Jual Software Aplikasi Pendaftaran Online Rumah Sakit

Rumah sakit merupakan industri kerja yang bergerak dalam bidang pengobatan, penyembuhan dan pelayanan terkait pasien yang sakit. Sebagai bidang kerja yang bergerak dalam kesehatan tentu saja pelayanan adalah poin penting mesti diperhatikan. Sadar atau tidak sadar, pelayanan sangat mempengaruhi sekali keselamatan pasien. Dimana jika sebuah pelayanan pada rumah sakit lamban dan buruk, akan berefek pada jiwa atau nyawa pasien yang ada. Seperti pelayanan di bagian administrasi yang lama sementara sanga pasien sudah tidak sanggup menahan rasa sakit dan bisa saja membuat ia harus kehilangan nyawa sebelum sempat diberi tindakan.

Tidak hanya itu saja, pelayanan buruk juga akan membuat sang pasien semakin parah rasa sakitnya, karena merasa tidak puas terkait pelayanan. Bayangkan saja, mereka harus antri di bagian administrasi berjam-jam lama tentu membuat mereka jenuh dan lelah. Perlu diketahui, administrasi ini juga merupakan bagian dari pelayanan.

Rumah sakit adalah pusat medis yang berskala besar, dimana pasien yang datang lebih banyak jika dibandingkan dengan klinik. Setiap pasien yang datang berobat, konsultasi atau mendapatkan pelayanan medis tentu harus melewati proses administrasi terlebih dahulu. Pada pendaftaran ini terbagi menjadi dua bagian yaitu pasien yang sudah pernah berobat atau pasien baru.

Alur proses yang terjadi ketika di bagian administrasi menggunakan manual adalah :

  1. Pasien atau wali datang mengambil nomor antrian untuk ke bagian administrasi
  2. Setelah mendapatkan nomor antrian, maka selanjutnya menunggu nomor antrian di panggil
  3. Ketika nomor antrian di panggil bagian pendaftaran untuk pasien baru akan diminta melengkapi data diri disertai KTP, KK dan identitas pendukung lainnya. Sedangkan pasien lama memberikan Id berobat yang sudah terdaftar sebelumnya dan memperbaharui data.
  4. Setelah itu, maka petugas akan mencetak data untuk diberikan ke petugas poli atau bagian yang dituju.
  5. Itu baru proses pada pendaftaran tahap awal, belum mendaftar ke pelayanan di tuju. Data diri yang diberikan oleh petugas pada administrasi di awal diserahkan ke bagian pelayanan yang kita tuju kemudian kembali menunggu antrian.

Baca Juga : Sistem Administrasi Pasien Rumah Sakit

Tidak hanya berhenti disitu, proses pendaftaran ini masih memiliki alur lainnya yaitu informasi terkait pembayaran yang digunakan. Pembayaran ini bisa saja berupa cash dana pribadi atau menggunakan asuransi kesehatan. Jika pasien menggunakan dana pribadi biasanya itu tidak terlalu rumit karena bisa langsung diberikan pelayanan, namun jika menggunakan asuransi harus melengkapi persyaratan untuk claim asuransi tersebut. Semua data yang dikumpulkan ketika proses administrasi ini bisa dikatakan sangat penting, sehingga jika hanya berupa berkas dan tumpukan kertas tentu akan sangat rentan hilang atau rusak.

Selain rentan akan kehilangan atau kerusakan, kemungkinan lainnya adalah tercampurnya dengan data pasien lainnya. Kemudian rumah sakit juga harus menyediakan ruangan yang besar untuk menyimpanan map-map dokumen tersebut. Tentu saja jumlah map akan bertambah setiap harinya, terlebih banyak transaksi pasien terjadi.

Itu mungkin hanya sebagian kecil dari masalah yang ada pada rumah sakit terkait pendaftaran secara manual. Kemungkinan akan ada masalah atau kendala lainnya yang memperlambat dan memperburuk pelayanan sehingga citra rumah sakitpun akan dipertimbangkan di mata masyarakat. Namun, itu semua tidak akan terjadi jika memanfaatkan teknologi digitalisasi dalam setiap proses yang ada.

Dimana saat ini kita bukan lagi berada di era semua sulit dilakukan, kini teknologi hadir menjadi solusi hampir untuk seluruh permasalahan kehidupan. Banyak industri kerja memanfaatkan sistem digitalisasi dalam mendukung pekerjaan mereka. Dimana sebuah pekerjaan yang biasanya membutuhkan waktu lama bisa diringkas dengan adanya teknologi digital, termasuk dalam pelayanan medis.

Kini banyak sekali pelaku start-up dan software house mengembangkan aplikasi memudahkan pelayanan medis, salah satunya adalah Garuda Cyber dengan produk Smart Hospital mereka. Di dalam produk ini terdapat beberapa sistem terintegrasi salah satunya adalah Software Aplikasi Pendaftaran Online Rumah Sakit. Aplikasi ini digunakan untuk registrasi data pasien, manajemen data pasien sekaligus pendaftaran perawatan pasien. Dimana fungsi aplikasi ini memungkinkan pasien agar tidak berlama-lama antri di Rumah sakit. Pasien dapat melakukan pendaftaran secara online.

Baca Juga : Strategi yang Efektif dalam Online Marketing untuk Brand

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini :

  • Pendaftaran

Pasien melakukan pendaftaran di sistem, menunggu verifikator admin dan mendapat nomor antrean kemudian datang ke rumah sakit sesuai jadwal yang diverifikasi pihak rumah sakit.

  • Registrasi

Fitur ini digunakan untuk manajemen registrasi data pasien. Admin menginput data pasien secara lengkap.

  • Rawat Jalan

Fitur ini digunakan untuk manajemen pendataan administrasi dan layanan di instalasi rawat jalan

  • Rawat Inap

Fitur ini digunakan untuk manajemen pendataan administrasi dan layanan di instalasi rawat inap.

  • Manajemen Data Pasien

Fitur yg digunakan untuk manajemen penyimpanan data pasien. Mengurangi double data dan kehilangan data

  • Cek Awal

Akan dilakukan pengecekan awal fisik oleh perawat / petugas terdepan sebelum diarahkan kepada dokter yg akan dituju.

Itulah beberapa fitur yang terdapat dalam Software aplikasi pendaftaran online rumah sakit, fitur di atas hanya sebagian saja dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap rumah sakit. Untuk rumah sakit anda yang sedang membutuhkan Jual Software aplikasi pendaftaran online rumah sakit, maka Garuda Cyber adalah pilihan tepat.

Garuda Cyber adalah perusahaan Development Software sekaligus konsultan IT yang siap menjadi mitra terbaik anda dengan produk unggulannya Smart Hospital. Tidak hanya aplikasi pendaftaran saja, di dalam Smart Hospital ini terdapat banyak sekali aplikasi yang saling terintegrasi dan tentu saja adalah jawaban untuk kebutuhan setiap rumah sakit.

Sebagai pelayanan medis tentu saja Rumah Sakit anda harus memperhatikan pelayanan dengan memberikan pelayanan terbaik, cepat dan tepat. Dengan begitu rumah sakit anda akan tetap kokoh dan terus berkembang di tengah kemajuan teknologi. Sistem digitalisasi di era Teknologi 4.0 ini adalah solusi tepat. Sudah saatnya anda beralih ke Go Digital bersama Smart Hospital dari Garuda Cyber.

 

#GarudaCyber23April

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...