WhatsApp-Button
Tips Dalam Meningkatkan Kualitas Dosen di Perguruan Tinggi

Tips Dalam Meningkatkan Kualitas Dosen di Perguruan Tinggi

  2020-03-23 16:11:40     Ulti Desi Arni     Dibaca 42 kali

Dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi tentu saja ada beberapa aspek mesti menjadi perhatian oleh setiap kampus. Tidak hanya memfokuskan kepada sarana dan prasarana serta administrasi saja melainkan Perguruan tinggi juga harus memiliki fokus dalam meningkatkan kualitas dan mutu dosen.

Kita tahu bahwa dosen ini memiliki peranan cukup penting pada sebuah perguruan tinggi sehingga mutu dan kualitasnya tentu saja harus meningkat agar kualitas kampus juga bisa meningkat. Dosen ini adalah tenaga pendidik yang profesional atau seorang ilmuwan dimana memiliki tugas dalam perluasan atau pengembangan ilmu pengetahuan yang mereka miliki. Pengembangan dan perluasan tersebut bisa melalui proses mengajar, penelitian serta melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Tentu saja tanpa adanya tenaga pendidik yang mengajar di sebuah perguruan tinggi maka kampus tersebut tidak beroperasional. Untuk itu sebagai tenaga pendidik tentu saja ia harus memiliki kualitas dan mutu yang terus mengalami peningkatan. Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan, berikut hal yang bisa dilakukan agar kualitas dosen bisa meningkat :

  1. Melakukan Penelitian

Salah satu cara atau usaha yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sang dosen adalah melalui penelitian. Dosen harus melakukan penelitian sesuai dengan bidang ilmu yang didalaminya, dan penelitian ini tentu saja berpengaruh sekali dalam peningkatan tersebut. Semakin banyak sang dosen melakukan penelitian tentu saja ia memiliki banyak pengalaman, sehingga dari penelitian tersebut bisa mendapatkan ilmu baru dan dibuatkan ke dalam jurnal ilmiah.

Peringkat suatu kampus tentu saja bisa ditingkatkan dengan adanya jurnal ilmiah hasil penelitian tersebut. Akan memberikan dampak cukup besar untuk perguruan tinggi jika jurnal tersebut diterbitkan secara internasional.

Baca Juga : Jual Aplikasi Absensi Sekolah di Pekanbaru

  1. Selalu Upgrade Ilmu

Tentu saja sebagai pengajar haruslah selalu melakukan upgrade terhadap ilmu yang dimiliki, terlebih lagi di zaman teknologi serba canggih saat ini. Akan sangat tidak mengenakan jika ternyata mahasiswa lebih pintar dari dosen meskipun hal tersebut bisa saja. Namun sebagai dosen seharusnya tidak mau pasrah dengan ilmu yang ada saja. Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika ingin meningkatkan ilmu yang dimiliki misalnya melalui penelitian, membuat atau menerbitkan buku serta hal lainnya.

Selain melakukan penelitian yang memang dosen dituntut untuk itu, ia juga harus menempuh pendidikan terbaik alias meningkatkan lagi jenjang pendidikannya. Dimana pemerintah sendiri juga mendorong untuk setiap dosen meng-upgrade ilmu salah satunya melalui study tersebut.

  1. Selalu Aktif dan Kreatif

Sebagai seorang dosen tentu saja dituntut agar selalu aktif dan kreatif, dimana dengan ia mampu kreatif dan aktif akan sangat memiliki dampak positif. Sebagai dosen yang aktif dan kreatif ia tentu saha harus mampu memberikan sesuatu yang baru serta bermanfaat untuk kampus maupun lingkungan masyarakat. Tidak hanya itu, sang dosen tentu saja akan lebih kreatif dan aktif lagi dalam menciptakan suasana belajar menjadi lebih dan mahasiswa tidak merasa malas ataupun jenuh saat belajar.

Baca Juga : Jual Sistem Perpustakaan Sekolah di Pekanbaru

  1. Pengabdian Kepada Masyarakat

Perguruan tinggi tentu saja mewajibkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terhadap dosen dan mahasiswanya. Dimana pengabdian masyarakat ini adalah salah satu implementasi dari tridharma perguruan tinggi yang haris di emban dosen. Ide kreatif dalam membangun masyarakat untuk bisa lebih maju akan didapatkan melalui pengabdian masyarakat ini.

Tidak hanya dosen, para mahasiswapun juga melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk KKN (Kuliah Kerja Nyata). Dimana para mahasiswa berkecimpung atau berada di lingkungan masyarakat yang selama lebih kurang 2 bulan untuk membagikan ilmu yang mereka miliki.

  1. Pendekatan dengan Mahasiswa dan Lingkungan Kampus

Sebagai seorang dosen tidak hanya dituntut mendalami ilmu, tentu saja harus mengenali lingkungan kampus sekaligus melakukan pendekatan dengan mahasiswa. Dimana melalui pendekatan ini tentu saja juga bermanfaat sekali untuk meningkatkan mutu di lingkungan perguruan tinggi. Karena keberadaan sang dosen berbanding lurus terhadap proses belajar para mahasiswa.

Itulah cara yang bisa dilakukan dalam meningkat kualitas dosen pada sebuah perguruan tinggi. Memang sulit, karena menjadi dosen tidak seperti orang pikirkan. Tapi jika dilakukan sepenuh hati semuanya akan terasa ringan dan mudah dalam meningkatkan mutu serta kualitas dari kampus terkait.

Selain cara di atas penerapan teknologi juga salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas dosen dan mutu kampus. Dimana saat ini teknologi cukup memiliki peranan penting dalam memudahkan dan membantu ragam bidang pekerjaan. Teknologi yang bisa digunakan kampus dalam hal ini adalah Smart Campus. Dimana di dalamnya terdapat ragam aplikasi dan sistem yang sudah terintegrasi serta mampu memudahkan semua pekerjaan civitas akademika kampus.

 

#GarudaCyber23Maret 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia