Jual Software Aplikasi Farmasi Rumah Sakit

Saat ini berkembangnya teknologi informasi yang ada memberikan banyak sekali kemudahan bahkan berbagai sektor industri dan bidang pekerjaan memanfaatkannya. Dimana dengan teknologi tersebut mereka bisa lebih efektif, efesien dan inovatif dalam memberikan pelayanan serta melakukan aktivitas kerjanya. Salah satu sektor industri yang harusnya bisa merasakan langsung manfaat hadirnya teknologi ini adalah industri kesehatan seperti Rumah sakit dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pasiennya.

Sebagai institusi yang memberikan pelayanan kesehatan, tentu sudah seharusnya rumah sakit ikut andil dalam memanfaatkan teknologi informasi seperti menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit secara digital. Salah satu sistem digitalisasi yang erat kaitannya dengan pelayanan adalah proses pada Farmasi atau pengambilan obat.

Tanpa adanya sistem informasi atau hanya menghandalkan manual proses tentu saja rangkaian aktivitas terjadi cukup panjang dan banyak kemungkinan kesalahan terjadi. Dampaknya pasien akan memberikan penilaian buruk terkait pelayanan yang diberikan. Secara sederhana, tindakan yang sering dialami pada Farmasi rumah sakit adalah sebagai berikut :

Setelah pasien mendapatkan resep dari dokter, maka ia akan memberikan resep tersebut ke bagian administrasi farmasi. Bagian farmasi yang menerima resep akan mencari obat sesuai resep di rak-rak obat yang tersedia, dan itu membutuhkan waktu lama. Apabila obat tidak tersedia maka ia akan memanggil pihak gudang atau mendatangi gudang untuk mendapati obat tersebut.

Ketika obat yang ada pada resep sudah dipastikan lengkap barulah diberikan kepada pasien. Setelah itu, obat tersebut dicatat pada buku besar sebagai tanda bahwa sudah keluar dari stock obat yang ada. Pencatatan ini dilakukan setiap haru sesuai dengan resep dari dokter, tujuan adanya catatan ini tidak lain untuk pembuatan laporan nantinya.

Kurang lebih itulah cara manual yang sering terjadi pada bagian Farmasi rumah sakit, dan tentu saja itu membuat pasien sangat lama menunggu. Selain itu pekerjaan bagian farmasi juga tidak maksimal dan efektif. Bisa saja ada kemungkinan kesalahan terjadi seperti kelupaan dalam mencatat, kesalahan dalam perhitungan ketika membuat laporan. Sehingga ketika hendak membuat laporan ini harus memastikan dengan teliti dengan mengecek satu persatu data yang ada berdasarkan resep. Tentu ini membutuhkan banyak waktu di dalam prosesnya.

Baca Juga : Jual aplikasi keuangan Sekolah di Pekanbaru

Untuk itu sebagai industri yang bergerak dalam bidang pelayanan medis, tentu saja harus mengutamakan pelayanan maka sudah sepatutnya beralih menggunakan Software Aplikasi Farmasi Rumah Sakit dalam mengatasi permasalahan terkait kinerja instalasi Farmasi ini.

Sebagai perusahaan IT sekaligus konsultan IT, Garuda Cyber hadir memberikan solusi untuk membantu dalam membangun Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ini dengan produk unggulan mereka yaitu Smart Hospital. Di dalam Smart Hospital ini terdapat banyak sekali sistem atau aplikasi yang menjadi solusi tepat untuk rumah sakit, salah satunya menghadirkan Software Aplikasi Farmasi Rumah Sakit ini.

Berikut beberapa fitur dan alur kerja yang ditawarkan oleh Garuda Cyber dalam Software Aplikasi Farmasi Rumah Sakitnya :

Pengelolaan Resep Pasien

Pada menu ini, dimana dokter dan bagian farmasi bisa mengakses sistem secara langsung. Sebagai dokter mengirimkan informasi resep terkait pasien, sedangkan bagian farmasi akan meng-accept ketika pasien atau petugas menyerahkan print-out dari dokter.

  1. Pasien Rawat Jalan
  • Sebelumnya dokter sudah mengirim resep melalui sistem atau aplikasi ke bagian farmasi dan Pasien akan membawa resep printout tersebut menuju farmasi
  • Pasien menyerahkan resep ke bagian farmasi dan menunggu petugas menyiapkan obat.
  • Setelah obat siap, maka petugas mencetak E-Tiket dan Faktur Penjualan Resep melalui aplikasi
  • Petugas memanggil pasien, lalu mengedukasi penggunaan obat kepada pasien
  • Pasien mendapatkan obat dan pulang. 
  1. Rawat Inap
  • Perawat akan membawa resep pasien rawat inap ke farmasi
  • Petugas farmasi menyiapkan obat dan menyerahkan ke perawat
  • Petugas melakukan pencatatan pengeluaran obat dan alat kesehatan yang diberikan kepada pasien langsung melalui sistem sehingga stock akan berubah otomatis
  1. Pasien Bebas
  • Pasien bebas menuju farmasi
  • Menunjukkan resep atau meminta obat tertentu
  • Petugas menyiapkan obat yang diinginkan
  • Petugas memberikan Faktur penjualan kepada pasien bebas
  • Pasien diminta untuk melakukan pembayaran ke kasir
  • Setelah selesai pembayaran, pasien membawa kwitansi ke farmasi
  • Farmasi memberikan edukasi terkait penggunaan obat dan alat kesehatan.
  • Pasien selesai.

Retur Resep

Selain pengelolaan resep, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas retur resep dengan mudah, sehingga pencatatan terkait obat keluar, masuk dari gudang, masuk dari retur terekam secara baik. Dalam proses retur ada beberapa langkah yaitu :

  • Pasien membawa bukti bayar (Kwitansi) dan faktur penjualan resep ke farmasi
  • Pasien memberikan obat dan yang akan direktur
  • Petugas menerima obat dengan catatan kondisi masih layak retur
  • Petugas membuat data retur
  • Petugas memberikan bukti retur kepada pasien
  • Pasien membawa bukti retur kepada kasir
  • Kasir melakukan pembayaran retur terhadap pasien.
  • Pasien menerima pembayaran dan proses selesai.

Baca Juga : Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan di Akhir Bulan / Tahun

Persediaan

Tidak hanya memudahkan pasien dalam mendapatkan obat dan proses retur, sistem ini tentu saja juga akan memudahkan bagian farmasi mengelola ketersediaan obat. Memastikan obat tetap tersedia, jika habis akan muncul warning kemudian bisa langsung mengambil tindakan meminta gudang untuk mengantarkan yang tentu saja pengajuannya sesuai standar aturan. Disini disediakan form untuk penyediaan atau pengadaan obat dan perlengkapan kesehatan lainnya. Selain itu juga tersedia expire date, sehingga obat yang memang mendekati expired bisa lebih diambil tindakan secara cepat.

Laporan Lengkap

Paling penting dari Software Aplikasi Farmasi Rumah Sakit ini menyediakan laporan lengkap, baik itu laporan penjualan dan laporan persediaan. Sehingga dengan adanya laporan yang tepat dan mudah di dapatkan akan memudahkan rumah sakit dalam mengambil keputusan untuk kemajuan di masa akan datang. Laporan ini tentu bisa diakses oleh pimpinan dan pihak yang memang memiliki wewenang.

Begitu banyak fitur yang disediakan dalam Software Aplikasi Farmasi Rumah Sakit ini, sudah saatnya rumah sakit anda juga mengambil bagian menerapkan sistem digitalisasi dalam meningkatkan pelayanan. Sebagai rumah sakit zaman now, pelayanan yang baik dan terus meningkat tentu tidak terlepas dari peran teknologi yang digunakan salah satunya menerapkan Software Aplikasi Farmasi Rumah Sakit dari Garuda Cyber.

 

#GarudaCyber23April

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...