WhatsApp-Button
Tips Supaya Pelanggan Membayar Invoice Tepat Waktu

Tips Supaya Pelanggan Membayar Invoice Tepat Waktu

  2020-03-19 16:32:57     Ulti Desi Arni     Dibaca 57 kali

Ketika anda memiliki bisnis yang fokus terhadap kerja sama tentu saja anda sudah siap dengan segala resiko dan kemungkinan yang akan terjadi. Anda harus sigap dalam menyikapi ragam tingkah para mitra anda, salah satu yang mesti anda siapkan adalah berkaitan dengan penagihan atau invoice.

Penagihan ini tentu saja harus dilakukan jika anda memiliki kerja sama sifatnya mitra alias kontrak, dan jumlah penagihanpun sesuai dengan kontrak kerja sama yang sudah di tetapkan. Sebagaimana kita tahu dalam mengelola pembayaran ini memanglah harus menjadi perhatian pihak perusahaan ketika memiliki client yang butuh jasa sesuai dengan kinerja dan performa dari perusahaan anda.

Proses pembayaran terhadap jasa yang perusahaan sediakan tentu saja akan berpengaruh pada arus kas perusahaan. Apabila harus kas ini mengalami permasalahan alias ngandat tentu saja akan berdampak pada jalannya bisnis anda yaitu bisa terhambat. Untuk itulah siasat bisa kamu lakukan agar arus kas tetap lancar adalah melakukan penagihan atau invoice. Tujuan dari penagihan ini agar cahsflow ataupun arus kas anda tidak goyang dan tetap lancar.

Ketika berbicara penagihan ini tentu saja ada ragam kendala yang dihadapi, salah satunya sulitnya client membayar secara tepat waktu. Atau banyak sekali alasan sang client sehingga membuat kas anda terganggu dan kesulitan dalam penagihan ini. Untuk itu anda bisa mencoba menerapkan tips berikut ini agar mitra atau client perusahaan kamu bisa melakukan pembayaran sesuai waktu atau tepat waktu :

Baca Juga : Siklus Akuntansi pada Perusahaan Jasa

  1. Menggunakan Format Invoice yang Konsisten Serta Jelas

Ketika melakukan penagihan tentu saja invoice ini memiliki peranan yang cukup penting demi kelancaran proses tersebut. Perusahaan haruslah memiliki format invoice dan isi di dalamnya yang konsisten serta jelas. Format yang jelas dan konsisten ini nantinya akan berguna sekali dalam menghindari kesalahpahaman di antara dua belah pihak serta anda juga bisa mudah melakukan kroscek jika memang ada kesalahan nantinya atau tidak.

  1. Uang Kerja Sama atau DP

Apapun produk atau jasa yang anda tawarkan dengan sistem mitra, tentu sangat penting bagi anda meminta uang muka sebagai bukti kerja sama terlebih dahulu. Uang muka yang diberikan client ini bisa menjadi salah satu pengikat antara clien dengan anda bahwa sudah menyepakati kontrak kerja sama.

  1. Mencatat Tanggal Penting

Ketika bagian keuangan yang memang bertugas dalam invoice ini hendak melakukan penagihan maka penting sekali merencanakan tanggal untuk penagihan tersebut. Ia harus mencatat setiap tanggal penting serta harus membuat deadline terhadap tanggal invoice, tujuannya agar tugas tersebut menjadi prioritas untuk persiapan. Sehingga tidak ada alasan client terlambat dalam melakukan pembayaran jika diakibatkan oleh kelalaian mereka.

  1. Membuat Sistem Pembayaran

Agar memudakan pekerjaan terkait pembayaran mereka terhadap jasa atau produk anda yang mereka gunakan, maka penting sekali adanya sistem yang mampu mengkalkulasi setiap pembayaran client ini. Penerapan teknologi atau digitalisasi tentu saja akan memudahkan anda, seperti menggunakan sistem invoice sehingga memudahkan dalam pembuatan invoice dan perhitungan pembayaran dari client serta hal lainnya agar efesien.

Baca Juga : Jual Aplikasi Absensi Sekolah di Pekanbaru

  1. Kroscek

Di zaman serba instan saat ini segala sesuatu berjalan serba mudah serta lebih transparan, begitu juga dalam pembayaran. Teknologi digitalisasi untuk invoice ini tentu saja menawarkan fitur dengan ragam kemudahan salah satunya dalam melakukan kroscek. Anda bisa mengecek terkait invoice anda sudah terkirim kepada client atau belum.

  1. Waktu Transfer dan Reminder

Penting sekali anda berkomunikasi dengan klien seperti mengingatkan tentang jatuh tempo yang mesti mereka bayar. Ingatkan mereka dengan baik terkait perjanjian atau kesepakatan serta apa yang harus menjadi tanggung jawab mereka terkait membayar sesuai tagihan.

  1. Memberikan Reward Jika Membayar Tepat Waktu

Apabila anda memiliki client yang selalu tepat waktu dalam transaksi tidak ada salahnya memberikan ucapan terima kasih atau reward lainnya sesuai kemampuan anda.

Itulah beberapa tips yang bisa perusahaan anda praktekan dalam menagih pembayaran invoice. Tepat waktunya pembayaran tagihan perusahaan anda oleh client tentu saja akan membantu dalam mengelola keuangan usaha anda. Karena akan berdampak buruk terhadap perusahaan jika invoice ini tidak jelas dikelola secara baik. Bisa saja usaha anda lebih cepat tutup dari yang seharusnya akibat tidak lancarnya penagihan.

 

#Garudacyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia