Jual Software Aplikasi HRM Rumah Sakit

Sebagai industri yang bergerak dalam bidang medis terutama pelayanan kesehatan, tentu saja banyak sekali tenaga kerja yang berperan di dalam sebuah Rumah Sakit. Sebagai pelayanan kesehatan, rumah sakit memiliki banyak dokter dengan berbagai keahlian begitu juga dengan jumlah perawat yang tidak sedikit. Selain itu, juga ada tenaga atau staff yang berada pada bagian administrasi, petugas kebersihan, bagian dapur dan tenaga kerja lainnya.

Dalam menghandle setiap tenaga kerja yang ada tersebut membutuhkan manajemen yang baik, baik dari segi data, aktivitas kerja, kehadiran, penggajian dan lainnya. Dallam manajemen dan mengontrol semua tentu dibutuhkan staff Human Resource Management (HRM) di dalamnya. Dimana HRM inilah nantinya yang akan melakukan kontrol terkait kinerja, evaluasi, memproses izin dan cuti hingga penggajian.

Sebagai sektor industri pelayanan kesehatan, Rumah sakit tentu tidak bisa jika hanya dimanajemen dengan cara sederhana. Penting sekali bagi rumah sakit memiliki HR yang profesional dan mumpuni dalam pekerjaanya, karena HR ini bisa dikatakan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengontrol semua aktivitas yang ada. Sebagai HR ia akan memanajemen semua tenaga yang terlibat alam operasional rumah sakit serta memastikan semuanya berjalan sebagai mana harusnya. HR juga penentu bagusnya kualitas sebuah rumah sakit.

Beban kerja manajemen HRM ini tidak sedikit karena dia memiliki ruang lingkup kerja luas, dan seluruh bidang berada dalam pengawasannya. Jika HRM pada sebuah rumah sakit tidak baik, maka akan berdampak buruk pulalah pada operasional lain di dalam lingkungan tersebut.

Besarnya ruang lingkup rumah sakit, ditambah setiap bagian tentu harus termanajemen secara baik. Biasanya yang tercatat dalam aktivitas pantauan HRM ini adalah :

  1. Mengecek kehadiran tenaga kerja baik itu dokter, perawat, staff atau tim lainnya.
  2. Memastikan perlengkapan dan kebutuhan kerja.
  3. Mengecek setiap bagian terkait ruang lingkup aktivitas
  4. Memproses pengajuan izin dan cuti
  5. Memeriksa setiap pekerjaan dan melakukan evaluasi
  6. Melihat potensi setiap tenaga kerja yang dimiliki
  7. Memberikan pelatihan sesuai bidang tenaga yang ada
  8. Melaporkan segala aktivitas kepada pimpinan dalam bentuk laporan.
  9. Dan banyak aktivitas lainnya.

Baca Juga : Aplikasi Akuntansi dan Keuangan Rumah Sakit

Mengingat begitu banyaknya peran dan tugas dalam HRM ini, maka mereka yang dipercaya tentulah orang benar-benar profesional serta terampil dalam bidang ini. Selain itu, selaku HR ia juga harus tegas dalam mengambil keputusan dan bijak dalam menghadapi kendala serta tidak memihak dalam memberikan sanksi pelanggaran.

Meskipun banyak tenaga HR profesional yang dimiliki rumah sakit, tetap saja itu belum bisa bekerja maksimal di tengah teknologi yang serba canggih hari ini. Cara manual tentu saja dianggap tidak mumpuni dan tertinggal dalam banyak hal. Ada saja kemungkinan error atau kesalahan dalam HRM jika menghandalkan manual sistem. Seperti tidak tercatatnya secara detail terkait kehadiran, adanya manipulasi data atau kemungkinan lainnya.

Terlebih lagi pelayanan medis, yang begitu sibuk sekali aktivitas terjadi di rumah sakit setiap harinya. Dengan puluhan pasien yang terus bergantian, tentu saja sulit mengontrol atau mengendali hal manajemen ini. Seperti kita bahas sebelumnya, bahwa banyak pihak yang terlibat dalam aktivitas di rumah sakit bahasa sederhananya banyak tenaga kerja. Dalam memastikan apakah semua pihak yang ada benar-benar telah bekerja sebagaimana mestinya tidak cukup hanya evaluasi manual saja. Rumah sakit harusnya lebih mengedepankan informasi cepat dan tepat ketika dibutuhkan yaitu beranjak dari manual sistem ke sistem digitalisasi.

Saat ini kita berada di zaman dimana semua informasi dibuka dengan mudah, kita bisa mengakses dan mendapatkan hampir semua kebutuhan dengan mudah. Melihat kondisi ini tentu saja harus menjadi pertimbangan besar bagi rumah sakit dalam persoalan HRM ini. Terlebih lagi teknologi saat ini sulit sekali dipisahkan dalam kehidupan.

Permasalahan manajemen data ini sebenarnya bukan hal yang barus, dimana setiap periodenya banyak orang berusaha untuk mendapatkan solusi tepat. Hadirnya teknologi yang ada juga membuat para start-up dan software house berlomba-lomba berinovasi dengan menciptakan produk untuk membantu dalam pelayanan kesehatan ini. Salah satu perusahaan IT yang juga turut mengembangkannya adalah Garuda Cyber dengan produk unggulan mereka yaitu Smart Hospital.

Di dalam Smart Hospital ini terdapat banyak aplikasi atau sistem yang saling terintegrasi salah satunya adalah Software Aplikasi HRM Rumah Sakit. Dimana di dalam software ini sangat bagus sekali untuk mendukung semua pekerjaan atau aktivitas berkaitan dengan HRM rumah sakit hingga bisa terkendali secara maksimal dan baik. Selain itu pekerjaan HRM juga bisa jauh lebih efektif dan efesien, karena semua tersistem dan digitalisasi

Software Aplikasi HRM Rumah Sakit yang ditawarkan oleh Garuda Cyber ini menyediakan beberapa fitur unggulan yang memudahkan dalam kebutuhan HRM rumah sakit. Berikut beberapa fitur yang tersedia :

Baca Juga : Aplikasi Tera dan Tera Ulang Metrologi Disperindagsar

  1. strong>Absensi Karyawan

Pencatatan absensi karyawan (timesheet) bisa dilakukan oleh operator, berupa QR Code, fingerprint, dan lainnya yang bersifat online dan mudah

  1. Daily Activity

Pencatatan detail pekerjaan harian yang dilakukan oleh masing-masing karyawan, staff medis, dokter, dan tenaga lainnya.

  • Pencatatan dapat dikategorikan sesuai dengan project yang dikerjakan oleh karyawan. Daily Activity hanya dapat diisi pada hari yang sama dan tidak dapat dilakukan perubahan dan penghapusan catatan daily activity hari
  • Format dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rumah sakit
  • Daily Activity dapat ditarik laporan yang dapat dilihat oleh pimpinan rumah sakit dengan format disesuaikan dengan kondisi dan permintaan rumah sakit
  1. Pengajuan Izin & Cuti

Proses pengajuan izin dan cuti yang dilakukan karyawan lengkap dengan pilihan karyawan pengganti.

  1. Penjadwalan

Menampilkan jadwal dokter praktek dan penggunaan ruangan.

Itulah beberapa fitur yang tersedia, dan fitur tersebut mengingat kebutuhan setiap rumah sakit berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan setiap kebutuhan rumah sakit. Tentu saja menggunakan Software Aplikasi HRM Rumah Sakit dari Garuda Cyber ini menawarkan banyak sekali kemudahan dan keunggulan. Terlebih lagi di era digital saat ini, sudah saatnya rumah sakit juga beralih menggunakan teknologi dan Go Digital bersama Garuda Cyber.

 

#GarudaCyber23April

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...