WhatsApp-Button
Administrasi Perusahaan Mudah Meskipun Bekerja di Rumah Aja dengan Smart Company

Administrasi Perusahaan Mudah Meskipun Bekerja di Rumah Aja dengan Smart Company

  2020-04-13 16:29:55     Ulti Desi Arni     Dibaca 82 kali

Suasa bekerja dari rumah masih menjadi pilihan yang tepat untuk saat ini, melihat kondisi dimana pasien yang positif dinyatakan terinfeksi virus corona atau covid 19 ini semakin hari semakin meningkat. Namun, itu juga diiringi dengan adanya pasien yang sembuh. Meskipun demikian, pemerintah tetap menghimbau serta menekankan untuk seluruh rakyat memaksimalkan berdiam diri di dalam rumah jika tidak ada kepentingan mendesak dengan harapan mata rantai penyebaran virus ini bisa segera berakhir.

Libur sekolahpun diperpanjang, beberapa bisnis terlihat harus tutup karena tidak adanya transaksi dan beberapa industri atau perusahaan mau tidak mau juga harus memperpanjang aktivitas bekerja dari rumah. Memang sulit menghandle pekerjaan dari rumah, terutama bagi pihak perusahaan ada beberapa hal menjadi kekhawatiran mereka terutama terkait administrasi karyawannya.

Dimana administrasi ini berkaitan dengan laporan kinerja atau aktivitas harian selama di rumah. Tentu saja menjadi sebuah permasalahan dalam mengontrol pekerjaan setiap karyawan ini, untuk memastikan mereka benar-benar mengerjakan tugas sesuai deadline di rumah tersebut tentu saja tidak mudah. Ketika bekerja di kantor yang bisa mengecek setiap progress mereka saja itu sudah cukup menyulitkan, apalagi mempercayakan mereka bekerja di rumah tanpa ada senjata dalam meremote aktivitas mereka.

Saat ini perusahaan tidak mempunyai pilihan selain membiarkan karyawan tetap harus bekerja dari rumah, dari pada tidak bekerja sama sekali yang mengakibatkan tidak beroperasionalnya perusahaan. Untuk itu dalam menghadapi persoalan ini, sudah seharusnya setiap perusahaan menggunakan teknologi tepat dalam memanajamen kinerja setiap karyawannya. Berbekal dengan teknologi tepat ini maka seluruh administrasi perusahaan termasuk dengan rutinitas dan aktivitas pekerja terekam secara baik sehingga lebih mudah untuk di evaluasi setiap harinya.

Terus berkembangnya teknologi yang ada saat ini sebenarnya tidak menjadi persoalan dalam memilih konsep Work From Home (WFH),asalkan teknologi yang diterapkan dalam mengontrol adalah teknologi tepat seperti penggunaan Aplikasi HRM ada Administrasi Perusahaan yang tepat.

Baca Juga : Aplikasi CAT (Computer Assisted Test) Online Sekolah Smart School

Kita tahu bahwa administrasi ini adalah persoalan yang cukup rumit dalam perusahaan, dimana karyawan harus melaporkan hasil atau progress kinerja mereka sesuai deadline yang ditentukan. Belum lagi jika ada karyawan yang mengambil cuti, tentu saja dalam proses selama bekerja di rumah harus ada fasilitator dalam memudahkan hal tersebut.

Selama bekerja di kantor saja dengan cara manual itu cukup memakan waktu untuk melihat evaluasi kinerja dari setiap pekerja. Nah, bisa kita bayangkan bagaimana rumitnya ketika bekerja dari rumah. Dimana tidak ada komunikasi tatap muka, bahkan komunikasi secara langsungpun lebih terbatas. Untuk itu sebagai solusi terkait Administrasi Perusahaan ini dengan mudah meskipun bekerja dari rumah adalah menggunakan Smart Company dari Garuda Cyber.

Berikut beberapa kemudahan terkait administrasi perusahaan yang ditawarkan dalam smart company ini

  1. Pengelolaan Workplan

Dalam memanajemen setiap karyawan meskipun tidak bekerja dari rumah, workplan tentu harus menjadi perhatian khusus. Dimana setiap pekerja haruslah memiliki perencanaan apa yang akan dikerjakannya sehingga pimpinan bisa melihat hasil atau laporan progress pekerjaan tersebut.

Apabila perusahaan anda menerapkan WFH, maka di pagi hari para karyawan harus melakukan absensi terlebih dahulu. Dalam proses absensi tersebut akan terlacak lokasi mereka sehingga pimpinan dapat melihat titik keberadaan mereka apakah benar bekerja dari rumah atau malah beraktivitas di luar lain.

Setelah selesai absensi setiap karyawan tersebut diwajibkan untuk menginputkan workplan atau planning yang akan dilakukan di hari tersebut. Dengan begitu, pimpinan bisa memantau satu per satu mereka dari aplikasi terkait apa yang akan mereka kerjakan. Pengisian workplan ini tentu saja harus dibatasi demi meminimalisir kemungkinan kecurangan atau kelalaian. Sehingga, karyawan hanya bisa mengisi aktivitas mereka di hari yang sama saja.

  1. Evaluasi

Setelah menginputkan workplan, maka di sore hari pimpinan atau tim Human Resource (HR) bisa melakukan evaluasi terkait kinerja mereka. Seberapa besar proses atau hasil mereka kerjakan, sehingga semua bisa termanajemen secara baik. Evaluasi ini tentu saja sangat berfungsi dalam mengambil keputusan terkait kinerja mereka, sehingga ketika hendak mengambil tindakan akan lebih mudah berdasarkan evaluasi kinerja mereka.

  1. Pengajuan Cuti / Izin

Meskipun dari rumah ada kalanya karyawan dalam keadaan darurat harus izin tidak bekerja atau cuti. Administrasi cuti ini selama WFH tentu saja tidak memungkinkan di tanda tangan dan proses secara langsung. Melalui aplikasi ini memudahkan mereka dalam mengajukan izin atau cuti, sehingga tim HR atau pimpinan bisa menyetujui langsung kemudian surat jika ingin dicetak juga bisa. Status terkait pengajuan cuti atau izin ini juga bisa dilihat langsung oleh pengaju di sistem, bahkan aplikasi memberikan notifikasi langsung. Sehingga proses pengajuan izin atau cuti ini bukan kendala lagi, pimpinan juga bisa mudah mengatur strategi dengan cepat jika ada karyawannya yang cuti.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Sekolah dengan Digital Marketing Sekolah Smart School

  1. Pelayanan Mandiri

Aplikasi ini menawarkan pelayanan mandiri, dimana setiap karyawan bisa mengakses langsung tanpa harus melalui manajemen HR. Mereka inputkan workplan sendiri disertai bukti fisik, pengajuan izin, cuti dan hal lainnya. Sehingga ini cukup memudahkan serta mampu membuat pekerjaan lebih cepat dikerjakan alias menghemat waktu. Proses Pelaporan dan Pencarian Cepat

Ketika pimpinan ingin melihat laporan terkait kinerja setiap karyawannya jauh lebih cepat, dimana bisa mengecek berdasarkan nama atau ingin dicek secara keseluruhan. Selain itu ketika hendak menemukan data personal maka pencarian bisa dilakukan dengan cepat.

  1. Aplikasi Terintegrasi

Selain dari poin di atas kelebihan aplikasi ini terintegrasinya dengan aplikasi lainnya yang tergabung di dalam smart company. Diantaranya terintegrasi dengan pengajian, keuangan dan aplikasi lainnya. Menggunakan aplikasi terintegrasi ini maka semua akan terkoneksi secara baik dimana data disimpan di dalam satu database sehingga pihak yang memiliki hak akses bisa mudah mengecek hal yang mereka butuhkan. Apabila ada karyawan yang tidak mengisi data harian sesuai aktivitas seharusnya maka akan memudahkan dalam proses pengajian jika ada sanksi terkait pemotongan gaji dan hal lainnya.

Begitu banyak ragam kemudahan ditawarkan dalam Administrasi Perusahaan dalam Smart Company dari Garuda Cyber ini, terlebih lagi memudahkan selama bekerja di rumah saja. Sehingga perusahaan anda tetap bisa eksis meskipun di tengah krisis melanda, anda bisa memberikan kepercayaan penuh kepada karyawan untuk bekerja dari rumah tanpa dihantui was-was apakah mereka bekerja atau tidak.

Karena itu sudah saatnya perusahaan anda beralih dari cara konvensional denga menerapkan digitalisasi dalam aktivitas perusahaan, baik selama bekerja di kantor atau di rumah saja. Sebagai perusahaan zaman now tentu saja harus mengikuti setiap perkembangan teknologi yang ada agar bisa tetap bertahan di tengah persaingan yang semakin hari semakin meningkat. Sudah saatnya di era teknologi 4.0 ini perusahaan anda beralih ke Go Digital dengan Smart Company dari Garuda Cyber. Maju dengan memberikan kemudahan terhadap akses informasi dan pelayanan yang baik, akan menjadi citra baik untuk perusahaan anda.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia