WhatsApp-Button
Manajemen Era Digital 4.0 Rumah Sakit Ala Pakar IT Garuda Cyber

Manajemen Era Digital 4.0 Rumah Sakit Ala Pakar IT Garuda Cyber

  2020-05-11 16:31:26     Ulti Desi Arni     Dibaca 51 kali

Berbicara mengenai manajemen ini bisa dikatakan sebuah permasalahan yang kerap kali terjadi dalam sebuah industri atau bisnis. Setiap periodenya orang selalu mencari solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan terkait manajemen ini. Manajemen yang mumpuni dan tepat akan berpengaruh terhadap lancar dan sukses sebuah bisnis, begitu pula halnya dalam rumah sakit.

Sebagai industri kerja yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan tentu rumah sakit memiliki banyak hal mesti dimanajemen secara baik. Mulai dari data pasien, rekam medis pasien hingga manajemen para staff yang dimilikinya. Jika manajemen ini tidak dilakukan secara maksimal tentu saja akan berdampak kepada operasional rumah sakit.

Kini teknologi terus saja berkembang dengan menawarkan banyak sekali kemudahan untuk membantu ragam aktivitas kerja. Tidak hanya membantu, teknologi juga bisa membuat suatu pekerjaan lebih cepat terselesaikan. Banyak saat ini industri kerja yang sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung aktivitas kerjanya, dan itu seharusnya juga menjadi hal yang mesti dipertimbang rumah sakit.

Cara manual dalam manajemen rumah sakit bukanlah solusi yang baik lagi saat ini. Dimana semua hal dituntut harus mampu menghasilkan informasi yang cepat dan tepat. Era digital 4.0 telah mengubah dunia keseharian, dimana sistem digitalisasi menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kualitas mutu dan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Dengan meningkatnya mutu dan pelayanan tentu akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan rumah sakit.

Banyak hal yang harus termanajemen secara baik dalam rumah sakit mulai dari manajemen pendaftaran pasien, para staff dan tenaga kerja, kedisplinan, keuangan, pergudangan, apotek, rekam medis pasien, hingga marketing yang tepat untuk bisa mencapai target dan bisa tetap eksis.

Di era serba digital saat ini, maka sudah selayaknya rumah sakit melakukan Manajemen Era Digital 4.0 Rumah Sakit Ala Pakar IT Garuda Cyber. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh Garuda Cyber dalam memberikan solusi terbaik permasalahan IT agar bisa eksis dan bertahan di kala tingginya tingkat persaingan yang ada.

Berikut teknologi digital rumah sakit yang ditawarkan oleh pakar IT Garuda Cyber Indonesia yang terdapat dalam produk unggulannya yaitu Smart Hospital :

Baca Juga : Jasa Buat Website Sekolah

Sistem Administrasi Pasien

Administrasi adalah bagian terpenting pada rumah sakit, dengan tertata baiknya administrasi pasien ini maka data pasienpun akan tersimpan dengan baik. Jika biasanya dalam pendaftaran pasien berobat dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran, dengan adanya sistem administrasi tentu saja semua itu tidak diperlukan lagi. Petugas administrasi menginputkan data pasien pada sistem yang bisa langsung terintegrasi nantinya dengan rekam medis sehingga tidak akan adanya redudancy data.

Tersimpannya data pasien dalam satu database yang sama untuk kebutuhan semua aktivitas rumah sakit tentu akan jauh lebih akurat hasilnya. Selain itu bagian administrasi juga tidak akan menyimpan tumpukan kertas formulir lagi, dan paling pentingnya pasien juga memungkinkan menginputkan data langsung ke dalam sistem ketika hendak berobat. Tertatanya informasi pendaftaran ini secara baik akan menjadi cerminan untuk lancarnya manajemen lainnya, seperti penggunaan data untuk rekam medis, cek labor dan hal lainnya.

Sistem Informasi Manajemen

Tidak hanya mengelola data pasien saja yang menjadi titik permasalahan dalam manajemen rumah sakit. Karena rumah sakit adalah industri kesehatan yang berskala besar tentu saja sekali tenaga medis dan staff yang ia miliki dan itu semua terdiri dari beberapa bidang kerja. Selain itu rumah sakit haruslah selalu buka selama 24 jam dalam memberikan pelayanan kesehatan, maka dokter, perawat atau tenaga lainnya yang berkerja tentu haruslah bergantian.

Tanpa adanya manajemen yang baik dalam hal ini tentu saja akan berdampak dalam kekacauan data atau hal lainnya. Rumah sakit dituntut harus menyimpan semua data karyawan yang ia miliki dan mengatur jadwal sebaik mungkin agar para petugas paham dengan tugasnya masing-masing. Selain itu, kedisplinan juga bagian penting harus dimanajemen sehingga rumah sakit bisa memberikan pelayanan terbaik untuk pasien yang berobat.

Menggunakan teknologi digital manajemen informasi rumah sakit tentu saja akan memanajemen setiap data dan aktivitas transaksi yang berkaitan dengan tenaga medis baik itu Dokter, bidan maupun perawat dan staff lainnya. Semua data tersimpan dan terkelola secara baik termasuk kehadiran, jadwal dokter, serta karyawan yang bertugas. Bahkan di dalam sistem ini juga akan memanjemen penggunaan ruangan secara baik sehingga semua informasi tersebut tersaji secara baik ketika dibutuhkan.

Selain itu, di dalam sistem ini tersedia pengajuan izin dan cuti secara mudah serta dapat langsung diajukan oleh tenaga medis atau staff yang hendak izin maupun cuti. Dengan adanya manajemen yang baik dalam aktivitas tenaga medis, dan staff tentu akan membantu sekali untuk rumah sakit dalam mengambil keputusan serta menetapkan kebijakan.

Aplikasi Keuangan

Dalam kelancaran operasional suatu organisasi termasuk rumah sakit tentu diperlukan manajemen keuangan yang baik dan tepat. Keuangan ini adalah bagian vital yang cukup sensistif keberadaannya dan membutuhkan ketelitian dalam pengelolaannya. Apabila terjadi kesalahan dalam hal ini tentu akan berdampak cukup besar sekali dalam keberlangsungan rumah sakit. Kita tahu bahwa banyak sekali aktivitas dan transaksi yang terjadi berkaitan dengan keuangan. Mulai dari proses pembayaran pasien berobat, pergudangan hingga penggajian.

Memanfaatkan aplikasi keuangan dari Garuda Cyber akan menjadi solusi tepat dalam permasalahan keuangan rumah sakit. Menggunakan aplikasi keuangan yang terintegrasi ini akan memberikan penghitungan dengan mudah dalam manajemen keuagan yang ada. Termanajemennya keuangan dengan baik maka rumah sakitpun bisa tetap eksis dan beroperasional sebagai mestinya di tengah perkembangan teknologi yang ada.

Aplikasi Rekam Medis

Rekam medis merupakan bagian yang penting dibutuhkan oleh dokter sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil tindakan medis. Pada rekam medis tersimpan data dokter disertai tanggal kunjungan, diagnosa, hingga tindakan apa yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kesehatan terkait keluhan pasien.

Sebagai rumah sakit yang profesional tentu rekam medis ini haruslah terkelola secara baik dan bisa dimanfaatkan nantinya dengan mudah pula. Ada kalanya pasien yang datang berobat namun dokter yang melakukan tindakan berbeda, sehingga dokter ini membutuhkan rekam medis pasien untuk bahan pertimbangannya. Ketika rekam medis ini tersimpan secara digitalisasi tentu akan sangat mudah sekali di akses ketika dibutuhkan. Selain itu, ruangan untuk penyimpanan rekam medis juga lebih mudah hanya dalam database saja. Berbeda halnya jika rekam medis ini masih menggunakan kertas dan cara manual, maka dibutuhkan ruangan khusus yang dipenuhi dengan tumpukan kertas ini. Selain itu, cara manual ini juga akan membutuhkan banyak waktu dalam proses pencarian.

Baca Juga : Alasan Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi Keuangan Akuntansi

Digital Marketing Affiliate

Tidak hanya mengontrol tim tetap yang ada pada rumah sakit saja, Garuda Cyber juga menawarkan aplikasi digital marketing dengan cara yang solutif untuk memanajemen marketing freelance. Dimana aplikasi ini akan memudahkan dalam pengelolaan dan manajemen marketing mulai dari perekrutan hingga pembayaran.

Cara kerja sistem affiliate ini secara digitalisasi dimana para freelance bisa membuat akun untuk mendaftarkan diri kemudian mendapatkan ID dan iapun dapat memasarkan dan melaporkan hasil penjualan melalui sistem ini. Pada aplikasi ini memungkinkan siapa saja bisa terdaftar dari manapun sehingga semakin banyak marketing yang dimiliki tentu akan semakin besar peluang rumah sakit anda dikenal oleh masyarakat.

Dalam proses manajemennya tentu saja akan mudah, sehingga semakin banyak yang memasarkan otomatis akan membuat penjualan terus meningkat. Semakin tersebar luas informasi rumah sakit di mata masyarakat makan akan semakin banyak pula yang memilih rumah sakit anda untuk solusi permasalahan kesehatan mereka.

Banyak keunggulan yang di dapatkan dalam aplikasi affiliate ini yaitu :

  1. Meningkatkan citra rumah sakit sehingga meningkatkan income.
  2. Melibatkan banyak orang menjadi marketing rumah sakit
  3. Aplikasi marketing ini proses manajemenya secara online
  4. Pimpinan bisa melihat aktivitas marketing dan target marketing
  5. Tidak hanya untuk marketing freelance namun ini juga memudahkan manajemen marketing tetap dimana ia terlebih dahulu diminta mengisi workplan harian pada pagi hari dan evaluasi report di sore hari
  6. Aplikasi terintegrasi dengan google map dan GPS, sehingga pimpinan bisa melihat perjalanan marketing
  7. Marketing freelance bisa mendaftar di aplikasi untuk bergabung
  8. Semua costumer berpeluang jadi marketing freelance dengan aplikasi ini

Aplikasi Marketing Sosial Media

Dalam memaksimalkan marketing atau promosi tentu saja tidak hanya dicukupkan dengan menghandalkan marketing saja. Rumah sakit haruslah memiliki terobosan atau strategi yang tepat agar bisa tetap eksis dan bertahan di tengah tingginya angka persaingan yang ada. Diantara strategi marketing yang bisa digunakan adalah memanfaatkan media sosial.

Saat ini banyak sekali media sosial yang hadir dan semua media sosial tersebut bisa dimanfaatkan sebagai strategi dalam marketing. Kita ketahui bahwa hampir seluruh orang di belahan dunia ini menggunakan yang namanya media sosial, baik itu untuk berkomunikasi atau mencari informasi. Keberadaan media sosial ini yang awalnya untuk perorangan kini telah mengalami pergeseran yakni banyak yang memanfaatkannya untuk memasarkan produk atau jasa mereka.

Dalam hal ini, Garuda Cyber akan membantu rumah sakit untuk meningkatkan brandingnya menggunakan media sosial secara tepat. Bantuan tim dalam menyediakan konten untuk dipublish dan ini adalah solusi tepat rumah sakit. Dimana software yang sudah dimuat ke dalam bentuk konten menarik lalu di post ke beragam media sosial sehingga menarik banyak customer. Termasuk dalam memarketingkan Software Affiliate ke sosial media yang akan meningkatkan jumlah tenaga pemasaran dan berdampak pada penjual hingga meningkatnya omset anda.

Ragam teknologi yang ditawarkan oleh pakar IT Garuda Cyber di era digital 4.0 saat ini, dan ini adalah solusi tepat untuk rumah sakit. Di era digitalisasi saat ini, teknologi informasi dan komunikasi adalah cara tepat sehingga harus digunakan oleh rumah sakit dalam peningkatan mutu dan kualitas pelayanan.

Sebagai industri yang bergerak dalam pelayanan kesehatan tentu maka dituntut mengikuti perkembangan teknologi yang ada supaya mampu bertahan di kala tingginya tingkat persaingan yang ada. Memudahkan dalam pemberian informasi ketika dibutuhkan dan pelayanan yang baik akan membuat citra rumah sakit lebih positif. Selain itu dengan teknologi maka rumah sakit lebih terkesan profesional baik penilaian oleh pihak internal maupun eksternal. Untuk itu maru bertransformasi dari cara konvensional dengan Go Digital di era Teknologi 4.0 ini bersama Smart Hospital Garuda Cyber adalah pilihan tepat.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia