WhatsApp-Button
Jual Software Aplikasi Keuangan Rumah Sakit

Jual Software Aplikasi Keuangan Rumah Sakit

  2020-04-17 16:35:51     Ulti Desi Arni     Dibaca 152 kali

Dalam industri apapun, keuangan ini haruslah menjadi perhatian khusus karena keuangan ini adalah faktor penting dalam menjalankan sebuah organisasi. Termasuk juga dalam menjalankan rumah sakit, manajemen keuangan disini cukup vital karena banyaknya aktivitas transaksi yang terjadi. Dalam pengelolaan keuangan ini, tentu saja rumah sakit harus menerapkan standar akuntansi di dalamnya, sehingga menghasilkan laporan keuangan yang tepat.

Aktivitas yang terjadi dalam rumah sakit tentu sangat banyak, itu semua juga diiringi dengan transaksi yang banyak pula. Setiap transaksi ada yang berkaitan dengan bagian keuangan, seperti pembayaran dan bagian administrasi. Sehingga dalam hal ini penting sekali rumah sakit memanajemen keuangannya secara baik.

Bukan hal mudah dalam memanajemen keuangan Industri kesehatan seperti rumah sakit ini, pasalnya aktivitasnya cukup besar. Keuangan yang dibahas tidak hanya terkait transaksi pasien saja dengan pembayaran tunai, namun juga ada yang menggunakan pembayaran melalui asuransi kesehatan. Belum lagi nanti perhitungan pengeluaran seperti penggajian, pembelian barang dan pengadaan alat medis. Menimbang hal tersebut tentu saja membutuhkan ketelitian di dalamnya.

Manajemen yang kurang dalam finance ini tentu saja akan menimbulkan dampak yang buruk terhadap operasional rumah sakit. Bisa saja rumah sakit mengalami pembengkakan dalam pengeluaran yang tidak seimbang dengan khas masuk. Atau perhitungan transaksi tidak balance dan kemungkinan terburuk lainnya terjadi. Sehingga pihak rumah sakit harus memiliki akuntan dalam hal ini, dimana nantinya akuntan inilah yang akan membuat laporan, pembukuan, pembuatan jurnal, perhitungan khas dan hal lainnya terkait keuangan.

Menggunakan jasa akuntan saja di zaman yang modern ini belum cukup, meskipun ia adalah akuntan handal dan profesional sekalipun. Karena masih ada kemungkinan kesalahan dalam proses ini dan itu membuat akuntan harus mengecek berulang kali terkait manajemen keuangan ini. Cara manual ini selain membutuhkan waktu lama, juga akan memakan banyak biaya seperti penggunaan kertas yang banyak serta sumber daya manusia yang banyak pula. Padahal sumber daya manusia tersebut bisa saja melakukan aktivitas lainnya jika proses ini bisa diproses secara cepat dan tepat.

Baca Juga : Aplikasi Kelulusan dan Alumni Sekolah Smart School

Ketika kita berada di zaman serba instan saat ini, tentu saja cara manual akan membuat rumah sakit anda banyak ketinggalan dari teknologi. Sementara persaingan yang ada di lapangan semakin harinya terus meningkat, untuk itu penting sekali rumah sakit mengganti cara konvensional ke cara digital dalam pengelolaannya salah satunya dalam manajemen keuangan ini.

Aplikasi keuangan saat ini sebenarnya bukanlah suatu hal yang asing lagi, banyak sekali para perusahaan IT dan software house berlomba-lomba menciptakan software akuntansi keuangan. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang development IT dan cukup diperhitungkan adalah Garuda Cyber, dimana ia turut berkontribusi dalam membangun Software Aplikasi Keuangan Rumah sakit.

Software yang ditawarkan oleh Garuda Cyber ini sangat memiliki banyak keunggulan dan fitur di dalamnya sehingga bisa menjadi solusi tepat permasalahan dalam membantu akuntan bekerja. Aplikasi ini dibagi menjadi dua pengelolaan yaitu Akuntansi dan Keuangan yang disertai beberapa fitur yaitu :

Bagian Akuntansi

Bagian ini berfungsi membantu akuntan dalam memproses perhitungan sesuai standar dan kebutuhan akuntasi, dimana di dalamnya tersedia :

  1. Jurnal Umum

Jurnal umum berfungsi untuk pembuatan jurnal pada setiap transaksi, dimana nantinya jurnal ini akan diterbitkan namun sebelumnya melalui tahap verifikasi kemudian akan menghasilkan laporan keuangan

  1. Buku Besar

Pada menu buku besar akan menampilkan setiap transaksi yang terjadi di akun (COA), dimana di dalam buku besar ini merupakan laporan yang diambil dari data jurnal yang sudah di posting sebelumnya. Di dalamnya berisi nama transaksi, deskripsi, jumlah transaksi (debit/kredit), saldo awal dan saldo akhir akun

  1. Laba Rugi

Setelah pembuatan laporan keuangan maka laba rugi ini akan ditampilkan atau bisa dilihat. Dimana ini disajikan dalam bentuk pohon terstruktur dan setiap akun terlibat akan menjelaskan terkait saldo awal, saldo akhir dan saldo saat ini.

  1. Neraca

Sama halnya dengan Laba rugi, Neraca dapat diproses dan jurnal dengan Akun, Aktiva, Kewajiban dan Modal, fungsi neraca adalah untuk memantau saldo kas, hutang dan piutang serta modal saat ini. Laporan neraca digunakan untuk memastikan setiap akun seimbang jika ingin melihat rincian per akun maka kita dapat melihat laporan buku besar.

Baca Juga : Aplikasi Evaluasi Online Sekolah Smart School

  1. Arus Kas

Laporan arus kas bisa dilihat pada aktiva, dimana arus kas ini menampilkan pergerakan kas yang ada.

  1. Aset

Bagian asset pada akuntansi memiliki peran untuk melakukan audit dan penyusutan

Bagian Keuangan

Pada bagian keuangan ada dua jenis akun yakninya Account Payble dan Account Receivable.

Account Payble

Fitur-fitur yang terdapat pada akun ini diantaranya :

  • Tukar Faktur yang berkaitan dengan supplier dan gudang
  • Pembayaran Cheque / Giro
  • Pengajuan Pembayaran Hutang Supplier
  • Pembayaran Hutang Supplier
  • Pembuatan Jasa Medis Dokter untuk merekam jejak jasa medis yang dilakukan dokter selama periode tertentu disertai dengan pengelompokan apakah ditangani melalui pembiayaan langsung atau asuransi dan lainnya
  • Pembayaran Jasa Medis Dokter.

Account Receivable

Fitur pada akun ini adalah :

  • Penerimaan Piutang Karyawan / Dokter
  • Pembuatan Tagihan Piutang ( Manual Jurnal AR )
  • Penerimaan Piutang Lainnya ( Manual Jurnal AR )
  • Pembuatan Claim Asuransi/Perusahaan Pasien
  • Penerimaan Pembayaran Claim Asuransi/Perusahaan

Itulah beberapa fitur yang ditawarkan oleh Garuda Cyber di dalam Aplikasi Keuangan Rumah Sakit ini. Ini adalah solusi cerdas dan tepat mesti dilakukan agar perhitungan terkait keuangan rumah sakit bisa diproses dengan mudah sesuai standar akuntansi. Hasil akhirnya mampu menampilkan laporan akurat secara realtime.

Kita tahu bahwa Sistem informasi terbukti telah memberikan banyak sekali kemudahan untuk ragam aspek bidang kerja. Teknologi yang hadir membantu pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah dan dalam manajemen rumah sakit terutama keuangan tentu saja sudah seharusnya memanfaatkan teknologi di dalamnya.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia