WhatsApp-Button
Aplikasi HRM Garuda Cyber, Solusi Manajemen Karyawan Meskipun Bekerja di Rumah Aja

Aplikasi HRM Garuda Cyber, Solusi Manajemen Karyawan Meskipun Bekerja di Rumah Aja

  2020-04-03 16:07:53     Ulti Desi Arni     Dibaca 154 kali

Di tengah pandemi virus corona atau covid-19 banyak perusahaan atau industri bisnis mengalami dilema terkait usaha mereka. Pasalnya pemerintah menghimbau untuk setiap masyarakat agar berdiam diri di rumah saja dan membatasi berinteraksi sosial (sosial distancing). Menjadi kesulitan tersendiri bagi beberapa perusahaan ketika memutuskan atau memberikan kepercayaan kepada karyawannya untuk bekerja dari rumah.

Ketika karyawan bekerja di kantor saja untuk mengontrol kinerja dan memastikan mereka benar-benar bekerja itu bukan hal mudah, wajar saja jika perusahaan bingung memikirkan solusi tepat dalam mengontrol ketika bekerja di rumah aja. Untuk tetap bisa bertahan di tengah wabah ini tentu saja bukanlah hal mudah, dan terbukti belum satu bulan himbauan berdiam diri di rumah sudah banyak bisnis yang harus tutup sementara waktu.

Memanajamen karyawan bisa dikatakan bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi jika jumlah pekerja yang dimiliki cukup banyak tentu akan kewalahan dalam mengontrolnya. Meskipun demikian, agar perusahaan bisa tetap beroperasional dan produktif di tengah pandemi ini bekerja dari rumah adalah solusi yang harus dipilih.

Ketika perusahaan anda mulai menerapakan Work From Home (WFH), tentu saja harus mempertimbangkan banyak hal dan mempersiapkan setiap kebutuhan. Namun, ada dua hal perlu anda lakukan sebelum mengambil keputusan WFH, yaitu :

  1. Memberikan Kepercayaan

Apapun itu tentu saja dimulai dari kepercayaan anda terhadap tim anda, jika rasa percaya ini tidak ada maka anda akan selalu dihantui perasaan curiga dan ini adalah penghalang terbesar pada metode WFH.

Sebenarnya tidak hanya ketika bekerja di rumah kepercayaan ini harus anda tanamkan, ketika mereka di kantorpun anda haruslah memberikan kepercayaan kepada karyawan bahwa mereka bisa bekerja secara profesional. Jika tidak tentu saja waktu anda akan dihabiskan hanya untuk mengawasi mereka saja. Untuk itu penting sekali untuk menumbuhkan rasa percaya kepada karyawan bahwa mereka adalah orang yang amanah dan mengerjakan pekerjaan sesuai apa yang diberikan.

Baca Juga : Alasan Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi Keuangan Akuntansi

  1. Merubah Cara Komunikasi

Ketika anda sudah memiliki rasa percaya tersebut dalam artian anda sudah memberikan kepercayaan kepada karyawan bahwa mereka akan komitmen dengan pekerjaan mereka, maka langkah berikutnya adalah merubah cara komunikasi. Komunikasi ini adalah bagian penting dalam membangun tim, tanpa adanya komunikasi yang baik tentu saja akan terjadi kesenjangan dalam informasi.

Apabila selama ini dikantor menggunakan komunikasi langsung alias face to face, maka cara itu akan mengalami pergeseran. Tentu saja anda tidak akan mendatangi satu per satu karyawan ke rumah mereka, dan tidak bisa dibayangkan jika itu terjadi.

Ketika menggunakan metode bekerja dari rumah ini, maka otomatis komunikasi yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung serta bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Misalnya memanfaatkan media sosial sebagai wadah dalam berkomunikasi.

  1. Menggunakan Aplikasi HRM yang Tepat

Ketika kita berada di zaman yang serba instan dengan kehadiran ragam teknologi saat ini, sebenarnya memutuskan untuk WFH bukan sesuatu yang sulit. Berbekal aplikasi atau sistem yang tepat, maka anda bisa santai dalam mengawasi tim meskipun mereka bekerja dari rumah.

Perkembangan teknologi saat ini kita tahu bahwa sangat pesat dan memberikan begitu banyak kemudahan serta mempercepat proses pekerjaan. Dengan mudah dan cepatnya pekerjaan dilakukan, tentu saja akan berdampak dalam pemberian informasi secara cepat termasuk bisa meningkatkan pelayanan.

Peranan sistem digitalisasi inilah yang mesti anda terapkan dalam meremote para karyawan anda ketika bekerja dari rumah. Solusi tepat dan jitu adalah menggunakan Aplikasi HRM dari Garuda Cyber dalam produk unggulan mereka yaitu Smart Company. Aplikasi HRM ini akan memudahkan dalam manajemen setiap aktivitas harian karyawan, dimana mereka diminta melakukan absensi terlebih dahulu di pagi hari yang tentu saja dilengkapi dengan deteksi lokasi. Setelah absensi, mereka akan menginputkan perencanaan aktivitas yang akan dilakukan di hari tersebut.

Secara ringkas berikut beberapa fitur dan keunggulan dari Aplikasi HRM Garuda Cyber ini :

  • Absensi Secara Online

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa di aplikasi ini tersedia absensi secara online, dimana sesuai jam kerja karyawan harus melakukan absensi terlebih dahulu sebagai bukti bahwa ia bekerja. Tentu saja absensi ini harus sesuai jam kantor, jika terlambat layaknya ke kantor akan dikenakan sanksi sesuai aturan. Absensi ini juga dilengkapi dengan maps lokasi, sehingga titik keberadaan bisa terpantau.

Baca Juga : Aplikasi Smart Medical, Teknologi Digital Solusi Meningkatkan Pelayanan Medis

  • Manajemen Aktivitas Secara Mudah

Di dalam aplikasi HRM ini tersedia input aktivitas harian atau perencanaan yang akan dilakukan karyawan selama hari tersebut. Fitur tersebut diberi nama daily activity, setelah penginputan daily ini di sore hari karyawan harus melaporkan progress yang dikerjakannya sebagai bahan evaluasi oleh pimpinan.  Karyawan hanya bisa menginputkan daily activity ini di hari yang sama sehingga kecurangan akan terminimalisir.

  • Proses Pelaporan dan Pencarian Cepat

Ketika pimpinan hendak melihat aktivitas serta laporan kegiatan karyawan tertentu maka akan lebih mudah dilakukan meskipun di rumah aja. Pimpinan atau tim HRM cukup melihat sesuai nama dan akan muncul semua laporan terkait nama yang dicari. Selain itu jika ingin laporan secara keseluruhan juga bisa.

  • Aplikasi Terintegrasi

Aplikasi HRM yang ditawarkan ini tentu saja sudah terintegrasi dengan aplikasi lainnya yang tergabung dalam smart company, seperti penggajian dan aplikasi lainnya. Sehingga ketika proses penggajian jika ada pemotongan gaji berdasarkan aktivitas dan kehadiran dapat dengan mudah dilakukan.

Selain fitur di atas juga tersedia banyak sekali fitur lainnya, seperti penggajuan izin, sakit ataupun cuti. Aplikasi HRM ini adalah solusi tepat untuk perusahaan agar tetap bisa eksis meskipun di kala krisis. Banyak keunggulan lainnya, seperti penyesuaian fitur sesuai kebutuhan perusahaan. Sebuah perusahaan yang baik dan berkembang tentu saja perusahaan yang mampu memanfaatkan sumber daya manusianya serta bisa memanfaatkan teknologi secara tepat.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia