Tips Mendapatkan Mahasiswa Baru di Tengah Wabah Corona Melanda

Terjadinya penyebaran virus corona atau Covid-19 menghebohkan hampir seluruh dunia, dan tentu saja itu semua berdampak dalam beberapa sektor industri maupun pendidikan. Sebagai langkah mengatasi agar kasus corona ini agar tidak meningkat di Indonesia telah diterapkan aturan sosial distancing. Itu artinya semua aktivitas bersosial harus dibatasi termasuk dalam pekerjaan, pendidikan bahkan dalam hal beribadah sekalipun.

Dalam sektor pendidikan dampak ini cukup menjadi dilema, dimana sekolah-sekolah di liburkan begitu juga perguruan tinggi. Bahkan mahasiswa yang sudah lulus menunggu jadwal wisuda terpaksa harus ditunda acara wisudanya. Dampak ini memang sangat dirasakan sekali oleh perguruan tinggi, dan kampus tidak hanya dilema akan hal tersebut, melainkan juga dilema karena sebentar lagi memasuki musim penerimaan mahasiswa baru.

Sehingga ini juga akan menjadi persoalan bagi kampus mencari cara bagaimana kampusnya tidak sepi peminat meskipun di tengah wabah corona melanda. Perguruan tinggi haruslah memiliki strategi yang tepat dalam mengatasi persoalan ini. Berikut ini adalah beberapa tips atau strategi yang bisa dicoba oleh kampus dalam mendapatkan mahasiswa baru di tengah pandemik ini :

  1. Mempermudah Jalur Penerimaan

Tidak hanya di tengah wabah melanda saja, setiap tentu saja menginginkan proses yang mudah termasuk dalam penerimaan mahasiswa baru. Melihat kondisi saat ini dimana tidak memungkinkan keluar dengan mudah, maka hal pertama harus dilakukan oleh perguruan tinggi adalah memudahkan proses penerimaan mahasiswa baru. Jika biasanya calon mahasiswa harus datang ke kampus untuk mendaftar maka kini kampus harus merubahnya.

Salah satu cara yang bisa diterapkan kampus untuk penerimaan mahasiswa baru ini adalah dengan menggunakan aplikasi atau sistem penerimaan secara online atau SPMB online. Menggunakan sistem ini tentu saja mahasiswa dapat langsung mendaftar dari mana saja dan mengupload berkas persyaratan sesuai yang diminta. Ini tidak hanya membantu calon mahasiswa namun juga memudahkan kampus karena tidak perlu lagi stand pendaftaran.

Baca Juga : Aplikasi Executive Report Sekolah Smart School

  1. Mempermudah Proses Pembayaran

Saat ini kita berada di zaman serba digital, dimana banyak sekali kemudahan-kemudahan yang ditawarkan salah satunya terkait pembayaran. Jika dulu untuk bertransaksi setiap orang harus membawa uang tunai, kini sudah tergantikan dengan uang elektronik. Nah, kemudahan ini juga bisa diterapkan oleh kampus dalam proses pembayaran.

Ketika penerimaan mahasiswa baru tentu saja mereka ingin proses pembayaran yang mudah dan proses pembayaran yang sulit tentu saja membuat mereka enggan untuk mendaftar. Kampus bisa menerapkan pembayaran secara online baik itu antar bank atau hal lainnya.

  1. Menggunakan Digital Marketing dan Teknologi Digital

Proses penerimaan dan pembayaran yang mudah saja tentu tidak cukup untuk bisa mendapatkan mahasiswa baru, tentu saja semua itu harus diiringi dengan promosi. Tanpa adanya promosi tentu saja tidak ada orang yang tahu terkait perguruan tinggi anda, maka promosi sangat memiliki peran penting dalam hal ini.

Dalam melakukan promosi ini tentu saja biasanya kebanyakan kampus menggunakan cara konvensional yaitu menyebarkan brosur, namun melihat keadaan saat ini maka cara tersebut sangat tidak efektif sekali. Terlebih lagi kita berada di zaman serba digital saat ini, menggunakan digital marketing atau memanfaatkan teknologi digital dalam mempromosikan kampus adalah langkah tepat bisa dilakukan. Dalam proses digital marketing tentu saja ada beberapa cara harus kamu lakukan, diantaranya adalah :

Baca Juga : Manfaat CAT Bagi Perguruan Tinggi dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

  • Memanfaatkan Website

Salah satu digital marketing bisa digunakan oleh kampus adalah melalui website, dan susah semestinya kampus memiliki website sendiri yang berisi tentang company profile. Pada website ini kampus bisa menampilkan keunggulan yang dimiliki, baik itu prestasi hingga sarana dan prasarana yang disediakan kampus. Melalui situs atau website resmi kampus tentu saja informasi tersebut bisa dipercaya sehingga orang bisa menarik minat dan percaya terkait apa yang ditampilkan pada website tersebut.

  • Konten Iklan Video di Youtube

Secara umum orang lebih cenderung melihat sesuatu yang visual ketimbang membaca langsung begitu juga dengan para remaja yang baru lulus SMA. Mereka cenderung menemukan konten atau informasi kebutuhan melalui video, sehingga ini bisa menjadi salah satu cara digital marketing yang diterapkan oleh kampus. Kampus bisa membuat konten video sebagus mungkin dan menguploadnya ke channel youtube atau juga bisa menggunakan nya dalam bentuk iklan yang berbayar dan tentu saja disertai dengan kata kunci yang tepat.

  • Konten Marketing dan Seo Optimasi

Konten marketing ini adalah postingan yang dibuat dalam bentuk tulisan atau berupa artikel kemudian dioptimasi menggunakan SEO. Dimana ketika seseorang membutuhkan sebuah informasi terkait perguruan tinggi melalui search engine seperti Google maka konten anda akan muncul pertama kali dan memiliki pelung besar untuk dilihat. Tentu saja untuk melakukan ini ada teknik yang mesti dipelajari.

Selain cara di atas solusi lain bisa anda gunakan adalah menggunakan sistem Affiliate Marketing dimana sistem ini menggunakan jasa freelance dan mereka akan mendapatkan fee atas usahanya sesuai jumlah yang berhasil mendaftar.

Cara kerjanya adalah marketing freelance bisa mendaftar ke dalam sistem dan memiliki ID, kemudian ia bisa menyebarkan informasi terkait kampus menggunakan link pendaftaran sesuai ID mereka. Nah sistem ini akan mendata para freelance tersebut secara baik di dalam sistem. Semakin banyak para marketing freelance ini yang mendaftar tentu saja peluang tersebarnya informasi akan semakin besar.

Itulah beberapa strategi yang bisa diterapkan oleh perguruan tinggi di tengah badai atau wabah corona ini. Meskipun kita berada di dalam kondisi yang sulit, tentu saja demi keberlangsungan serta kampus tetap bisa beroperasional maka proses penerimaan mahasiswa baru tentu saja tetap harus dilakukan. 

Karena kita berada di era yang serba instan dimana banyak teknologi yang hadir sebagai solusi tentu saja semua kemudahan di atas bisa didapatkan dari Garuda Cyber Indonesia yaitu sebuah perusahaan yang bergerak dalam Development Sistem sekaligus konsultan IT.

 

#GarudaCyber23Maret

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...