Jual Aplikasi Absensi Online Perusahaan Berbasis QR-Code

Absensi ini erat sekali kaitannya dengan kehadiran, dimana dalam sebuah perusahaan kehadiran tentu saja penting sekali dimanajemen. Kehadiran yang tepat dan lengkap akan mempengaruhi kinerja serta kualitas kerja. Berhasilnya sebuah perusahaan bertahan tentu turut andil dari para pegawai mereka miliki disiplin dalam bekerja, termasuk juga dalam kehadiran.

Sebagai perusahaan yang baik dan berkembang tentu saja harus memiliki standar operasional (SOP) terkait kehadiran ini. Dimana SOP tersebut dibuat agar dipatuhi oleh semua warga di lingkungan kerja perusahaan. Sehingga kredibilitas sebuah perusahaan tetap bisa terjaga dan tidak di pandang sebelah mata baik oleh pihak internal maupun eksternal.

Disiplinnya kehadiran seorang pegawai ditandai dengan hadir secara tepat waktu dan pulang sesuai jam telah ditetapkan, dan tidak boleh pulang sebelum jam pulang. Untuk memastikan semua hal tersebut tentu saja dibutuhkan pendataan terkait kehadiran, dan jika ada yang melanggar aturan bisa saja perusahaan membuat kebijakan seperti pemotongan gaji atau konsekuensi lainnya.

Kebanyakan cara manual yang diterapkan oleh perusahaan dalam absensi ini adalah menyediakan lembaran kertas di atasnya sudah tertulis nama, kemudahan pegawai dapat mengisi jam datang kemudin paraf begitu juga ketika jam pulang. Memang cara ini cukup bisa membatu dalam mendata kehadiran, hanya saja ini sedikit rentan terlebih rentan akan kecurangan. Bisa saja ada pegawai tidak jujur mengisi tidak sesuai sehingga kemungkinan ini tentu saja cukup memberikan dampak buruk kepada yang lainnya.

Tidak cukup hanya dari kemungkinan ada kecurangan, cara manual ini juga menyulitkan dalam pembuatan laporan. Dimana bagian HR harus merekap semua absensi secara manual dan dibentuk ke dalam laporan. Jika karyawan yang dalam jumlah sedikit mungkin ini bukanlah persoalan besar, beda jika sudah skala besar dengan karyawan puluhan bahkan ratusan orang tentu saja akan ada kendala dalam memanajemennya semuanya.

HR akan kesulitan dalam merekap kehadiran karyawan satu per satu tiap bulannya. Kemudian kehadiran tersebut berkaitan erat dalam proses penggajian, dan harus dihitung secara detail agar tidak ada yang dirugikan. Hal tersebut menekankan bahwa cara manual bukanlah langkah tepat bagi perusahaan dalam mendata kehadiran para pekerja.

Baca Juga : Pentingnya Tracer Study bagi Perguruan Tinggi

Melihat teknologi yang ada saat ini terus saja berkembang dan semakin canggih, kemudian menawarkan banyak sekali kemudahan maka sudah saatnya dalam sebuah industri beralih dari cara manual ke sistem digitalisasi. Banyak sekali teknologi yang bisa dimanfaatkan dalam industri kerja, salah satunya adalah proses presensi ini yaitu secara online.

Menggunakan presensi secara online akan meminimalisir namanya kecurangan, salah satu teknologi absensi online yang hadir adalah dengan scan QR-Code. Aplikasi Absensi Online Berbasis QR-Code adalah salah satu produk dari Garuda Cyber, dimana pengguna harus menginstal aplikasi berbasis android di smartphone masing-masing. Perlu diingat masing-masing ponsel hanya bisa mendata satu pengguna sehingga jika ada karyawan tidak hadir atau terlambat tidak akan bisa meminta karyawan lain melakukan absen menggunakan ID mereka.

Dengan cara ini tentu saja banyak sekali kemudahan yang akan dirasakan, terlebih lagi proses absensi bisa mendukung jarak jauh jika sewaktu-waktu di butuhkan. Meskipun jarak jauh bukan berarti pegawai bisa telat datang ke kantor namun melakukan absensi dari rumah tepar waktu. Aplikasi ini mencatat GPS atau mentracking setiap yang melakukan absen, sehingga titik koordinat akan diketahui dan kecurangan bisa terminimalisir.

Aplikasi Absensi Online Perusahaan Berbasis QR-Code ini tentu saja memiliki segudang manfaat, dan perusahaan anda akan dapat merasakan semua manfaat tersebut. Paling penting tidak ada lagi cara manual terkait absensi ini, serta bisa mengikuti terus perkembangan teknologi.

Secara garis besar ini beberapa manfaat dalam penggunaan aplikasi Absensi Online ini, diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan efesiensi dan akurasi

Semua kehadiran pegawai akan tercatat dan tersimpan secara baik di dalam sistem jika menggunakan software ini. Selain itu tingkat akurasi lebih tinggi ketimbang manual terkait kehadiran juga bisa lebih dipertanggung jawabkan, karena peluang untuk melakukan kecurangan hampir tidak bisa dilakukan. Ketika pimpinan membutuhkan laporan juga bisa lebih cepat, efektif dan efesien di dapatkan. Tentu saja akan menguntungkan semua pihak yang terlibat.

  1. Dapat membuat keputusan strategis

Kehadiran setiap pegawai akan terpantau secara baik karena proses pencatat dilakukan secara realtime setiap harinya. Dengan mudahnya dalam memperoleh data, sehingga HR bisa melihat kehadiran setiap karyawan dengan mudah dan cepat. Tentu saja kemudahan ini akan membantu sekali untuk perusahaan dalam membuat keputusan. Seperti menindak lanjuti dengan cepat setiap ada karyawan yang terlalu banyak terlambat atau mencari pengganti jika ada yang mengajukan cuti. Bisa dikatakan absensi online sangat membantu sekali dalam peggambilan keputusan secara baik dan strategis.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Keamanan Siber untuk Perusahaan

  1. Dapat memantau karyawan sering absen

Pada aplikasi akan ditampilkan secara detail terkait data kehadiran karyawan, disana akan terlihat siapa saja pegawai yang jarang masuk, sering terlambat, disiplin dan akan cuti. Sehingga selaku pimpinan bisa kapan saja dan dimana saja memperoleh laporannya, karena data tersimpan secara realtime. Seperti sudah dijelaskan, jika ada karyawan sering bolos maka perusahaan bisa dengan mudah mengambil tindakan yang tepat agar tidak merugikan satu pihak saja. Karyawanpun juga bisa mengevaluasi sendiri kehadirannya karena pada aplikasi mereka juga ditampilkan grafik kehadiran, jam terlambat dan informasi penting lainnya.

  1. Menciptakan lingkungan kerja yang produktif

Hadirnya absensi online ini tentu saja fungsi utamanya adalah memudahkan dalam pendataan terkait presensi. Jika biasanya membutuhkan banyak waktu dalam merekap kehadiran kini bisa dilakukan dengan cepat. Nah, sikap tegas terhadap kehadiran ini mau tidak mau menuntut semua warga di lingkungan kerja alias semua pegawai harus mematuhi SOP yang ada. Sehingga kedisiplinanpun bisa diwujudkan, dan lingkungan serta suasana kantor bisa lebih produktif ketimbang tidak adanya aturan dalam kehadiran ini.

  1. Aplikasi Absensi Online Terintegrasi

Manfaat lainnya dari penggunaan software ini adalah terintegrasi dengan aplikasi lain yang terdaftar dalam Smart Company. Sehingga ketika perusahaan anda beralih menggunakan smart company tentu saja akan mendukung perusahaan menjadi Go Digital. Semua data setiap unit akan saling terintegrasi dan tersimpan dalam satu database sehingga memudahkan dalam memperolehnya ketika dibutuhkan.

Itulah beberapa kelebihan dan manfaat dari sistem absensi secara online ini, terlebih lagi absensi ini hanya bermodalkan smartphone pengguna sehingga sangat mendukung sekali digunakan di era digitalisasi saat ini.

Semua kelebihan dan manfaat tersebut tentu saja bisa anda dapatkan dengan mudah ketika memutuskan beralih menggunakan software absensi dari Garuda Cyber ini. Sebagai perusahaan IT atau software development tentu saja Garuda Cyber sudah berpengalaman dalam manajamen perusahaan, untuk itu hadirlah Smart Company ini sebagai solusi setiap permasalahan di kantor anda.

Sudah saatnya anda meninggalkan cara manual dan beralih ke sistem digitalisasi dalam membantu semua aktivitas di kantor anda. Teknologi saat ini sudah banyak menawarkan kemudahan, dan mengikuti kemajuan teknologi adalah salah satu upaya agar bisa tetap eksis dan bertahan di tengah banyaknya persaingan. Menggunakan aplikasi online dari Garuda Cyber ini tanpa sadar kredibilitas dari perusahaan akan meningkat, karena tidak lagi di pandang enteng baik oleh pihak internal maupun eksternal.

 

#GarudaCyber23April

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...