WhatsApp-Button
Jual Aplikasi Keuangan Akuntansi Rumah Sakit di Jambi

Jual Aplikasi Keuangan Akuntansi Rumah Sakit di Jambi

  2020-03-09 16:48:53     Ulti Desi Arni     Dibaca 70 kali

Pada sebuah rumah sakit selain harus memberikan pelayanan terbaik untuk pasien, manajemen yang ada di dalamnya juga menjadi faktor baiknya kualitas rumah sakit tersebut. Sebagai instansi yang bergerak dalam bidang kesehatan dan memberikan pelayanan untuk mengobati dalam skala cukup besar, tentu saja banyak sekali hal mesti di manajemen di dalamnya.

Seperti manajemen unit atau poli, dokter, karyawan, apotek dan paling penting serta harus mendapatkan perhatian khusus adalah manajemen Keuangan yang harus dilakukan sesuai standar akuntansi. Kita tahu dalam perusahaan apapun dan bidang kerja apapun tentu manajemen keuangan adalah bagian terpenting. Keuangan haruslah dimanajemen dengan tepat agar tidak terjadi pembengkakan pada operasional lainnya. Keuangan yang stabil tentu akan membantu operasional rumah sakit secara baik pula.

Keuangan ini juga merupakan hal yang sangat vital, sehingga jika sedikit saja terjadi kesalahan dalam perhitungannya tentu saja akan berdampak untuk keseluruhan bidang yang ada di Rumah sakit. Terlebih lagi di rumah sakit ini cakupan kerjanya cukup banyak dan banyak sekali aktivitas atau transaksi yang berkaitan dengan uang. Selain itu setiap transaksi yang terjadi tentu saja harus dicatat secara baik untuk menghasilkan laporan yang baik nantinya.

Laporan keuangan yang baik ini tentu saja nantinya dapat digunakan dalam pengambilan keputusan untuk kemajuan di masa akan datang. Dalam pembuatan laporan ini tentu saja semua transaksi yang tercatat harus sesuai perhitungannya dengan standar akuntansi.

Rumah sakit memiliki ruang lingkup atau lingkaran kerja yang luas, dimana setiap harinya akan selalu ada transaksi baik itu di bagian administrasi, unit hingga bagian apotek. Dalam memanajemen keuangannya tentu saja tidak mudah seperti manajemen keuangan kita sehari-hari. Jika dalam keuangan kita sehari-hari saja harus dimanajemen secara baik agar uang tepat sasaran penggunaannya, apalagi sebuah rumah sakit.

Untuk itu sebuah rumah haruslah memiliki akuntan dalam manajemen keuangan sesuai dengan standar mulai dari jurnal besar, khas besar, khas kecil, pembukuan, perhitungan laba rugi dan hal lainnya. Tidak cukup ha[nya menghandalkan akuntan saja, karena proses manual tentu saja membutuhkan waktu lama dan pemborosan dalam beberapa hal. Kemudian yang namanya manusia tentu saja dalam manajemen tersebut akan ada faktor human error.

Ketika kita berada di era digitalisasi dimana hadirnya teknologi memberikan banyak sekali kemudahan untuk membantu hampir semua bidang pekerjaan. Bahkan beberapa pekerjaan rumah tanggapun bisa dimudahkan dengan kehadiran teknologi digitalisasi ini. Salah satu pemanfaatan teknologi yang bisa dilakukan oleh rumah sakit dalam memanajemem keuangannya mereka adalah menggunakan Aplikasi Keuangan Akuntansi..

Sesuai namanya, sistem ini hadir menjadi solusi terkait manajemen keuangan sehingga akan memudahkan akuntan dalam perhitungan dan pengelolaan keuangan rumah sakit. Aplikasi ini bisa didapatkan dalam produk unggulannya Garuda Cyber yaitu Smart Medical, dimana di dalamnya terdapat banyak aplikasi saling terintegrasi salah satunya adalah keuangan ini :

Tentu saja banyak sekali fitur yang tersedia untuk memudahkan pekerjaan terkait aplikasi keuangan akuntansi dari Garuda Cyber ini, diantaranya adalah :

  1. Jurnal Umum

Pada fitur jurnal umum akan memudahkan dalam pembuatan jurnal terhadap setiap transaksi yang terjadi berdasarkan adanya keterangan pada setiap transaksi tersebut. Sebelum dilakukan penerbitan terhadap jurnal tersebut maka akan diverifikasi terlebih dahulu untuk bisa disajikan ke dalam bentuk laporan keuangan.

  1. Buku Besar

Fitur berikutnya adalah pembukuaan atau buku besar, dimana di dalamnya terdapat laporan yang bermuatan data sesuai jurnal telah terposting. Tujuan keberadaan buku besar ini membantu akuntan dalam melihat seiap transaksi pada akun yang ada.

  1. Laba Rugi

Setelah jurnal sudah ada maka perhitungan serta laporan terkait laba rugi barulah bisa disajikan. Dalam pembuatan laporan laba rugi ini disajikan dalam bentuk pohon akun yang terstruktur dimana akuntan hanya mengambil data berdasarkan pendapatan dan biaya saja. Setiap akun akan menjelaskan saldo awal, saldo saat ini dan saldo akhir. Pada akhir laporan ini akan menampilkan (laba/rugi) dari laporan keuangan.

  1. Neraca

Neraca memiliki fungsi untuk memantau saldo khas, hutang piutang dan modal yang ada pada saat ini. Sama halnya dengan laba rugi. Dimana laporan dari neraca ini nantinya akan dimanfaatkan untuk memastikan setiap akun yang ada seimbang dan untuk melihat detail setiap akun tersebut bisa melihat laporan buku besar.

  1. Arus Kas

Nah, ketika kita membutuhkan informasi terkait pergerakan kas maka bisa melihatnya pada fitur arus khas. Untuk mendapatkan laporan arus kas ini dari jurnal pada aktiva.

  1. Aset

Bagian asset pada akuntansi memiliki peran untuk melakukan audit dan penyusutan

Sedangkan dalam pembagian keuangan ini rumah sakit ini terbagi dari dua jenis yaitu Account Payble dan Account Receivable.]

Account Payble

Di dalam account payble terdapat beberapa fitur yaitu :

  • Pengajuan Pembayaran Hutang Supplier
  • Tukar Faktur yang berkaitan dengan supplier dan gudang
  • Pembayaran Hutang Supplier
  • Pembuatan Jasa Medis Dokter untuk merekam jejak jasa medis yang dilakukan dokter selama periode tertentu disertai dengan pengelompokan apakah ditangani melalui pembiayaan langsung atau asuransi dan lainnya
  • Pembayaran Cheque / Giro
  • Pembayaran Jasa Medis Dokter.

Account Receivable

Sedangkan pada account Receivable terdapat fitur berikut :

  • Pembuatan Claim Asuransi/Perusahaan Pasien
  • Penerimaan Pembayaran Claim Asuransi/Perusahaan
  • Penerimaan Piutang Karyawan / Dokter
  • Pembuatan Tagihan Piutang ( Manual Jurnal AR )
  • Penerimaan Piutang Lainnya ( Manual Jurnal AR )

Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh Garuda Cyber dalam aplikasi Keuangan Akuntansi Rumah Sakit ini, dan tentu saja semua ini sesuai kebutuhan rumah sakit. Bahkan setiap fitur-fitur tersebut bisa dirancang oleh tim Garuda Cyber sesuai kebutuhan masing-masing rumah sakit.  Paling penting aplikasi ini terintegrasi dengan sistem lainnya dalam Smart Medical.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia