Startup yang Bergerak di Bidang Pendidikan

Minat anak di Indonesia yang memiliki keinginan untuk menempuh pendidikan bisa dikatakan sangat kurang. Hal tersebut disebabkan dari berbagai aspek, bisa karena akses pendidikan jauh dari tempat ia tinggal atau hal lainnya. Selain itu, pada tahun 2015 berdasarkan laporan dari Program for International Student Assesment (PISA) menyatakan bahwa pendidikan Indonesia cukup tertinggal. Dimana berdasarkan survei yang dilakukan di 72 negara Indonesia berada pada posisi ke 62.

Hal tersebut tentu saja merupakan PR besar untuk pemerintah di Indonesia untuk memajukan pendidikan tersebut. namun ternyata saat ini tidak hanya pemerintah saja, banyak bidang yang melakukan upaya dalam membantu memajukan pendidikan di Indonesia diantaranya para startup. Mereka mengembangkan aplikasi atau sistem untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, diantara Startup yang bergerak d bidang pendidikan tersebut adalah :

  1. Ruang Guru

Bisa dikatakan Startup satu ini hampir tidak asing lagi di telingga kebanyakan orang, dimana startup ini awalnya dibuat oleh Belva Devara dan Iman Usman. Ruang Guru hadir sebagai sarana membantu prose belajar melalui smartphone dengan gaya seperti marketplace. Dimana sang murid bisa belajar secara online dengan memilih tutor yang tersedia. Selain belajar secara online, disini juga tersedia materi pelajaran dalam bentuk video serta ujian tryout online.

  1. IndonesiaX

Hampir serupa dengan Ruang Guru yaitu sama-sama menyediakan kursus online (Massive Open Online Course) dan sebagai siswa tentu saja bisa menemukan guru berkualitas dalam berbagai bidang pelajaran.

IndonesiaX melibatkan para tutor dari Institusi terbaik yang ada di Indonesia, selain itu ia juga menggandeng Universitas Harvard yang mempunyai layanan serupa. Kabar baiknya untuk kamu bahwa rata-rata platform tersedia disini gratis dengan tujuan agar akses masyarakat terhadap pendidikan bisa lebih meningkat.

Baca Juga : Aplikasi Rapor Online Sekolah Smart School

  1. Arkademy

Berbeda dengan dua startup di atas, melihat besarnya angka pengangguran di Indonesia dan paling banyak itu berasal dari lulusan SMA/SMK yaitu dengan presentasi 18%. Arkademy hadir memberikan bantuan kepada pelajar lulusan SMA/SMK untuk bisa mendapatkan pekerjaan sesuai skill yang mereka miliki.

Layanan yang disediakan oleh startup ini mulai dari modul belajar, memonitoring kemampuan pelajar kemudian menyalurkan lulusannya ke industri lingkungan kerja yang membutuhkan. Arkademy ini mulai berdiri pada tahun 2017 yang memiliki misi untuk mencetak sumber daya manusia berkualitas sehingga siap dalam menghadapi dunia kerja dan segala perubahan kehidupan.

  1. Haraku Edu

Haraku Edu ini sama dengan Ruang Guru dan IndonesiaX hanya saja aksesnya terbatas alias kamu harus membayar untuk bisa mengakses pembelajaran online disini. Setelah selesai mengikuti kursus yang ditawarkan oleh Haraku Edu, maka anda akan mendapatkan sertifikast resmi. Startup ini juga menyediakan platform untuk instansi pendidikan yang membutuhkan pembelajaran secara online.

  1. Bahaso

Di zaman modern saat ini bisa dikatakan bahwa kebutuhan orang terhadap bahasa asing tidak bisa dielakan terutama bahasa inggris. Sebagai solusi dalam permasalahan kebutuhan terkait bahasa asing ini maka munculan startup Bahaso ini. Dimana Startup ini bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Masyarakat bisa mengakses aplikasi Bahaso untuk mempelajari Bahasa Inggris dan Mandarin tanpa harus mengikuti kursus.

  1. Kelase

Kelase didirikan pada tahun 2013 oleh Brimy Laksana dan Wisatawan Gora, dimana berbekal pengalaman bekerja di Perusahaan Intel Indonesia mereka berkeinginan membangu kelas online untuk membantu sekolah, kampus, perusahaan serta organisasi.

Kelase hadir dengan tujuan menyediakan ruang belajar yang bisa diakses melalui internet darimana saja dan kapan saja. Layanan yang tersedia yaitu kelas online, statistik nilai, catatan belajar dan fitur lainnya.

Baca Juga : Aplikasi Kelulusan dan Alumni Sekolah Smart School

  1. Squline

Squline ini sama dengan Bahaso yaitu fokus dalam memberikan pembelajaran terhadap bahasa asing. Kamu bisa belajar bahasa asing secara online dengan mendaftarkan diri ke akun resmi mereka dan mengikuti tes untuk penentuan kelas. Setelah itu kamu akan mengikuti proses belajar secara virtual dimana kamu mengaksesnya melalui video conference yang disebut Virtual Live Classroom. Untuk kamu yang hanya ingin mencobanya alias trial tersedia versi gratis namun waktunya terbatas.

  1. MejaKita

Berbeda dari startup di atas, dimana MejaKita ini berdiri karena antusias 10 anak SMA terhadap pendidikan di Indonesia. Ide membangun platform belajar online ini tercetus ketika mereka sedang berkumpul sehingga mereka memiliki tagline yaitu “dari siswa untuk siswa”. Platform belajar online ini bisa diakses melalui situs resmi dimana layanan yang tersedia di dalamnya adalah diskusi terkait PR, belajar bersama serta belajar secara online.

  1. Pasti Hebat

Startup terakhir yang kita bahas dimana juga turut dalam membantu kemajuan pendidikan Indonesia adalah Pasti Hebat. Dimana Pasti Hebat ini lebih sebagai wadah yang membantu mempertemukan antara guru dan murid. Pasti Hebat hadir melihat kondisi para guru di Indonesia yang kurang dihargai dalam segi honor, selain itu bangku yang diperebutkan para gurupun hanya sedikit. Sehingga lahirnya Pasti Hebat ini bisa menjadi solusi dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Pada Pasti Hebat tidak hanya tersedia pilihan guru mata pelajaran di bangku formal saja namun juga tersedia pilihan skill atau handal mengasah kemampuan dalam bidang lainnya. Pasti Hebat hadir juga menjadi solusi dalam memberikan kemudahan kepada siswa menemukan guru les yang berkualitas.

di awal berdiri Pasti Hebat sangat membantu anak anak yang mencari les privat di padang, dan sekarang akan merambah ke seluruh indonesia

 

#GarudaCyber23Maret

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...