Jual Software Aplikasi Apotek Rumah Sakit

Kemajuan teknologi saat ini menawarkan banyak sekali kemudahan untuk hampir semua ruang lingkup bidang pekerjaan dan kehidupan. Hal ini membuat kebutuhan akan kehidupan juga menuntut untuk memperoleh dan mencari informasi serta melakukan pekerjaan dengan cepat. Sehingga mau tidak mau setiap orang harus bisa mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi tersebut karena kita rasakan duniapun serba cepat berkembang, dan jika tidak bisa mengikuti arus yang ada ditakutkan anda akan jauh tertinggal.

Kemajuan teknologi tersebut juga disertai dengan hadirnya perangkat atau alat canggih yang otomatis manusia harus mampu secara maksimal memanfaatkan alat tersebut. Kita bisa mengambil contoh sederhana yaitu hadirnya Smartphone atau Ponsel. Dulu sebelum adanya handphone orang kesulitan dalam berkomunikasi, kemudian hadirnya handphone membantu mendekatkan orang jarak jauh. Nah, kini kehadiran Smartphone ternyata tidak sebatas media komunikasi saja. Dimana dalam satu genggaman tersebut orang bisa menjelajahi seluruh dunia dengan mudah bahkan banyak hal bisa dilakukan dengan yang namanya Smartphone tersebut.

Begitu halnya dengan komputer yang terus mengalami perkembangan, dimana tidak hanya untuk mengetik saja namun komputer juga bisa mengolah data dengan mudah berbekal sebuah aplikasi atau program yang dirancang untuk memudahkan pekerjaan tertentu.

Di era digitalisasi saat ini, dimana banyak sekali sistem terkomputerisasi yang terus berkembang. Sehingga adanya komputerisasi tentu membuat banyak pelaku bisnis beralih dari cara manual menuju digital dalam membantu jalannya bisnis mereka. Kita bisa lihat bahwa dalam mengolah transaksi pada tokopun kini memanfaatkan yang namanya teknologi informasi.

Karena dalam dunia bisnis dituntut untuk memiliki sistem yang menghasilkan informasi dengan cepat dan akurat. Apalagi dalam dunia bisnis yang berskala besar, dengan adanya sistem informasi tepat dan terkomputerisasi tentu akan memudahkan dalam penataan terlebih lagi instansi rumah Sakit. Sebagai industri kerja dalam bidang pelayanan kesehatan tentu banyak sekali transaksi dan aktivitas yang terjadi di Rumah Sakit. Mulai dari proses pendaftaran, rekam medis, cek laboratorium hingga pengambilan obat yang berkaitan dengan apotek.

Baca Juga : Aplikasi Penggajian Sekolah Smart School

Pada apotek rumah sakit ini tentu saja tidak hanya berfokus pada perhitungan penjualan, atau hal sederhana. Namun, ada juga aktivitas lainnya seperti memastikan ketersediaan stock obat hingga pembayaran. Tentu saja jenis pemberian resep atau kategori dalam pemberian obat ini disesuaikan dengan resep dokter kemudian obat keluar juga terdapat beberapa jalur seperti pasien rawat jalan, Igd, rawat inap dan hal lainnya. Semua ini haruslah dicatat secara baik untuk menghasilkan laporan yang tepat dan tepat nantinya.

Secara sederhana berikut beberapa aktivitas yang ada di Apotek Rumah Sakit :

Pengelolaan Resep Pasien

Rawat Jalan

  1. Pasien akan membawa resep dari dokter menuju farmasi
  2. Pasien mengantri obat yang akan diberikan
  3. Petugas menyiapkan obat berdasarkan resep racikan / non racikan
  4. Jika obat telah selesai, petugas mencetak E-Tiket dan Faktur Penjualan Resep.
  5. Petugas memanggil pasien, lalu mengedukasi penggunaan obat kepada pasien
  6. Pasien mendapatkan obat dan pulang.

Rawat Inap

  1. Perawat akan membawa resep pasien rawat inap ke farmasi
  2. Petugas farmasi menyiapkan obat dan menyerahkan ke perawat
  3. Petugas melakukan pencatatan pengeluaran obat dan alat kesehatan yang diberikan kepada pasien.

Pasien Bebas

  1. Pasien bebas menuju farmasi
  2. Menunjukkan resep atau meminta obat tertentu
  3. Petugas menyiapkan obat yang diinginkan
  4. Petugas memberikan Faktur penjualan kepada pasien bebas
  5. Pasien diminta untuk melakukan pembayaran ke kasir
  6. Setelah selesai pembayaran, pasien membawa kwitansi ke farmasi
  7. Farmasi memberikan edukasi terkait penggunaan obat dan alat kesehatan

Baca Juga : Aplikasi Paper Office dan Archieve Sekolah Smart School

Itulah beberapa rangkaian aktivitas yang terjadi pada apotek rumah sakit terkait dalam pengelolaan resep dan pemberian obat. Dalam pendataan tersebut apabila dilakukan manual tentu akan banyak sekali kemungkinan permasalahan terjadi, baik itu kesalahan dalam pencatatan atau hal lainnya. Belum lagi nanti akan ada permasalahan retur resep dan semua haruslah dicatat dan diolah dengan cepat dan tepat untuk mendapatkan laporan yang baik.

Permasalahan atau kendala cara manual tentu saja akan bisa dihilangkan paling tidak bisa diminimalisir dengan penggunaan teknologi yang tepat seperti Software Aplikasi Apotek Rumah Sakit dari Garuda Cyber. Pada aplikasi ini akan memudahkan dalam transaksi yang terjadi pada apotek bahkan sistem terintegrasi langsung dengan kasir. Sehingga bagan apotek tidak perlu membuat nota tulisan lagi untuk tagihan pembayaran, kasir mendapatkan langsung informasi tercatat apa saja obat dan pelayanan kesehatan yang sudah di dapatkan oleh sang pasien.

Menggunakan teknologi terkomputerisasi dalam aktivitas Rumah sakit termasuk pada bagian apotek maka setiap transaksi yang terjadi akan tercatat secara baik dan maksimal. Dengan adanya pengolahan dan manajemen data yang baik tentu, akan menghasilkan laporan yang baik pula. Kita sama-sama tahu bahwa sebuah laporan yang baik akan menjadi salah satu faktor pendukung dalam pengambilan keputusan demi perkembangan dan majunya rumah sakit.

Hadirnya teknologi dan sistem digitalisasi saat ini mau tidak mau harus menuntut rumah sakit mampu memanfaatkannya secara maksimal. Hal itu tidak hanya untuk bisa bertahan di tengah padatnya persaingan yang ada, tapi juga meningkatkan citra dan mendapatkan kesan profesional di mata para pasien yang datang. Sebagai bidang pelayanan kesehatan tentu saja memberikan pelayanan terbaik, cepat dan tepat adalah prioritas utama harus di perhatikan rumah sakit untuk meningkatkan kredibilitasnya. Langkah tepat adalah Go Digital menggunakan sistem Smart Hospital dari Garuda Cyber.

 

#GarudaCyber23April

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...