Keuangan ini bisa dikatakan bagian yang vital dalam sebuah organisasi, jika keuangan ini terganggu akan berefek pada keberlangsungan kampus. Tanpa adanya wabah inipun, keuangan juga mesti dikelola dan dimanajemen dengan baik apalagi di kala krisis ini tentu perguruan tinggi harus lebih bekerja keras lagi dalam menghemat biaya operasionalnya.

Liburnya proses belajar mengajar tatap muka, tentu saja sangat berdampak sekali, karena sulit menghubungi setiap mahasiswa yang ada. Maka, bagian keuangan kampus tentu harus sigap dalam mengatur setiap biaya operasional. Dengan diaturnya secara baik biaya operasional ini tentu saja akan sangat baik untuk keberlangsungan kampus. Apabila kampus tidak mengatur biaya operasional dan menghematnya bisa saja berdampak sulitnya kampus bertahan atau hal lainnya. Maka, penting sekali kampus harus berhemat dan mengatur secara baik supaya sistem keuangan juga terkelola secara baik.

Sebagai upaya untuk menghemat biaya operasional di kala covid 19 ini, berikut beberapa hal yang dapat kampus lakukan :

Baca Juga : Jual Aplikasi HRM Perusahaan di Pekanbaru

  1. Cek kondisi keuangan

Cara ini bisa dikatakan hal pertama mesti dilakukan yaitu melihat kondisi keuangan kampus, mengetahui kondisi keuangan tentu dapat mengatur langkah apa mesti dilakukan dalam pengeluaran operasional nantinya. Perguruan tinggi harus memastikan bahwa setiap pemasukan dan penggeluarannya terkendali secara baik. Karena itu penting mencatat secara detail setiap transaksi yang berkaitan dengan keuangan setiap unit yang ada di dalam kampus.

  1. Memeriksa status aset dan hutang

Bukan hal tidak mungkin jika sebuah institusi adakalanya memiliki pengeluaran yang tidak terduga atau memiliki pinjaman. Untuk itu penting sekali kampus mengecek setiap kondisi aset yang ia memiliki serta riwayat pinjaman. Karena kampus harus bertanggung jawab terhadap pinjaman tersebut, dan ketika mengetahui status dan riwayat dari semua itu maka perguruan tinggipun bisa melakukan penghematan.

  1. Membuat Bussines Plan Baru

Melihat kondisi saat ini tentu saja semua yang direncanakan akan jauh berbeda, sehingga perguruan tinggi harus bisa mengatur strategi baru terkait anggaran mesti dikeluarkan. Ketika strategi ini terarah tentu akan memudahkan bagi kampus dalam menjangkau setiap transaksi yang ada sesuai dengan kondisi keuangan kampus.

  1. Membuat laporan arus kas secara berkala

Langkah selanjutnya bisa anda lakukan adalah melihat kondisi dan arus kas anda serta membuat laporan secara berkala. Dengan adanya laporan ini anda dapat mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan sehingganya dalam rangka menghemat anggaran bisa saja kampus menskipun dulu pembelian atau memotong beberapa anggaran yang tidak terlalu urgent. Maka, cara ini cukup cepat dan mudah dilakukan untuk menghemat keuangan kampus.

Baca Juga : Jual Aplikasi Keuangan Akuntansi Rumah Sakit di Jambi

  1. Ganti Promosi dengan Digital Marketing

Jika biasanya kampus memasarkan atau mempromosikan kampusnya menggunakan cara manual seperti menyebarkan brosur atau spanduk di jalan. Melihat situasi ini tentu saja itu tidak lagi efektif dan mumpuni, karena semua orang menghabiskan banyak waktu di rumah ketimbang keluar. Selain itu teknologi juga sudah mengubah dunia manajemen pemasaran dengan cara digital, untuk itu kampuspun bisa memanfaatkan Digital Marketing untuk masyarakat mendapatkan informasi terkait kampus. Tentu ini bisa menghemat biaya operasional seperti pencetakan spanduk dan brosur.

  1. Mengalihkan dana pembelajaran ke pembelajaran online

Semenjak adanya himbauan untuk berdiam diri di rumah aja, maka kampuspun harus memiliki strategi tepat agar pembelajaran tetap berjalan salah satunya menggunakan pembelajaran online. Agar sistem keuangan kampus tersalurkan dengan baik yang biasanya digunakan untuk proses belajar di kelas maka kini alihkan untuk pembelajaran online. Ini tentu lebih menghemat dalam beberapa aspek tertentu.

  1. Mengalihkan biaya operasional tugas di luar kampus

Ada kalanya kampus mengadakan aktivitas di luar kampus, entah itu kunjungan industri atau lain sebagainya. Karena anggaran ini sudah ditetapkan sebelum tahun ajaran baru otomatis karena covid-19 semua rencana tersebut harus dibatalkan. Melihat situasi ini kampus, bisa saja mengalihkan anggaran tersebut untuk biaya operasional lainnya atau kampus juga bisa menghemat penggeluaran.

  1. Mengalihkan dana kegiatan kampus dan mahasiswa

Dunia perguruan tinggi di-identik dengan mahasiswa yang aktif berorganisasi dan memiliki banyak sekali kegiatan di dalamnya. Setiap rangkaian kegiatan yang diadakan mahasiswa di kampus biasanya memperoleh anggaran dari kampus. Berhubung proses perkuliahan di kampus ditiadakan tentu saja rangkaian kegiatan yang sudah disusunn RABnya tidak bisa terlaksana sebagai mana mestinya. Hal ini bisa menjadi peluang kampus dalam menghemat biaya yang seharusnya untuk kegiatan mahasiswa bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan mendesak lainnya.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan oleh kampus untuk menghemat biaya operasionalnya. Dalam kondisi kita saat ini memang menyulitkan dan berdampak cukup besar untuk kehidupan. Setiap hal yang sudah kita rencanakan terpaksa harus dikondisikan ulang agar kampus tidak terpuruk juga. Ketika dana kampus bisa dihemat tentu saja akan sangat membantu sekali bagi perguruan tinggi dalam mengalokasikannya untuk keperluan lain selama wabah ini.

 

#GarudaCyber23Mei


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia