Aplikasi Ujian Online (CAT), Solusi Ujian dari Rumah di Tengah Pandemi Covid 19

Di tengah pandemi corona atau covid-19 yang menghebohkan dunia ternyata bukan menjadi penghalang untuk perguruan tinggi bisa tetap beroperasional meskipun dari rumah. Meskipun kebijakan atau himbauan dari pemerintah menyuruh kita di rumah saja alias menyarankan sosial distancing bukan berarti mahasiswa libur secara mutlak tanpa bisa belajar ataupun melaksanakan ujian.

Kita tahu bahwa pendidikan ini sesuatu yang mutlak dan harus dipenuhi agar generasi bangsa selaku penerus bisa maju dan berkembang. Melalui pendidikan mereka mendapatkan pembelajaran dan pengetahuan bagaimana bisa menghadapi lika-liku kehidupan termasuk bisa mendapatkan pekerjaan nantinya. Selain itu, melalui pendidikan ini juga akan mengajarkan bagaimana memiliki karakter dan budi pekerti yang baik, pola berpikir serta mengembangkan kemampuan yang memang telah dimiliki sebelumnya.

Selain itu pendidikan ini salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dimana tidak hanya semata mempersiapkan dalam menghadapi masa akan datang namun juga upaya peningkatan mutu setiap warga negaranya. Sehingga masyarakat bisa berperilaku dan berpikir sesuai dengan apa yang diharapkan.

Salah satu langkah yang dilakukan dalam mewujudkan hal tersebut adalah melalui test atau evaluasi belajar oleh setiap institusi pendidikan berupa ujian. Tidak hanya untuk evaluasi hasil belajar, proses seleksi memasuki perguruan tinggipun juga melalui test atau ujian. Apabila siswa dinyatakan memenuhi nilai yang diharapkan barulah dia bisa melanjutkan perkuliahan sesuai pilihannya.

Baca Juga : Aplikasi Open Journal System (OJS)

Biasanya proses ujian ini dilakukan oleh perguruan tinggi secara tatap muka dengan siswa alias manual. Namun, melihat keadaan dimana kita berada dalam situasi cukup genting sehingga tidak memungkinkan melakukan proses ujian secara manual alias tatap muka. Kita dihimbau untuk tidak keluar rumah dan menghindari perkumpulan demi menurunkan grafik kasus wabah corona ini.

Situasi tersebut tentu saja menjadi dilema bagi perguruan tinggi yang selama ini hanya menghandalkan cara manual dalam proses pembelajaran di kampus. Sehingga pembelajaran di kelas akan terkendala dan berimbas juga dalam proses evaluasi atau ujian, baik itu ujian semester, harian atau ujian penerimaan mahasiswa baru yang sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru.

Kemajuan teknologi yang ada saat ini seharusnya tidak menjadi penghalang bagi setiap perguruan tinggi, dimana sistem digitalisasi yang hadir menawarkan begitu banyak kemudahan bahkan bisa bekerja lebih cepat dari biasanya. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini, beberapa institusi perguruan tinggi juga telah memulai mengembangkan proses atau metode seleksi mereka. Baik itu untuk ujian semester atau untuk proses penerimaan mahasiswa baru yaitu memanfaatkan komputer atau secara digitalisasi.

Di tengah wabah yang melanda dunia dimana tidak memungkinkan dilakukan ujian secara manual, seharus semua perguruan tinggi di Indonesia bisa memanfaatkan teknologi digital dalam proses ujiannya. Salah satu teknologi digital yang bisa digunakan adalah Aplikasi Ujian Online atau sering disebut dengan CAT atau CBT.

Aplikasi ujian online CAT ini adalah salah satu cara yang bisa membantu atau solusi tepat dalam proses ujian maupun evaluasi dengan bantuan komputer. Tidak hanya bantuan komputer, tapi juga bisa dengan bantuan smartphone yang terhubung ke jaringan internet. Sehingga meskipun dari rumah, kampus tetap bisa melangsung proses seleksi penerimaan mahasiswa baru dan ujian semester.

Tidak hanya menjadi solusi di tengah pandemi ini, ujian online tentu saja memiliki banyak sekali manfaat diantaranya hemat biaya dan waktu. Jika biasanya dalam proses ujian membutuhkan kertas untuk lembar soal dan jawaban, anggaran pembelian kertas bisa dialihkan untuk operasional lainnya. Begitu juga terkait waktu, karena sistem bisa langsung mengoreksi jawaban atau menampilkan hasil ujian.

Baca Juga : Guru Privat Fisika di Padang

Berikut beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh kampus menggunakan aplikasi ujian online ini :

  1. Mahasiswa atau peserta ujian bisa langsung mengetahui hasil ujian.
  2. Ujian bisa berlangsung secara cepat dan tepat dimana sistem ujian terjadwal sehingga ujian berlangsung sesuai jadwal yang ada.
  3. Tidak membutuhkan kertas sehingga bisa menghemat anggaran atau biaya.
  4. Karena hasil ujian bisa langsung keluar sehingga dosen tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengoreksi jawabannya.

Sebenarnya banyak sekali manfaat dari ujian online ini, apalagi di masa-masa ini dimana kampus tetap bisa melangsungkan ujian meskipun dari rumah masing-masing. Semua kemudahan dari aplikasi ujian online tersebut bisa didapatkan dari Garuda Cyber yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang IT Development sekaligus konsultan IT.

Garuda Cyber sudah berpengalaman dalam menyediakan ragam aplikasi kebutuhan kampus yang terintegrasi di dalam produk unggulannya Smart Campus. Terbukti sudah banyak perguruan tinggi yang percaya dan bermitra bersama Garuda Cyber. Menggunakan Smart Campus maka perguruan tinggi tidak perlu pusing lagi memikirkan server karena semuanya include di dalamnya, selain itu tim Garuda Cyber akan memaintenance secara berkala.

 

#GarudaCyber23Maret

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...