WhatsApp-Button
Jual Software Aplikasi HRM Perusahaan

Jual Software Aplikasi HRM Perusahaan

  2020-04-15 16:30:41     Ulti Desi Arni     Dibaca 90 kali

Dalam manajemen sebuah perusahaan agar beroperasional sebagai mana mestinya, tentu saja para karyawan dan semua aktivitas yang ada haruslah termanajemen secara baik. Sehingga perusahaan harus memiliki tim yang memanajemen semua tersebut yaitu seorang HR (Human Resource). Aktivitas manajemen tenaga kerja (sumber daya) yang dilakukan HR ini disebut dengan HRM yaitu kepanjangan dari Human Resource Management.

Minimal untuk sebuah perusahaan berskala kecil harus memiliki satu orang HR, dimana ia akan bertugas dalam membantu atau mensuport agar perusahaan bisa maju dan terus berkembang. Tentu saja HR ini mempunyai peran cukup penting pada sebuah perusahaan dimana ia akan mendukung dan mengontrol seluruh aktivitas yang terjadi di perusahaan. Ia juga akan memanajemen setiap yang terlibat dalam operasional sehingga perusahaan bisa tetap terus beroperasional sebagai mana mestinya. Selain itu perannya HR ini juga turut dalam penentuan kualitas dan kinerja perusahaan.

Sehingga menjadi seorang HR ini akan mengemban banyak sekali ruang lingkup pekerjaan. Bisa dikatakan semua bidang pekerjaan yang ada haruslah ia manajemen dan pastikan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tugas HR ini cukup banyak, karena ia adalah poin penting sukses perusahaan. Ia bertugas mulai dari proses perekrutan karyawan, proses seleksi, memastikan kehadiran setiap pekerja, meng-approve pengajuan izin dan cuti sehingga jika ada karyawan yang cuti dengan waktu yang cukup lama ia harus mampu menentukan langkah apa mesti dilakukan agar pekerjaan karyawan yang cuti tidak terbengkalai. Selain itu ia juga berkaitan dengan penggajian, pengadaan perlengkapan kerja, membentuk tim kerja dan banyak tugas lainnya.

Tidak cukup disitu saja, ia juga mempunyai tugas sebagai pengawas terhadap kinerja karyawan lainnya. Memastikan setiap karyawan melakukan tugas sesuai deadline, memberikan reward kepada yang berprestasi serta merekomendasikan kenaikan jabatan atau pun gaji sesuai kriteria yang ditetapkan. Selain itu, ia juga harus memberikan laporan terkait perkembangan segala hal yang terjadi di perusahaan. Sehingga HR ini adalah jalan tengah antara pimpinan dan karyawan atau penyambung komunikasi serta inti dari seluruh kegiatan perusahaan.

Baca Juga : Jual Sistem Perpustakaan Sekolah di Pekanbaru

Jika kita amati, tugas HR ini cukup banyak maka orang yang mengisi posisi ini haruslah benar-benar memiliki kemampuan yang terampil serta profesional di dalam bidangnya. Meski diketahui, seterampil apapun seorang HR tentu saja tidak aka terlepas dari namanya kesalahan dalam penggerjaannya. Terlebih lagi mengingat begitu banyak sekali hal mesti ia lakukan, dengan cara manual tidak menutup kemungkinan adanya human error atau persoalan lainnya.

Kita bisa mengambil contoh sederhananya yaitu terkait kenaikan jabatan atau rekrut karyawan. Dalam hal ini tidak menutup kemungkinan sebagai manusia ia menaikan jabatan seseorang atau menerima karyawan karena faktur cenderung. Seperti karena hubungan yang dekat atau hal lainnya. Belum lagi kesalahan lainnya seperti perhitungan gaji yang tidak pas.

Bagi beberapa perusahaan kecil bisa saja ini tidak terlalu berpengaruh terhadap aktivitas perusahaan, namun lain halnya jika bisnis menengah ke atas. Dimana pekerjaan harus bisa terselesaikan dalam waktu cepat agar bisa tetap bersaing dengan lainnya.

Jumlah karyawan yang dimiliki oleh perusahaan tentu saja tidak sedikit, karena ada beberapa bidang atau skill yang dibutuhkan agar bisa beroperasional. Sehingga untuk memastikan dan memanajemen setiap aktivitas mereka bukanlah hal mudah jika hanya menghandalkan cara manual. HR tidak akan bisa menghandel secara maksimal, terlebih saat ini kita berada di zaman serba instan.

Dimana teknologi terus mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga menawarkan banyak sekali kemudahan untuk hampir seluruh aspek kehidupan kita. Bisa dikatakan, kebutuhan akan teknologi di zaman ini tidak bisa kita lepaskan, terbukti hampir semua kita menggunakannya salah satunya yaitu smartphone. Dengan smartphone memudahkan kita dalam berkomunikasi, bahkan untuk melihat wajahpun, kinipun lebih mudah.

Begitu juga dalam bidang industri, dimana banyak sekali perusahaan-perusahaan IT atau software house berlomba-lomba dalam menciptakan sistem digitalisasi atau software yang memudahkan pekerjaan. Diantara sekian banyak software tengah dikembangkan adalah Aplikasi HRM Perusahaan dari Garuda Cyber.

Aplikasi HRM Perusahaan ini adalah software yang mendukung untuk segala aktivitas atau pekerjaan HRM sehingga semua bisa termanajemen secara baik. Menggunakan software ini tentu saja pekerjaan dalam HRM bisa jauh lebih efektif dan efisien. Mengingat besarnya peran teknologi saat ini sudah selayaknya setiap perusahaan beralih menggunakan software ini, terutama untuk bisnis anda yang berskala besar.

Software Aplikasi HRM perusahaan yang ditawarkan oleh Garuda Cyber ini merupakan bagian dari produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart Company. Sesuai namanya, Smart Company mewujudkan company anda untuk maju dan berkembang secara cerdas. Di dalamnya terdapat banyak sekali aplikasi saling terintegrasi dan semuanya mendukung kemudahan dalam operasional perusahaan.

Banyak fitur tersedia dalam Software HRM ini, diantara fitur-fitur tersebut adalah :

  1. Absensi Online Qr-Code bisa jarak jauh

Tersedianya fasilitas absensi online baik itu menggunakan QR-Code. Dengan absensi online tentu saja memudahkan dalam proses presensi, cukup menginstal aplikasi di dalam ponsel karyawan maka absensi dapat dengan mudah dilakukan. Selain itu, proses absensi ini juga bisa dilakukan secara jarak jauh sehingga cocok sekali untuk anda yang memiliki karyawan yang bekerja di lapangan.

  1. Input Daily activity Workplan

Setelah melakukan absensi, aplikasi juga menyediakan fitur inputan daily activity atau workplan yaitu apa saja planing terkait aktivitas yang akan dilakukan dalam satu hari kerja. penginputan workplan ini hanya bisa dilakukan pada hari yang sama, sehingga jika ada pegawai yang tidak menginputkan bisa dianggap tidak melakukan pekerjaan apapun. Sehingga kantor bisa saja membuat kebijakan tanpa adanya workplan maka akan dilakukan pemotongan gaji. Tentu saja penginputan ini tidak sekedar begitu saja, juga diiringi dengan bukti fisik.

Dengan fitur workplan ini tentu saja akan memudahkan HR perusahaan dan pimpinan dalam mengontrol aktivitas setiap karyawan. Disana akan terlihat apa saja yang mereka lakukan dan seberapa besar progress atau perkembangannya.

Baca Juga : Tips dalam Pengelolaan Manajemen Aset Perusahaan

  1. Evaluasi Kinerja

Dengan adanya penginputan daily activity atau workplan tersebut tentu saja memudahkan dalam mengevaluasi kinerja setiap pegawai. Berdasarkan laporan yang mereka lakukan akan terlihat mana pegawai berpotensi bagus dan kurang. Begitu juga akan terlihat mana mereka bekerja sesuai deadline dan tidak. Apabila perusahaan menerapkan sistem reward tentu saja akan mudah sekali, dan paling penting HR tidak harus mendatangi satu per satu karyawan dalam evaluasi ini.

  1. Terintegrasi dengan GPS

Aplikasi ini terintegrasi langsung dengan GPS sehingga memudahkan dalam memantau dimana pegawai ketika melakukan absensi. Bahkan jika dia beraktivitas di luar kantor juga akan terdeteksi keberadaannya terhitung ketika ia mulai melakukan absensi masuk hingga absensi pulang. Sehingga, jika anda mempunyai tim marketing atau pegawai yang bekerja di luar maka akan sangat cocok sekali untuk memanajemen mereka.

  1. Terintegrasi dengan Penggajian

Fitur lainnya yang disediakan oleh aplikasi ini adalah terintegrasi dengan penggajian sehingga memudahkan HR memproses gaji. Ketika adanya pekerjaan tidak sesuai deadline atau kehadiran bermasalah maka di pengajian bisa otomatis menghitung potongan. Selain itu pegawai bisa melihat selip gajinya langsung melalui ponsel lengkap dengan rincian atau secara detail ditampilkan tanpa harus menunggu print out dari HR.

  1. Manajemen Data

Fitur selanjutnya adalah manajemen data dengan mudah, seperti penginputan data identitas, foto, ktp dan data lainnya. Karyawan bisa dengan mudah melakukan pengeditan terkait datanya secara sendiri sehingga tidak harus melaporkan HR dan menunggunya memperbaharui. Semua data akan tersimpan secara baik dan mudah dikelola. Ketika membutuhkan sebuah data tidak sulit dalam pencarian. Termasuk juga disini tersedia pengajuan izin dan cuti secara mandiri.

  1. Perhitungan Jam Terlambat

Karena aplikasi terintegrasi dengan absensi maka karyawan dapat melihat sendiri laporan jam terlambat mereka, termasuk jumlah kehadiran dan izin. Sehingga mereka bisa memperkirakan dengan sendiri kenapa gajinya mengalami pemotongan, dimana sistem menampilkan semua secara detail.

  1. Laporan Lengkap

Paling peting dari semua fitur di atas adalah software menyediakan laporan yang sangat lengkap. Sehingga pimpinan bisa dengan mudah mengakses semua laporan yang dibutuhkan. Baik laporan aktivitas karyawan, evaluasi kinerja, kehadiran, dan laporan lainnya. Laporan juga bisa disajikan sesuai tanggal, berdasarkan karyawan atau secara keseluruhan.

Banyak fitur lainnya yang disediakan oleh Software Aplikasi HRM Perusahaan dari Garuda Cyber ini, paling penting semua fitur bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Tentu banyak sekali manfaat yang akan didapatkan menggunakan software ini. di antara beberapa manfaat tersebut adalah :

  1. Pengelolaan HRM Lengkap dan Efisien

Aktivitas yang berkaitan dengan manajemen perusahaan atau HRM tentu saja lebih efesien, selain itu terdata secara lengkap. Semua data dan setiap aktivitas berjalan terekam secara baik sehingga ketika proses pencarian jauh lebih cepat dan efesien.

  1. Pelayanan Mandiri

Seperti yang sudah dijelaskan pada fitur-fitur bahwa aplikasi juga bisa di akses oleh pegawai sesuai hak aksesnya. Sehingga ia bisa melihat data sendiri, melakukan pengeditan terkait datanya. Kemudian karyawan menginputkan sendiri semua aktivitasnya dilengkapi dengan bukti fisik. Ketika hendak izin atau cuti juga bisa mengajukan secara langsung melalui aplikasi, sehingga cara ini cukup menghemat waktu dan bisa bertindak secara cepat dalam manajemen terkait kerja atau aktivitas karyawan

  1. Proses Pelaporan dan Pencarian Cepat

Aplikasi yang dilengkapi dengan fitur laporan dan pencarian tentu saja akan memudahkan ketika pimpinan hendak melihat laporan terkait perusahaannya. Selain itu fitur pencarian memudahkan dalam mencari sebuah data yang sewaktu-waktu dibutuhkan.

  1. Aplikasi Terintegrasi

Keunggulan utama aplikasi ini adalah terintegrasi dengan semua sistem yang ada di dalam smart company baik itu absensi, pengajian dan sistem lainnya.

Itulah ragam fitur serta manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan anda jika beralih dari cara konvensional ke sistem digitalisasi dengan menggunakan Software Aplikasi HRM dari Garuda Cyber. Tentu saja di era digital saat ini cara konvensional akan sulit membuta bisnis anda bisa bertahan dan bersaing. Sudah saatnya sebagai perusahaan zaman now memberikan ragam kemudahan baik itu dalam memperoleh informasi, aktivitas kerja dan pelayanan untuk semua yang terlibat. Tingkatkan kualitas usaha anda dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi di era digital 4.0 ini dengan Go Digital bersama Garuda Cyber.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia