WhatsApp-Button
Jual Software Aplikasi Rekam Medis Rumah Sakit

Jual Software Aplikasi Rekam Medis Rumah Sakit

  2020-04-17 16:33:04     Ulti Desi Arni     Dibaca 131 kali

Pelayanan kesehatan adalah bidang kerja atau instansi yang bergerak dalam tindak medis dibentuk berdasarkan perorangan atau bersama-sama dalam sebuah organisasi. Tujuan dari keberadaan kesehatan ini untuk meningkatkan kesehatan, mencegah serta menyembuhkan penyakit masyarakat.

Sebagai bidang usaha atau kerja yang berkaitan dengan kesehatan tentu saja harus memikirkan yang namanya pelayanan. Pelayanan dalam dunia medis sangat besar pengaruhnya dan memang harus menjadi perhatian khusus. Setiap saat sering dengan perkembangan zaman maka pelayanan kesehatan juga harus mengalami peningkatan.

Dalam dunia medis atau kesehatan tentu saja ada yang namanya rekam medis terkait pasien yang datang berkunjung, baik itu sekedar rawat jalan, konsultasi hingga rawat inap. Rekam medis ini merupakan sebuah berkas dimana isinya berupa dokumen atau catatan terkait pasien. Isi rekam medis itu terdiri dari identitas, pengobatan yang dituju, pemeriksaan, dokter yang menangani, tindakan serta pelayanan apa saja yang sudah dilalui oleh pasien.

Secara umum medical record ini berisi informasi pasien, sehingga akan bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan jika pasien kembali melakukan kunjungan berobat. Berdasarkan rekam medis inilah dokter bisa menganalisa terkait kunjungan selanjutnya dan melakukan tindakan apa yang seharusnya. Untuk itu penting sekali bagi pelayanan kesehatan memperhatikan terkait pencatatan atau perekaman jejak medis ini, serta memastikan pasien dan dokter bertindak mengisi data secara akurat.

Pentingnya keberadaan medical record ini dibuktikan karena bisa saja satu pasien tidak hanya ditangani oleh satu dokter, bisa saja ia melakukan kunjungan untuk keluhan lainnya. Menggunakan medical record ini bisa menjadi pedoman untuk dokter selanjutnya dalam mendiagnosa sehingga kesalahan diagnosa bisa terminimalisir.

Sebagaimana kita tahu bahwa medical record ini cukup penting bagi rumah sakit, sehingga rumah sakit memang harus memperhatikan dengan baik serta menjadikan ini fokus utama dalam pengelolaannya. Dibandingkan dengan klinik tentu saja rumah sakit memiliki ruang lingkup lebih luas, dimana banyak sekali pasien berobat dengan tujuan berbeda, sehingga petugas rekam medis akan kewalahan dalam hal ini.

Baca Juga : Kelola Tim Marketing Perusahaan dengan Aplikasi Tracking Marketing

Selain itu, banyaknya poli yang menjadi tujuan di rumah sakit memungkinkan bahwa pasien yang sama bisa saja mendatangi poli berbeda. Sehingga terkait riwayat pengobatan pesien inipun ada banyak namun tetap harus disimpan dalam satu file rekam medis. Nah, ketika rumah sakit menggunakan cara manual untuk ini, membutuhkan alur panjang di dalamnya. Dimana suster atau petugas medical record harus memberikan dulu catatan terkait pasien ke dokter tujuan.

Penggunaan kertas untuk mencatat riwayat kunjungan pasien tentu saja ini sangat tidak efektif serta sangat rentan akan kerusakan, kehilangan atau permasalahan lainnya. Tidak hanya itu saja, menggunakan kertas ini tentu saja membutuhkan space atau tempat untuk menyimpan dokumen sehingga ruangan dibutuhkan lebih banyak. Semakin banyak data rekam medis pasien, semakin banyak pula butuh tempat. Selain itu ketika ada pasien datang kunjungan membutuhkan waktu mencari data terkait pasien tersebut.

Bisa kita bayangkan sebagaimana panjangnya alur yang terjadi dalam proses rekam medis ini jika tetap bertahan dengan cara manual. Di ere modern saat ini dimana teknologi sistem informasi hampir bisa dimanfaatkan oleh semua aspek atau bidang kerja termasuk juga di pelayanan kesehatan ini.

Dengan adanya penggunaan sistem informasi yang tepat tentu akan mendukung semua aktivitas transaksi pada rumah sakit dalam meningkatkan pelayanan, efesien dan efektivitas kerja. Cepatnya sebuah informasi diperoleh tentu saja akan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga citra rumah sakit di mata masyarakat atau pasienpun akan meningkat.

Sistem informasi yang hadir menunjang dalam pencatatan rekam medis ini adalah Software Aplikasi Rekam Medis Rumah Sakit dari Garuda Cyber. Menggunakan aplikasi ini tentu saja akan memudahkan semua pihak yang terlibat ketika memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang datang. Mulai dari bagian pendaftaran hingga ke bagian farmasi.

Ketika datang ke rumah sakit, bagian pendaftaran langsung memproses data berdasarkan ID pasien kemudian data digital akan di transfer sebagai kunjungan ke unit tujuan atau pelayanan mana yang akan di tuju. Kemudian sang dokter yang bertugas tidak perlu memegang kertas rekam medis pasien lagi, karena bisa langsung di akses dari PC ruangannya. Jika ada pembuatan resep juga bisa langsung dikirim ke bagian farmasi.

Sangat simple dan memudahkan sekali para pihak rumah sakit ketika menggunakan aplikasi Rekan Medis dari Garuda Cyber ini. Berikut beberap fitur dan alur proses yang terjadi dengan aplikasi ini :

Baca Juga : Aplikasi Rapor Online Sekolah Smart School

Ekspedisi Rekam Medis

  1. Sistem ini terintegrasi dengan pendaftaran, dimana pada awal pendaftaran pasien terbagi dua bagian yaitu apakah pasien lama atau baru. Jika pasien lama, maka bagian pendaftaran mencari rekam medis atau file yang tersimpan sesuai dengan identitas pasien yang akan berkunjung. Jika pasien baru maka akan membuat form baru.
  2. Petugas di bagian rekam medis akan mencatat buku ekspedisi, file rekam medis tersebut akan dikirim ke layanan yang dituju.
  3. Bagian petugas di poli tujuan akan mendapatkan informasi terkait pasien yang akan berobat dan dokter bisa langsung mengakses file rekam medis sang pasien dan memasukan informasi baru terkait pengobatan, diagmosa dan tindakan lainnya yang dilakukan terhadap pasien

Laporan Internal

  1. Petugas Rekam medis dituntut untuk memberikan laporan berupa rekapitulasi / sensus harian / mingguan / bulanan / tahunan untuk pasien rawat inap, IGD dan rawat jalan, menggunakan sistem ini semua akan lebih dimudahkan
  2. Aplikasi menyediakan fitur pembuatan laporan BOR (Bed Occupacy rate) / persentasi penggunaan tempat tidur secara mudah oleh petugas.

Laporan External

Terkait rekam medis ini, petugas harus melakukan pelaporan ke dinas kesehatan dalam periode tertentu mulai dari setiap bulannya, per tiga bulan atau enam bulan hingga per tahun. Nah, aplikasi ini mendukung pembuatan laporan tersebut dengan mudah sehingga ketika dibutuhkan petugas medis bisa langsung mencetak semua file yang akan dilaporkan degan mudah.

Review Rekam Medis

Petugas juga bisa melakukan review dengan mudah serta bisa melakukan analisa terhadap terhadap file yang ada kemudian memastikan semua data tercatat secara baik. Setelah itu, hasil reviewnya bisa diserahkan ke bagian komite medik.

Begitu banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Software Rekam Medis dari Garuda Cyber ini, dan sudah saatnya rumah sakit anda beralih mempercayakan kebutuhan IT anda bersama Garuda Cyber. Produk Medical Record ini adalah salah satu aplikasi yang terdapat dalam sistem terintegrasi produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart Medical.

Sebagai bidang kerja atau industri yang bergerak dalam kesehatan tentu saja harus mampu mengutamakan pelayanan, memberikan informasi secara cepat dan tepat untuk kebutuhan dalam pelayanan kepada pasien. Untuk di era digitalisasi ini teknologi dan sistem informasi Rekam Medis dari Garuda Cyber adalah solusi tepat dalam manajemen rumah sakit secara baik serta mampu meningkatkan pelayanan dan kualitas.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia