WhatsApp-Button
Jual Software Aplikasi Apotek Klinik

Jual Software Aplikasi Apotek Klinik

  2020-05-06 16:13:53     Ulti Desi Arni     Dibaca 46 kali

Sebagai industri yang bergerak dalam pelayanan medis atau pelayanan kesehatan tentu saja klinik memiliki apotek sebagai wadah yang menyediakan kebutuhan obat pasien yang datang. Keberadaan apotek pada sebuah klinik ini tentu saja ditempati oleh apoteker yang sebelumnya sudah mengikrarkan sumpah jabatan. Pada apotek juga terjadi aktivitas farmasi mulai dari meracik, mencapur obat hingga menyerahkan obat kepada pasien berdasarkan resep yang diberikan oleh dokter.

Meskipun dalam aktivitas kerja apoteker pada apotek klinik ini tergantung dari peresepan dari dokter, tetap saja agar beroperasional secara baik dan maksimal dibutuhkan manajemen yang baik pula. Sehingganya dengan manajemen yang baik nantinya akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien yang datang. Memberikan pelayanan secara baik tentu akan membuat kesan positif dan meningkatkan citra klinik di mata masyarakat.

Mewujudkan pelayanan yang baik di era ini tidak bisa dilepaskan dari ikut sertanya teknologi informasi dalam manajemen apotek klinik ini. Dimana perkembangan teknologi informasi yang begitu pesatnya saat ini memungkinkan ragam kemudahan yang sangat nyata bisa dimanfaatkan oleh manusia. Tidak hanya itu saja, teknologi seakan merubah wajah dunia dimana membuat pekerjaan bias lebih instan di dalamnya.

Terlepas dari itu semua, di era modernisasai ini kebutuhan akan sebuah informasi yang bisa disajikan dengan cepat, tepat dan akurat menjadi sebuah keharusan untuk dipenuhi setiap bidang kerja begitu juga halnya dalam apotek klinik ini. Perkembangan teknologi informasi yang ada tentu sangat berdampak seakali pada kehidupan yaitu banyaknya yang memanfaatkan sistem terkomputerisasi. Tentu saja hal ini juga seiring dengan fungsi komputer yaitu sebagai alat untuk menyimpan dan mengumpulkan data, mengolahnya hingga bisa menyajikan data tersebut menjadi sebuah informasi.

Pemanfaatan komputer agar bisa berfungsi maksimal sesuai kebutuhan tentu juga didukung dengan adanya sistem informasi yang tepat pula di dalamnya. Bisa dikatakan keberadaan sistem informasi ini memiliki peranan yang cukup penting dalam operasional sebuah industri bisnis. Dimana bantuan sistem informasi nantinya akan memudahkan dalam pengambilan keputusan, tak ubah halnya dengan apotek klinik.

Baca Juga : Aplikasi Smart Medical, Teknologi Digital Solusi Meningkatkan Pelayanan Medis

Dimana apotek ini juga merupakan bidang yang membutuhkan sistem informasi mengolah data agar data tersebut mudah dikelola dan melancarkan kinerja dari apotek. Masih banyak kita temukan pada klinik bahwa pencatatan obat yang ada pada farmasinya masih menggunakan cara manual. Dimana data setiap transaksi yang terjadi di catat pada sebuah buku besar, di dalamnya dicatat data seperti obat yang sudah terjual, data pembelian obat kepada supplier, hingga pencatatan hutang piutang.

Menggunakan pencatatan manual seperti di atas tentu sangat tidak efektif dan menghambat aktivitas pekerjaan salah satunya dalam pembuatan laporan. Bagian apoteker harus mengecek terlebih dahulu satu per satu setia transaksi dan itu membutuhkan waktu cukup lama. Belum lagi aktivitas dalam membuat laporan terkait piutang dan stock obat tersedia kadang menggunakan cara manual itu masih rentan akan kesalahan.

Untuk itu mengatasi permasalahan sekaligus untuk meningkatkan pelayanan sebuah apotek klinik membutuhkan sistem informasi yang tepat dalam mengelola transaksi pembelian dan penjualan obat. Tidak itu saja sistem ini juga akan menyajikan informasi lengkap dan detail terkait penjualan obat hingga pembelian obat ke supplier. Selain itu juga akan memudahkan dan mendukung setiap aktivitas transaksi yang terjadi. Kita tahu keberadaan sistem informasi ini sangat membantu sekali dalam aktivitas dan pekerjaan kita. Dengan menggunakan sistem informasi terkomputerisasi maka laporan dan pekerjaanpun akan lebih dimudahkan

Banyak saat ini para pelaku start-up dan perusahaan IT berlomba-lomba dalam mengembang aplikasi untuk membantu layanan medis, diantaranya adalah Garuda Cyber yang menawarkan aplikasi Smart Medical. Di dalam smart medical terdapat banyak software dan sistem terintegrasi salah satunya adalah Software Aplikasi Apotek klinik.

Sebagai tujuan sistem ini untuk manajemen penjualan dan pembelian obat, aplikasi juga akan mendukung penghitungan stock obat secara otomatis serta akan mampu memberikan laporan lengkap sesuai kebutuhan seperti hutang piutang dan laporan lainnya.

Baca Juga : Alasan Pentingnya Sekolah Memiliki Website

Berikut beberapa hal yang bisa diproses oleh Aplikasi Apotek Klinik ini :

  1. Manajemen transaksi penjualan dan pembelian
  2. Detail penjualan dan pembelian
  3. Informasi stock obat
  4. Informasi supplier
  5. Informasi pembelian ke supplier
  6. Laporan hutang piutang
  7. Pengelompokan obat
  8. Perhitungan laba rugi
  9. Informasi saldo atau kas apotek
  10. Dan fitur lainnya sesuai kebutuhan klinik anda.

Dengan ragam fitur tersebut tentu saja tujuan sistem informasi atau aplikasi apotek ini tidak lain agar membantu karyawan apotek dalam memberikan laporan data yang dibutuhkan oleh pihak apotek dengan lebih cepat dan efektif sehingga dapat memudahkan pekerjaan karyawan apotek.

Di era digitalisasi saat ini, teknologi informasi merupakan solusi tepat yang mesti digunakan oleh klinik dalam meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan. Sebagai pelayanan kesehatan tentu harus dituntut mengikuti perkembangan teknologi yang ada agar bisa bertahan di kala tingginya tingkat persaingan yang ada saat ini. Memudahkan dalam pemberian informasi ketika dibutuhkan dan pelayanan yang baik akan membuat citra klinik lebih positif di mata masyarakat. Selain itu dengan teknologi maka klinik lebih terkesan profesional baik penilaian oleh pihak internal maupun eksternal. Untuk itu sudah saatnya klinik anda bertransformasi dari cara konvesional menjuju Go Digital di era Teknologi 4.0 ini bersama Smart Medical Garuda Cyber.

 

#GarudaCyber23Mei


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia