WhatsApp-Button
Manajemen Era Digital 4.0 Klinik Ala Pakar IT Garuda Cyber

Manajemen Era Digital 4.0 Klinik Ala Pakar IT Garuda Cyber

  2020-05-13 16:27:16     Ulti Desi Arni     Dibaca 58 kali

Dalam sebuah organisasi maupun instansi agar dapat berjalan secara baik tentu saja dibutuhkan manajemen yang baik pula di dalamnya. Manajemen ini berfungsi untuk mengatur setiap person, bidang atau hal lainnya yang terkait agar beroperasional sesuai dengan tugasnya masing-masing. Permasalahan manajemen ini dari waktu ke waktu tetap saja ada kendalanya, sehingga dari waktu ke waktu pula orang berusaha mencari solusi agar manajemen bisa maksimal. Ide-de kreatif berusaha dituangkan untuk menemukan solusi terbaik agar manajemen ini bisa terlaksana secara baik pula.

Begitu juga halnya dalam manajemen sebuah klinik, di dalamnya banyak aktivitas dan interaksi yang terjadi sehingga agar berjalan maksimal penting bagi klinik memperhatikan hal tersebut. Sebagai industri yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan tentu saja harus mampu memberikan pelayanan terbaik untuk pasien yang datang berkunjung. Demi mewujudkan kualitas pelayanan baik, tentu semuanya harus termanajemen dengan maksimal. Ketika setiap proses yang ada bisa terlaksana dengan baik dan berjalan secara cepat, maka kualitas pelayanan yang diberikan juga akan bagus.

Sebagaimana sudah kita jelaskan di atas bahwa orang terus saja berinovasi dalam mencari solusi terbaik terkait manajemen ini, diantaranya saat ini bisa dengan memanfaatkan teknologi digital. Kita tahu bahwa teknologi informasi dan komunikasi kian hari terus saja mengalami peningkatan. Dalam proses perkembangan tersebut menawarkan banyak kemudahan untuk ragam bidang kerja bahkan hingga rumah tangga sekalipun memanfaatkan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini.

Apabila dulu orang berinovasi dalam manajemen ini hanya melalui sumber daya manusia saja, berupaya memaksimalkan tenaga kerja yang ada kini tentu saja mengalami pergeseran. Dalam memaksimalkan setiap sumber daya manusia yang ada pada sebuah klinik ini tentu harus didukung dengan teknologi yang tepat di dalamnya. Banyak teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang, diantaranya membantu dalam manajemen klinik ini.

Tentu saja cara manual tidak efektif lagi di era digital ini dalam mengelola sebuah klinik agar beroperasional maksimal, karena semua aktivitas dan informasi dituntut untuk bisa lebih cepat dan tepat dihasilkan ketika dibutuhkan. Era digital 4.0 telah mengubah dunia, dan itu akan menjadi solusi tepat bagi klinik sebagai upaya meningkatkan kualitas mutu dan pelayanannya.

Baca Juga : Guru Private Kimia di Padang

Sudah saat klinik meninggalkan penggunaan banyak kertas dan menghabiskan banyak waktu dalam manajemen dengan beralih ke Manajemen Era Digital 4.0 Klinik Ala Pakar IT Garuda Cyber. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh Garuda Cyber dalam memberikan solusi terbaik permasalahan IT agar bisa eksis dan bertahan di kala tingginya tingkat persaingan yang ada.

Berikut teknologi digital Klinik yang ditawarkan oleh pakar IT Garuda Cyber Indonesia yang terdapat dalam produk unggulannya yaitu Smart Medical :

Manajemen Klinik

  1. Aplikasi HRM

Pada sebuah klinik tentu saja memiliki sejumlah tenaga medis dan staff yang membantu demi kelancaran fungsinya. Sumber daya manusia (SDM) yang ada tersebut tentu haruslah dimanajemen secara maksimal agar mereka bisa bekerja secara profesional sesuai tuntutan kertas seharusnya. Tanpa adanya SDM yang profesional dalam bidang kerja tentu saja klinik tidak bisa berfungsi sebagai mestinya.

SDM yang ada tidak hanya sebagai alat produksi atau menguras tenaga kerjanya saja, namun lebih dari itu. Karena dengan adanya SDM yang tepat tentu akan menjadi penentu sekaligus penggerak majunya klinik. SDM ini bisa dikatakan adalah bagian yang penting dimiliki, sehingga klinik harus mengatur SDM yang ada secara baik dan maksimal.

Dalam memaksimalkan mereka tentu ada beberapa penghargaan yang diberikan atas kerja keras mereka, seperti pemberian gaji atau upah, pemberian penghargaan dan ada reward kenaikan jabatan jika kinerjanya dinilai sangat memuaskan. Nah, dalam hal ini dibutuhkan penilaian yang profesional dan adil.

Untuk mendukung setiap aktivitas yang ada itu, maka penting sekali klinik memiliki sistem yang memang berfungsi secara realistis agar dalam penilaian untuk pemberian gaji maupun reward lebih objektif. Misalnya di dalamnya ada proses merekapitulasi absensi, dan melihat hasil kerjanya sebagai bahan pertimbangan ketika akan memberikan gaji maupun reward. Untuk itu peting bagi klinik untuk menerapkan teknologi tepat guna di dalamnya dalam mendukung hal tersebut.

Selaku pakar IT, Garuda Cyber memberikan solusi dengan menggunakan aplikasi dalam memanajemen semua ini, yaitu Software Aplikasi HRM Klinik. Menggunakan software ini tidak sekedar menawarkan kemudahan saja dalam pengelolaan maupun manajemen karyawan tapi juga mendukung dalam pengambilan keputusan. Serta aplikasi akan memberikan laporan lengkap ketika pimpinan membutuhkannya. Dengan adanya laporan lengkap dan tersaji secara cepat tentu akan memudahkan dalam pengambilan tindakan. Termanajemennya sistem secara baik juga akan memicu meningkatnya kedisiplinan para pegawai yang ada karena laporan kehadiran lebih tercatat maksimal.

  1. Pendaftaran dan Booking Online

Bukan hal yang aneh lagi jika kita temui sebuah klinik terkadang sesak dengan antrian pasien hendak berobat, bahkan ada pasien merasa jenuh dalam menunggu gilirannya. Adanya hal ini tentu sangat mengganggu sekali untuk pencitraan, bisa saja klinik anda terkesan kurang profesional dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

Sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan ini adalah menggunakan aplikasi Pendaftaran dan Booking Online. Ketika pendaftaran bisa dilakukan secara online, tentu pasien tidak perlu antri lagi di bagian pendaftaran. Selain itu, tersistemnya pendaftaran ini juga akan memudahkan admin pendaftaran dalam merekap setiap data yang ada karena tersimpan secara online. Tidak akan ada lagi namanya tumpukan kertas yang banyak.

Setelah mendaftar secara online, pasien juga bisa melakukan pembookingan kunjungan berobat. Mengikuti langkah dengan memasuki data kemudian memilih tujuan berobat dan dokter setelah itu sistem akan memberikan respon terkait waktu dan jam seharusnya anda datang. Maka, cara ini akan jauh lebih efektif ketimbang cara manual. Pasien tidak perlu menghabiskan banyak waktu di klinik menunggu, karena semuanya sudah ada jadwalnya.

Baca Juga : Pentingnya Akreditasi Kampus Bagi Mahasiswa

  1. Aplikasi Rekam Medis

Jika biasanya rekam medis ini menggunakan kertas yang menyebabkan butuh banyak ruang penyimpanan, kini bisa beralih dengan digitalisasi. Kita tahu bahwa rekam medis ini memiliki peranan yang sangat penting dalam pengambilan keputusan. Dokter membutuhkan rekam medis untuk memberikan tindakan pelayanan, untuk itu rekam medis ini haruslah terkelola secara baik.

Cara manual menggunakan kertas tentu akan sangat rentan sekali akan kerusakan atau kehilangan, selain itu ketika dibutuhkan akan banyak waktu digunakan dalam menemukannya. Beda halnya dengan menggunakan software Rekam Medis, dokter bisa mengakses langsung rekam medis pasien melaui komputer atau gadgetnya dari ruangan ia bertugas dengan mudah. Dengan adanya rekam medis digitalisasi, juga akan memudahkan bagian rekam medis dalam melaporkan nantinya.

  1. Aplikasi Keuangan

Keuangan dan penggajian ini memang sangatlah vital dalam sebuah organisasi, begitu juga halnya pada klinik. Dibutuhkan ketelitian dalam mengelola keuangan agar bisa stabil dan tetap beroperasional. Jika keuangan tidak termanajemen baik maka akan sangat buruk dampaknya untuk operasional. Bisa saja akan ada pembengkakan pengeluaran selain arena banyak transaksi yang ada juga dibutuhkan waktu yang dalam menghitungnya.

Dengan adanya aplikasi keuangan standar akuntansi tentu semua permasalahan tersebut akan terminimalisir. Sistem keuangan akan melakukan tuas seorang akuntan secara baik, mulai dari menghitung laba, rugi, neraca dan lainnya. Selain itu, laporan keuangan ini juga akan sangat mudah sekali didapatkan ketika dibutuhkan.

  1. Software Penggajian

Penggajian ini berkaitan dengan keuangan serta mempengaruhi keuangan. Untuk software penggajian yang ditawarkan Garuda Cyber terintegrasi dengan keuangan, sehingga setiap proses penggajian saldo atau khas pada keuangan akan terhitung otomatis sesuai anggaran yang dikeluarkan.

Tidak menawarkan keunggulan itu saja, penggajian juga terintegrasi dengan HRM dan absensi. Sehingga jika ada karyawan yang sering tidak hadir dan tidak bekerja secara maksimal bisa saja klinik membuat kebijakan memotong gajinya. Nah, aplikasi ini juga akan menghasilkan data otomatis tanpa bagian HRM harus menghitung ulang lagi proses penggajian ini.

  1. Apotek

Tidak hanya melayani keluhan dan memberikan tindakan, tentu saja klinik juga memiliki apotek tempat penyediaan obatnya. Apotek yang bisa bekerja secara baik tentu membutuhkan sistem informasi yang baik juga agar data yang ada di dalamnya bisa terkelola secara maksimal sehingga transaksipun berjalan lancar. Masih banyak kita temukan pada klinik bahwa pencatatan obat yang ada pada farmasinya masih menggunakan cara manual. Dimana data setiap transaksi yang terjadi di catat pada sebuah buku besar, di dalamnya dicatat data seperti obat yang sudah terjual, data pembelian obat kepada supplier, hingga pencatatan hutang piutang.

Di era digital, tentu hal tersebut tidak akan efektif lagi dimana teknologi menawarkan ragam kemudahan bisa dimanfaatkan seperti adanya aplikasi apotek. Dimana menggunakan aplikasi apotek ini akan memudahkan dalam pengelolaan semua transaksi baik itu pembelian hingga penjualan obat. Selain itu aplikasi nantinya juga mampu akan menyajikan informasi secara lengkap dan detail terkait penjualan obat hingga pembelian obat ke supplier. Karena itulah aplikasi apotek merupakan solusi tepat dalam memudahkan dan mendukung setiap aktivitas transaksi yang terjadi pada apotek klinik.

  1. Kasir Pembayaran

Kasir pada klinik tidaklah sama dengan kasir yang terjadi pada supermarket atau bisnis retail lainnya. Dimana manajemen kasir minimarket berkaitan dengan penjualan, stock barang, laporan penjualan dan pembelian serta perhitungan barang terlaris. Pada klinik jauh lebih kompleks, karena banyak sekali jenis transaksi yang ada di dalamnya. Mulai dari pasien yang datang berobat bisa rawat jalan, inap atau hanya pasien bebas, dilanjutkan transaksi pada apotek dan hal lainnya. Semua transaksi proses pembayarannya ada pada kasir, tentu saja itu dibutuhkan ketelitian karena adanya ragam jenis di dalamnya.

Baca Juga : Guru Private MTK di Padang

Sebagai industri kerja yang bergerak dalam bidang pelayanan medis, klinik tidak semata fokus memberikan pelayanan kesehatan saja namun juga menyediakan obat dan hal lainnya. Setiap adanya transaksi pasien berkunjung penting sekali dicatat dengan baik, bisa dikatakan transaksi pada klinik ini sangat kompleks. Maka penting sekali menggunakan aplikasi dalam produk Smart Medical sebagai solusinya.

Dimana Software Kasir yang ditawarkan ini hadir dengan tujuan membantu setiap proses pembayaran yang ada pada kasir di Klinik anda. Menggunakan software ini tentu akan memudahkan dalam memproses setiap transaksi, memudahkan dalam menghitung hingga memudahkan dalam pembuatan laporan.

Manajemen Digital Marketing

  1. SMS Masking

Kini banyak orang memanfaatkan pesan singkat atau SMS sebagai media promosi, namun sebenarnya tidak hanya promosi saja. SMS ini juga sangat berguna dalam penyebaran informasi secara baik serta juga bisa menjadi pengingat. Klinik bisa mengirimkan reminder atau informasi ke pada pasien yang pernah datang atau ke calon pasien tentu ini bisa menjadi salah satu metode dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu strategi pemanfaatan SMS yang bisa diterapkan klinik adalah SMS Masking.

SMS Masking bekerja dengan mengirimkan pesan secara banyak atas nama klinik anda. Karena adanya identitas dalam pesan ini tentu saja orang akan percaya bahwa itu memang berasal dari klinik anda, sehingga tidak akan dianggap spam atau palsu. Sms Masking ini juga menunjukan bahwa anda lebih profesional karena pesannya lebih kredibel sehingga tanpa sadar SMS Masking ini akan berdampak positif untuk klinik jika dibandingkan dengan pesan tanpa identitas.

SMS Masking ini bisa dikatakan cukup mumpuni dalam membantu klinik anda untuk bisa eksis hingga dikenal banyak masyarakat serta juga memudahkan dalam alur bisnis anda. Ketika anda memiliki banyak pasien yang terdaftar ingin dikirimi pesat terkait jadwal checkup atau berbagi informasi lainnya jauh lebih mudah dilakukan. Karena melalui SMS Masking ini, pesan bisa dikirim ke banyak nomor dalam satu waktu

  1. Marketing Affiliate

Memasarkan secara maksimal akan memberikan hasil yang memuaskan untuk income sebuah klinik. Di tengah tingginya persaingan ini, maka klinik haruslah bisa memarketing secara maksimal. Menyebarkan banyak marketing di beberapa daerah dipercaya cukup efektif dalam menyebarkan informasi secara cepat. Namun, permasalahannya klinik tidak memungkinkan memiliki banyak marketing yang bisa termanajemen secara baik agar bekerja secara maksimal

Menggunakan Aplikasi Affiliate tentu saja akan menjadi solusi tepat di era digital marketing saat ini, dimana aplikasi sangat membantu klinik untuk memungkinkan memiliki banyak marketing freelance. Sistem akan membantu serta memudahkan manajemen setiap marketing freelance, mulai dari proses rekrutmen hingga pemberian upah.

Siapa saja yang mendapatkan informasi akan memungkinkan menjadi marketing dan terdata ke dalam sistem. Kemudian dia bisa memasarkan atau mempromosikan klinik anda ke banyak masyarakat. Semakin banyak yang bergabung tentu akan semakin banyak pula orang yang kenal dengan klinik anda. Sehingga akan semakin besar peluang klinik anda dipercaya oleh masyarakat. Hasil akhir yang diharapkan semakin banyak yang memasarkan otomatis akan membuat penjualan terus meningkat. Semakin tersebar luas informasi rumah sakit di mata masyarakat makan akan semakin banyak pula yang memilih klinik anda untuk solusi permasalahan kesehatan mereka.

  1. Manajemen Media Sosial

Selain dua metode di atas untuk lebih memaksimalkan dalam manajemen marketing, maka Garuda Cyber akan membantu dalam manajemen media sosial klinik anda.  Kita tahu bahwa kehadiran media sosial saat ini cukup memiliki pengaruh yang besar, dimana hampir semua orang di belahan dunia menggunakannya. Media sosial yang hadirpun beragam, sehingga media sosial bisa menjadi pilihan yang tepat dalam memasarkan klinik anda.

Digital marketing dan manajemen medsos klinik merupakan sebuah program layanan dalam produk smart medical Garuda Cyber yang membantu klinik untuk memasarkan jasa yang diberikan. Tujuan adanya ini adalah tidak lain untuk meningkatkan kualitas brand sehingga memperoleh income secara maksimal. Strategi yang digunakan oleh tim Garuda Cyber yaitu manajemen melalui : website, SEO. FB Ads, Instagram, dan design branding.

 

#GarudaCyber23Mei 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia