WhatsApp-Button
Kriteria Guru Les Privat yang Baik

Kriteria Guru Les Privat yang Baik

  2020-02-26 16:36:00     Ulti Desi Arni     Dibaca 123 kali

Saat ini keberadaan lembaga private bisa dikatakan bukan hal yang asing lagi, hampir semua peserta didik membutuhkan pelajaran tambahan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya mata pelajaran yang diiringi dengan materi padat merayap kemudian tidak seimbang dengan jam pelajaran tersedia.

Para siswa yang tidak ingin nilainya rendah karena tidak bisa maksimal dan fokus di sekolah tentu saja mencari alternatif lain dengan belajar bersama guru privat. Belajar atau mengikuti les private tentu saja bisa lebih maksimal, karena satu guru bisa fokus untuk satu siswa terkait.

Permasalahannya, ketika mencari guru les privat tentu saja harus berhati-hati dan mencari guru yang benar-benar bisa memberikan pengajaran baik. Untuk itu sebelum mencari guru les private ada baiknya melihat ciri-ciri atau kriteria guru les privat yang baik itu seperti apa. Berikut kriteria yang bisa kamu pertimbangkan :

  1. Profesional

Tentu saja kriteria pertama harus kamu pastikan adalah mencari guru profesional, pasalnya jika guru ini profesional tentu saja dia akan berusaha memenuhi ekpetasi dari peserta didiknya. Selain itu sebagai profesional ia akan bisa bersikap ramah, menguasai materi secara baik serta memiliki komitmen.

Jika kamu diajarkan oleh guru profesional tentu saja ia memiliki dedikasi dan integritasi yang tinggi karena bagi mereka itu adalah hal yang penting untuk dipegang teguh. Selain itu kegiatan belajar juga bisa lebih kondusif dan mereka akan memenuhi kebutuhan kamu sebagai siswa secara maksimal.

  1. Cerdas

Selain profesional, guru yang cerdas juga harus dipertimbangkan. Apabila guru privat ini cerdas tentu saja siswa bisa belajar lebih antusias. Siswa akan semangat dan tertarik mengikuti pelajaran ketika melihat pengajarnya menguasai materi secara baik. Selain itu tentu saja materi yang disampaikan oleh guru yang cerdas akan lebih berbobot dan dikemas dalam penjelasan yang mudah untuk dipahami.

Baca Juga : Aplikasi Paper Office dan Archieve Sekolah Smart School

  1. Bersahabat

Kriteria selanjutnya yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih guru les privat adalah bersahabat. Dimana pengajar yang bersahabat ini tentu saja ia pengertian, ramah, simpatik serta siap mendengar tentang pendapat kamu. Jika kita diajar oleh guru yang bersahabat tentu saja suasana saat proses belajar akan lebih menyenangkan dan nyaman.

Dalam belajar tentu saja dibutuhkan kedekatan dan kecocokan antara siswa dan guru, dengan begitu siswa bisa lebih plong menyampaikan pertanyaan yang dirasakan kurang ia pahami dan pembelajaranpun berlangsung lebih interaktif.

  1. Peduli

Guru privat haruslah memiliki kepedulian dan kepekaan mengenai apa yang diinginkan oleh siswanya. Selain ia cerdas, menguasai materi dengan baik serta menyampaikan materi kepada siswa ia juga harus tahu bagaimana cara yang tepat agar siswa bisa memahami apa yang ia sampaikan. Ia harus bisa memahami permasalahan siswa serta potensi yang dimiliki siswanya, sehingga dalam situasi apapun ia bisa memahami keadaan siswa agar pembelajaran dapat berjalan secara baik.

 

  1. Kreatif

Sebagai tenaga pengajar tentu saja dituntut untuk kreatif, nah dalam memahami mood peserta didik yang terkadang berubah-rubah maka guru les privat yang kreatif tentu saja harus menjadi pertimbangan. Jika pengajar kreatif maka ia mampu menciptakan suasana belajar yang baik dan menyenangkan peserta didiknya.

  1. Sportif

Tidak cukup hanya dengan kreatif, sebagai pengajar tentu saja harus juga sportif. Ia harus bisa menerima apapun kondisi siswa yang akan diajarkannya. Karena tidak semua anak mempunyai skill yang bagus dalam memahami pelajaran akademik, sebagai guru maka harus bisa mencari cara agar anak mau belajar dan bisa berprestasi di sekolah.

Baca Juga : Aplikasi Keuangan dan Anggaran Sekolah Pada Smart School

  1. Antusias

Kriteria berikutnya adalah menemukan guru privat yang memiliki semangat dan antusias dalam mengajar. Apabila ia semangat tentu saja bisa menularkan kepada peserta didiknya dan berdampak pada motivasi anak belajar sehingga rasa ingin tahu siswapun bisa muncul.

  1. Responsif

Untuk bisa mendapatkan pemahaman secara baik dan komprehensif maka peran komunikasi adalah hal terpenting. Ketika mencari guru les privat tentu saja dibutuhkan guru yang mampu berkomunikasi secara baik dan responsif terhadap permasalahan siswa. Guru harus bisa memberikan jawaban agar siswa tetap mengali rasa ingin tahunya terhadap pelajaran.

  1. Berpikiran terbuka

Ketika seorang guru diberi kritik dan saran oleh peserta didiknya, sebagai pengajar ia harus memiliki pemikiran terbuka yakni menerima apa yang disampaikan kepadanya. Dibutuhkan komunikasi dan interaksi dua arah agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dan berjalan sebagaimana mestinya.

  1. Bertanggung jawab

Dari sekian banyak kriteria yang sudah disebutkan di atas, ini bisa dikatakan kriteria yang cukup penting yaitu seorang pengajar yang baik tentu saja harus bertanggung jawab. Sebagai guru privat ia harus memantau hasil belajar siswanya dan melakukan perbaikan agar bisa mendapatkan hasil lebih maksimal lagi.

Nah, itulah beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam mencari Guru Les Privat yang baik. Semakin baik seorang guru privat tentu saja diharapkan mampu memberikan pengajaran yang baik sehingga anak mampu belajar secara maksimal.

Saat ini di Kota Padang telah hadir Pasti Hebat yang menyediakan guru privat yang tentunya sesuai dengan kriteria di atas. Bagi anda yang saat ini di Padang sangat ingin mendapatkan Guru Private Profesional dengan mudah di Padang maka dapat langsung menemukannya melalui kontak di bawah ini :

Contac Person Ibu Ami  : +62 812-4197-0618

Bapak Dede  : +62 821-7225-1857

atau anda bisa juga mendowload aplikasi androidnya di playstore  Pasti Hebat.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia