Manfaat ERP untuk Bisnis Anda

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini ternyata memberikan banyak manfaat yang dirasakan oleh banyak orang dalam beberapa bidang pekerjaan. Dimana banyak pekerjaan yang awalnya dilakukan dengan cara manual atau konvensional perlahan beralih pada penggunaan sistem informasi atau digitalisasi. Beralih ke sistem atau digitalisasi ini tentu saja akan memudahkan dalam menjalankan bisnis, salah satunya yaitu hadirnya Sistem ERP.

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning dimana keberadaanya tentu saja berkaitan dengan perencanaan sumber daya perusahaan. Melalui ERP ini perusahaan bisa membuat perencanaan dalam memanfaatkan sumber daya yang ada secara maksimal. Sumber daya pada perusahaan yang dimaksud adalah sumber daya manusia, finansial, akuntansi, dan sebagainya.

Dengan aktivitas yang terperinci dan terencana secara baik tentu saja setiap target yang ada bisa dicapai secara maksimal. Semua pekerjaan dalam setiap tersusun dan tersistematika sehingga banyak sekali keuntungan dan lebih efektif apabila menggunakan ERP ini.

Tujuan penggunaan ERP dan pentingnya planning ini pada perusahaan tentu saja untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang efesien serta mampu memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Endingnya perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang maksimal karena efektif dalam beberapa hal.

Keberadaan teknologi ERP itu sendiri sudah banyak dikenal sejak era 1960-an dimana pada masa itu perusahaan berambisi dalam meningkatkan daya saing mereka. Namun pada tahun 1990an ERP barulah ERP ini dikenal secara luas. Selain itu sistem ini dipercaya sangat efektif dalam memanajemen dan operasional perusahaan.

Melihat semakin meningkatnya penggunaan ERP pada perusahaan tentu saja dia memiliki manfaat untuk bisnis anda. Berikut beberapa manfaat dari ERP untuk sebuah bisnis :

  1. Menghemat biaya operasional dan kinerja lebih efesien

Sistem ERP mampu bekerja secara otomatis da cepat sehingga keberadaanya mampu menghemat biaya operasional perusahaan. Jika biasanya sebuah pekerjaan dilakukan secara manual dan membutuhkan tenaga kerja seperti pemeriksaan kualitas, pemesanan, pengiriman, perhitungan kas dan hal lainnya. Menggunakan ERP tentu saja itu lebih mudah bahkan bisa lebih efesien dikerjakan dalam satu waktu.

  1. Kegiatan operasional lebih sederhana

Menerapkan teknologi yang saling terintegrasi dengan adanya ERP ini tentu saja setiap kegiatan operasional perusahaan satu dengan lainnya atau antar divisi akan terhubung sesuai hak akses yang ditetapkan, sehingga ketika ada revisi atau perubahan dalam satu kegiatan akan otomatis diperbaharui. Karena penggunaan database untuk penyimpanan setiap data ini satu dan terpusat tentu data tersebut akan tersimpan secara aman.

  1. Terciptanya kolaborasi

Agar sebuah perusahaan bisa berkembang dengan pesat, maka penting sekali setiap divisi yang ada melakukan kolaborasi. Melalui software ERP ini tentu saja akan memudahkan antar divisi untuk berkolaborasi, karena ia bertindak sebagai media komunikasi yang menghubungkan antar divisi dalam mengakses data yang tersimpan dalam sistem informasi terpusat. Karena itu data divisi lain bisa diakses secara realtime untuk perkembangan bisnis.

  1. Data tersimpan secara aman

Meskipun antar divisi memiliki akses, tentu saja akses tersebut bisa dibatasi dan tetap dalam pengawasan pusat. Admin yang mengelola akan memberikan akses kepada orang sesuai kepentingannya dan tentu saja tidak semua data tersebut dapat dilihat oleh divisi lain. Kita tahu bahwa ada data yang memang bersifat rahasia dan penting, sehingga pembatasan akses ini adalah solusinya. Selain itu, sistem ini juga menyediakan history kegiatan apa saja yang berlangsung terhadap sistem ini.

  1. Laporan Lengkap dan peluang bisnis lebih berkembang

Laporan adalah bagian terpenting dimiliki perusahaan, melalui sebuah laporan yang baik dan tepat bisa digunakan dalam pengambilan keputusan. Menggunakan sistem ini tentu saja memberikan laporan secara real time dan lengkap terkait sumber daya manusia yang ada, material, aktivitas dan hal lainnya sehingga sangat membantu sekali untuk manajemen dalam merencanakan bisnis demi kemajuan perusahaan di masa akan datang.

Nah, itukah beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan atau manfaat ERP untuk bisnis anda. Tentu saja manfaat tersebut bisa dirasakan jika menerapkan teknologi digital dalam pekerjaanya dengan mengimplementasikan penggunaan sistem ERP.

Dalam penggunaan ini bisa saja bertahap misalnya absensi, human resource, keuangan, penggajian dan yang lainnya. Sebagai perusahaan yang bergerak sebagai IT Development sekaligus konsultan IT, Garuda Cyber siap menjadi partner anda dalam memenuhi kebutuhan software ERP bisnis anda. Tentu saja Garuda Cyber adalah mitra yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak sekali produk unggulan. Paling penting anda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu kebutuhan anda sehingga tim Garuda Cyber siap membantu dalam mengembangkan sistem sesuai kebutuhan bisnis anda. 

 

#GarudaCyber23Maret

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...