WhatsApp-Button
Jual Sistem Perpustakaan Kampus di Padang

Jual Sistem Perpustakaan Kampus di Padang

  2020-03-11 16:27:32     Ulti Desi Arni     Dibaca 68 kali

Perpustakaan adalah gudang ilmu yang memang harus dimiliki oleh setiap institusi pendidikan. Dimana melalui perpustakaan ini para pelajar atau peserta didik bisa mendapatkan ilmu sesuai kebutuhan dari pelajaran mereka. Nah, salah satu institusi pendidikan yang harus mengutamakan kualitas dan keberadaan perpustakaan ini adalah Perguruan Tinggi.

Setiap kampus haruslah memiliki perpustakaan yang mumpuni untuk mendukung peserta didiknya menambah wawasan, bahkan juga berfungsi untuk penambah pengetahuan para tenaga didik dan karyawan lainnya. Dalam perpustakaan tentu saja banyak kita tumpukan buku yang tertata rapi pada setiap rak yang sudah dilabeli.

Pentingnya keberadaan pustaka ini tentu saja juga menjadi perhatian khusus oleh perguruan tinggi, dimana dalam memanajemennya dibutuhkan tenaga ahli yang berpengalaman. Selain itu kualitas perpustakaan juga menjadi indikator peting dalam penilaian akreditasi kampus. Adanya tenaga ahli ini tujuannya agar tata kelola perpustakaan bisa berjalan secara baik, dan dalam mengelola perpustakaan dengan ragam buku tersedia yang mesti dilabeli tersebut tentu saja bukanlah pekerjaan mudah.

Bisanya banyak sekali kendala dalam pengelolaan perpustakaan ini, terlebih lagi pada perguruan tinggi karena banyak sekali transaksi dan jenis koleksi yang tersedia. Tidak hanya buku, biasanya perpustakaan juga menyediakan laporan-laporan skripsi atau tugas akhir dan hasil penelitian yang bisa dijadikan referensi untuk generasi berikutnya. Dalam mendata koleksi tersebut tentu saja harus dilakukan secara teliti agar terhindar dari kesalahan dalam pemberian label atau kemungkinan lainnya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Keamanan Siber untuk Perusahaan

Agar memudahkan para pengunjung atau anggota perpustakaan dalam menemukan buku maka pihak perpustakaan seperti pustakawan harus bisa menyajikan informasi terkait koleksi atau bahan yang tersedia dengan tepat. Seperti menyediakan katalog buku dalam memudahkan pada proses pencarian.

Selain permasalahan di atas, kendala lainnya yaitu terbatasnya petugas pelayanan dan tenaga profesional yang bertugas sehingga tidak terlayaninya secara baik setiap anggota yang berkunjung. Sehingga sistem pelayanan dan pengolahan transaksi juga berjalan lambat dan kurang efektif.

Permasalahan lainnya kurang memanfaatkan teknologi dalam aktivitas yang ada. Kita tahu bahwa di era digital saat ini kita tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi. Memanfaatkan teknologi tentu saja memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan kita bahkan bisa mempercepat pekerjaan tersebut. Salah satu langkah tepat penggunaan teknologi yang tepat untuk perpustakaan adalah Aplikasi Perpustakaan Kampus.

Ketika kampus menggunakan Aplikasi Perpustakaan dalam memanajemen perpustakaan tentu saja banyak sekali keunggulan dan manfaat yang akan dirasakan. Berikut beberapa diantaranya :

  1. Pengelolaan Data Perpustakaan Efektif dan Efisien

Pengelolaan data terkait transaksi dan setiap aktivitas berkaitan dengan perpustakaan tentu saja bisa lebih mudah, efesien dan efektif. Transaksi yang terjadi bisa saja berupa peminjaman dan pengembalian dan pengelolaan data seperti data buku, peminjaman, pengembalian, serta data lainnya tentu saja bisa tersimpan dengan mudah dalam satu database.

  1. Advance Search (Pencarian Cepat dan Tepat)

Pada sistem ini dilengkapi dengan fitur pencarian terhadap katalog, dimana ketika mencari buku sistem akan menampilkan informasi terkait buku seperti stock, posisi, pengarang dan lainnya. Tentu saja dengan metode memudahkan anggota mendapatkan buku dibutuhkan lebih cepat dan mudah.

Baca Juga : Jual Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di Pekanbaru

  1. Mendukung Penggunaan Barcode

Pada aplikasi ini juga tersedia fitur barcode, dimana petugas bisa membuat barcode sendiri atau mendata buku berdasarkan kode barcode yang sudah tersedia pada buku. Sehingga ketika hendak pendataan cukup meletakan kode tersebut ke ara scanner dan bisa tersimpan secara baik, begitu juga ketika ada transaksi peminjaman maupun pengembalian.

  1. Terintegrasi

Paling penting keunggulan dari sistem ini adalah sudah terintegrasi dengan semua sistem yang ada di lingkungan perguruan tinggi. Misalnya mendata anggota terdiri mahasiswa maka data terintegrasi dengan sistem akademik kampus.

  1. Laporan Lengkap

Pada aplikasi perpustakaan kampus ini menyediakan laporan yang sangat lengkap sesuai kebutuhan pimpinan jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Itulah beberapa manfaat dari aplikasi perpustakaan kampus ini, tentu saja banyak keunggulan lainnya yang bisa dirasakan. Untuk Kampus di Padang yang ingin mendapatkan aplikasi perpustakaan kampus ini bisa di dapatkan dari Garuda Cyber Indonesia dimana mereka memiliki produk unggulan yaitu Smart Campus. Di dalam smart campus ini terdapat banyak sekali sistem saling terintegrasi dan salah satunya yaitu Sistem Perpustakaan Online.

 

#GarudaCyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia