WhatsApp-Button
Jual Sistem Manajemen Rumah Sakit

Jual Sistem Manajemen Rumah Sakit

  2020-03-26 13:34:05     Ulti Desi Arni     Dibaca 24 kali

Rumah sakit merupakan pelayanan kesehatan yang memiliki begitu banyak aktivitas di dalamnya. Sebagai pelayanan kesehatan tentu saja rumah sakit harus berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat atau pasien yang datang. Pelayanan terbaik tentu saja juga menjadi faktor pendorong pasien bisa sembuh serta berkaitan dengan keselamatan pasien. Bayangkan saja jika rumah sakit melayani pasien tidak sepenuh hati dan lama menunggu, tentu saja ini akan mengancam nyawa pasien.

Banyaknya pasien yang datang serta cabang aktivitas di rumah sakit ini tentu saja berkaitan dengan manajemennya. Apabila manajemen terkelola dengan baik maka setiap aktivitas yang ada juga akan berjalan secara baik, bahkan pelayanan yang diberikanpun akan menjadi lebih maksimal.

Di dalam manajemen rumah sakit tentu saja banyak hal mesti dilakukan, mulai dari administrasi di awal pasien mendaftar atau kunjungan berobat, pemeriksaan, penyimpanan rekam medis, data dokter, ruangan, petugas, pembayaran, apotek dan hal lain sebagainya. Semua data tersebut haruslah termanajemen secara baik agar mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Jika setiap aktivitas dan infromasi tersebut terkelola secara baik, tentu saja akan mendukung dalam peningkatan pelayanan terhadap pasien yang datang.

Jika setiap proses administrasi mulai dari pendaftaran hingga penggambilan obat bisa terintegrasi secara baik, tentu saja akan jauh lebih efektif dan efesien. Kita contohkan saja terkait rekam medis, dimana ketika pasien datang berkunjung dan mendatangi dokter berbeda, namun sang dokter bisa mengakses rekam medis si pasien tanpa harus meminta suster atau perawat mengambilkan berkas. Selain itu, jika rekam medis ini disajikan dalam bentuk elektronik tentu saja kabinet-kabinet atau rak-rak yang berisi berkas rekam medis bisa ditiadakan sehingga menghemat spas ruangan.

Solusi tepat yang mesti diterapkan dalam manajemen rumah sakit adalah beralih dari cara konvensional ke cara digital. Atau beralih dari yang biasanya sistem berdiri sendiri menggunakan Smart Medical dengan sistem yang saling terintegrasi.

Baca Juga : Manfaat CAT Bagi Perguruan Tinggi dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Di dalam smart medical ini terdapat banyak aplikasi atau sistem yang tentu saja dibangun secara bertahap untuk memanajemen semua aktivitas dan mengelola data rumah sakit se-efektif mungkin. Diantara beberapa sistem manajemen rumah sakit terintegrasi yang ada di dalam smart medical ini adalah :

  1. Sistem Administrasi Pasien

Sistem Administrasi Pasien ini akan membantu dalam proses administrasi pasien, baik itu administrasi pasien baru maupun pasien lama. Proses administrasi tentu saja bisa terselesaikan lebih mudah dan cepat menggunakan aplikasi ini. Dimana data pasien akan tersimpan secara baik sehingga kemungkinan data ganda bisa terminimalisir. Dalam sistem juga tersedia pilihan poli yang akan dikunjungi pasien, sehingga bagian administrasi cukup mentransfer data pasien ke poli di tuju sehingga poli dituju bisa mengakses rekam medis atau riwayat pengobatan pasien sebelumnya,

  1. Sistem Informasi Manajemen

Dalam sistem informasi manajemen ini berfungsi untuk memanajamen data setiap petugas di rumah sakit, baik itu data dokter, karyawan, perawat, ruangan dan lainnya yang memang harus tersimpan secara baik. Jika semua data tersebut terkelola secara baik tentu saja, para petugas bahkan jadwal dokter bertugaspun bisa diketahui dengan mudah. Termasuk informasi penggunaan ruangan seperti laboratorium, ruangan menginap pasien hingga ruangan operasi akan mudah di dapatkan.

  1. Aplikasi Keuangan

Tentu saja keuangan adalah hal yang cukup sensitif sehingga membutuhkan ketelitian dalam mengelola keuangan rumah sakit ini, terlebih ruang lingkupnya cukup besar. Banyak sekali jenis transaksi terjadi, baik itu transaksi secara cas hingga menggunakan asuransi. Belum lagi masalah penggajian dan hal lainnya. Agar rumah sakit bisa tetap eksis dan beroperasional secara baik tentu saja keuangan ini harus dikelola dengan cara yang tepat, dan salah satunya dengan aplikasi keuangan. Dimana dengan aplikasi ini yang sudah terintegrasi dengan sistem lainnya akan memberikan perhitungan dengan mudah dan tepat.

Baca Juga : Aplikasi Executive Report Sekolah Smart School

  1. Aplikasi Rekam Medis

Rekam medis ini berisi riwayat kunjungan pasien datang berobat, dimana di dalamnya tersimpan diagnosa terkait yang dia alami hingga penanganan yang dilakukan. Ketika pasien mengalami penyakit atau gejala berbeda dari sebelumnya dan mengunjungi dokter berbeda, maka rekam medis ini penting sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil tindakan. Untuk itu, rumah sakit haruslah memanajemen rekam medis pasiennya secara maksimal agar bisa memberikan pelayan terbaik dan tepat. Menggunakan rekam medis elektronik tentu saja tidak menjadi masalah lagi, dokter yang memang diberikan hak akses melihat rekam medis pasien tentu saja bisa dengan mudah mendapatkannya dan mengambil tindakan dengan cepat.

  1. Laboratorium

Ketika pasien memang membutuhkan cek labor, hasil dari tes labor bisa diakses oleh sang dokter dengan mudah dari ruangannya langsung tanpa harus meminta perawat mengantarkan hasil tersebut. Hasil cek laboratorium ini akan tersimpan secara digital sehingga bisa diakses dengan mudah ketika dibutuhkan.

  1. Apotek

Setelah melewati serangkaian proses pengobatan, sang dokter cukup membuat resep untuk pasien melalui sistem dan akan terkirim ke bagian apotek. Sehingga pasien bisa langsung mengambil obatnya ke bagian apotek tanpa harus memberikan resep lagi ke bagian apoteknya.

  1. Laporan

Manajemen apapun tentu saja membutuhkan laporan yang baik, dimana laporan tersebut berfungsi sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk kemajuan rumah sakit. Menggunakan smart medical tentu saja pimpinan bisa dengan mudah mendapatkan setiap laporan yang dibutuhkan dengan mudah. Laporan disajikan dengan lengkap dan bisa diakses kapan saja serta dimana saja.

Banyak kemudahan yang akan dirasakan oleh pihak rumah sakit terutama bagi petugas administrasi menggunakan sistem manajemen rumah sakit yang tepat seperti smart medical ini. Semua kemudahan tersebut tentu saja bisa didapatkan dari Garuda Cyber, yaitu perusahaan IT terkemuka yang bergerak dalam bidang Software Development sekaligus konsultan IT.

Sebelum anda hendak membangun sistem terintegrasi dalam manajemen rumah sakit bisa berkonsultasi terlebih dahulu terkait kendala yang di alami. Tim Garuda Cyber siap menjadi partner dalam membangun sesuai kebutuhan anda.

 

#GarudaCyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia