WhatsApp-Button
Pentingnya Akreditasi Kampus Bagi Mahasiswa

Pentingnya Akreditasi Kampus Bagi Mahasiswa

  2020-02-25 15:43:22     Ulti Desi Arni     Dibaca 63 kali

Saat ini akreditasi bisa dikatakan adalah hal yang penting diperhatikan oleh setiap satuan pendidikan mulai dari tingkatan sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi. Akreditasi ini adalah cerminan dari instintusi pendidikan terkait, semakin bagus akreditasinya maka dinilai semakin bagus kualitasnya. Terbukti bahwa setiap peserta didik menomor satukan akreditasi ketika memilih tempat melanjutkan pendidikannya, termasuk perguruan tinggi.

Ketika kita berbicara akreditasi perguruan tinggi seperti yang kita jelaskan diatas bahwa akreditasi ini erat kaitannya dengan kualitas dan mutu sebuah kampus. Bagi perguruan tinggi tentu saja akreditasi ini sangat penting untuk keberlangsungan kampusnya, dimana mahasiswa tertarik mendaftar ketika akreditasi kampus tersebut bernilai tinggi. Selain itu, akreditasi ini juga bisa menjamin kualitas para lulusan dari perguruan tinggi terkait.

Terkait akreditasi setiap perguruan tinggi wajib melakukannya dan ini juga sudah diatur dalam peraturan menteri pendidikan RI Nomor 28 Tahun 2005 dan akreditasi tersebut dilakukan melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Tidak hanya akreditasi kampus, setiap program studi yang ada pada perguruan terkait juga harus melakukan akreditasi. Begitu pentingnya akreditasi ini tentu saja tidak semata-mata hanya penting untuk kampus saja melainkan sangat bermanfaat untuk siswa juga. Berikut beberapa alasan pentingnya akreditasi kampus untuk mahasiswa:

Baca Juga : Smart School, Solusi Cerdas Pendidikan Berbasis Digital

  1. Mencerminkan Kualitas Perguruan Tinggi

Seperti sudah kita bahas di atas bahwa akreditasi ini berkaitan dengan proses serta penilaian terhadap kualitas kampus. Sehingga jika kampus memiliki akreditasi yang bagus otomatis kampus termasuk dikategorikan bagus juga. Karena penilaian dan mutu kampus sudah dijamin oleh pemerintahan.

  1. Persyaratan Mendapatkan Pekerjaan

Selain sebagai bahan penilaian terhadap kualitas kampus, akreditasi juga sebagai bahan pendukung dalam mendapatkan pekerjaan baik itu di instansi pemerintah maupun di perusahaan swasta dan BUMN. Ketika kampus dan program studi yang ada memiliki akreditasi minimal B tentu saja ini bisa memudahkan bagi alumni dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Pasalnya banyak sekali ditemukan instansi pemerintahan memprioritaskan calon pekerja yang berasal dari kampus dengan akreditasi bagus untuk mereka terima bergabung bersama mereka. Begitu juga di perusahaan swasta, mereka juga memasukan akreditasi kampus sebagai persyaratan ketika membuka lapangan pekerjaan.

  1. Mudah Mendapatkan Beasiswa

Akreditasi kampus yang bagus ternyata bermanfaat juga untuk mahasiswa dalam mendapatkan bantuan pendidikan berupa beasiswa. Banyak perusahaan memberikan beasiswa untuk siswa berprestasi ataupun tidak mampu namun mensyaratkan akreditasi dalam kriterianya selain nilai. Terkadang perusahaan tersebut hanya memberikan beasiswa untuk perguruan tinggi yang memiliki akreditasi minimal B. Begitu juga dengan beasiswa luar negeri, jika akreditasi perguruan tinggi kampus bagus maka mahasiswanya bisa dengan mudah mendapatkan beasiswa yang tersedia tersebut.

Baca Juga : Alasan Pentingnya sebuah Perusahaan Memiliki Master Plan Infrastruktur TI

  1. Mahasiswa Terbiasa dengan Pendidikan Berkualitas

Tentu saja mahasiswa yang duduk di bangku kuliah dengan kampus terakreditasi baik dan jelas otomatis ia mempunyai latar belakang jenjang pendidikan yang berkualitas bagus juga. Pendidikan yang berkualitas bagus maka di dalamnya dipenuhi dengan kompetensi secara baik serta dilengkapi oleh lingkungan belajar yang bagus dan relevan. Sehingga para lulusan dari kampus ini sudah terbiasa dengan kualitas baik dan memudahkan mereka ketika bersaing di lingkungan masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan.

  1. Mampu Bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya

Tidak diragukan lagi kualitas pendudukan sebuah perguruan tinggi jika kampus tersebut sudah terakreditasi resmi oleh BAN PT. Sebelum lulus para mahasiswa mereka tentu saja mendapatkan bekal dari kampus dan sudah disiapkan secara matang untuk menghadapi lingkungan kerja. Meskipun banyak sekali persaingan dari kampus di luar sana, namun mereka tetap bisa survive alias bertahan untuk mendapatkan pekerjaan maupun di dalam lingkungan kerja.

Melihat begitu peningnya akreditasi ini untuk masa depan dan keberlangsungan mahasiswa baik masih tengah menempuh pendidikan atau setelah lulus sehingga kampus haruslah memperhatikan terkait akreditasi ini. Keberadaan akreditasi ini memang tidak bisa dipungkiri lagi manfaatnya baik untuk kampus dan mahasiswa. Jadi untuk pihak perguruan tinggi haruslah memperhatikan segala yang mendukung akreditasi ini. Selain sarana dan prasarana dalam mendukung kemajuan kualitas kampus bertransformasi ke dunia digital adalah salah satu solusi tepat yang bisa dilakukan. Salah satu kemudahan dalam mendukung itu semua adalah menggunakan aplikasi terintegrasi yaitu Smart Campus.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia