WhatsApp-Button
Alasan Cloud Computing Penting Bagi Kampus

Alasan Cloud Computing Penting Bagi Kampus

  2020-02-21 15:36:05     Ulti Desi Arni     Dibaca 203 kali

Perkembangan teknologi dan komunikasi pada abad ini semakin hari semakin canggih. Beragam teknologi terbarukan selalu hadir menawarkan kemudahan untuk semua aspek bidang pekerjaan. Para penggunanya-pun tentu tidak mau melewatkan perkembangan ini, pasalnya mereka merasakan sekali manfaat hadirnya dunia digitalisasi saat ini terutama dalam dunia pendidikan.

Kita tahu bahwa dunia pendidikan memiliki peranan sangat penting menunjang kecerdasan generasi bangsa sehingganya banyak sekali aktivitas atau kegiatan yang terjadi di dalamnya. Hadirnya teknologi dengan tawaran kemudahan ini tentu saja diharapkan mutu pendidikan bisa mengalami peningkatan seiring perkembangan tersebut.

Salah satu pendidikan yang memiliki peranan penting adalah perguruan tinggi, dimana pada perguruan tinggi disibukan dengan aktivitas banyak terkait dengan manajemen akademik. Manajemen ini biasanya berkaitan dengan data akademik dan jumlah data pada semua kampus tentu saja tidak sedikit. Banyak sekali data yang harus dikelola dan disimpan. Dalam penyimpanan data ini tentu saja harus dilakukan dengan tepat dan benar.

Jika dahulu kampus hanya menggunakan cara konvensional dalam penyimpanan data ini seperti dalam map yang dilabeli kemudian di simpan ke dalam kabinet tentu saja ini cara lama. Kemudian beralih memanfaatkan teknologi yaitu menggunakan server konvensional, dan ini masih saja ada kemungkinan resiko terburuk terjadi. Misalnya server terbakar karena tidak termonitoring secara berkala atau kemungkinan lainnya.

Baca Juga : Aplikasi Executive Report Sekolah Smart School

Perkembangan teknologi saat ini ternyata memberikan solusi untuk permasalahan tersebut dimana kampus bisa beralih dari server konvensional ke Cloud Computing. Tentu saja banyak sekali manfaat akan dirasakan kampus jika beralih menggunakan Cloud Computing, terlebih lagi kampus tidak akan kerepotan menyediakan ruangan khusus untuk server ini dan tidak perlu biaya banyak dalam memelihara.

Secara ini manfaat Cloud Computing untuk perguruan tinggi yang menjadi alasan bahwa cloud ini penting bagi kampus. Diantaranya adalah :

  1. Berdampak besar untuk perkembangan kampus

Dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi tentu saja banyak sekali jenis data yang harus dikelola, diantara data-data tersebut adalah data dosen, mahasiswa, alumni, prestasi, keuangan, mata kuliah dan data lainnya yang ada kaitannya dengan manajemen akademik dan kampus. Semua data tersebut harus disatukan dan disimpan secara baik yang kemudian bisa diolah kembali ketika dibutuhkan.

Sehingga administrasi data ini memiliki peranan penting dalam meningkatkan mutu kampus, karena kegiatan kampus tergantung oleh ini. Ketika kampus menggunakan cloud computing sebagai penyimpanan data tentu saja banyak sekali kemudahan akan dirasakan karena jumlah data besar sekalipun tersimpan dalam satu tempat dan bias diambil kapanpun dibutuhkan.

  1. Memenuhi kebutuhan kampus yang begitu banyak

Kita tahu bahwa kampus membutuhkan banyak sekali ruang penyimpanan terutama terkait data, sehingga storage dengan kapasitas besar haruslah dimiliki. Sebagai solusi untuk memenuhi semua kebutuhan kampus terkait penyimpanan ini tentu saja Cloud Computing adalah solusi tepat. Semua data akan bisa disimpan atau terarsipkan secara baik dan mudah diakses kembali. Sehingga ketika kampus hendak memantau data kapanpun bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Kemudahan pada sistem pelayanan

Sesuai namanya, cloud tentu berada di atas awan alias penyimpanan data menggunakan server cloud dimana data tersebut bisa diakses dengan mudah dan cepat. Ketika membutuhkan data terkait untuk diolah maka bisa di akses menggunakan jaringan internet. Selain itu data juga mudah di pantau dengan mudah kapanpun dan dari manapun.

Baca Juga : Sistem PPDB Online Sekolah Smart School

  1. Menghemat Anggaran

Ketika memiliki server konvensional tentu saja membutuhkan biaya lebih banyak dibandingkan dengan cloud. Membutuhkan biaya untuk pemeliharaan server, dan memastikan ruangan aman tanpa gangguan juga membutuhkan biaya pemeliharaan. Berbeda jika menggunakan cloud, selain sangat mudah di akses anda juga bisa menghemat anggaran untuk penggunaan Server. Ketika kampus menggunakan aplikasi berbasis Cloud seperti Smart Campus tentu saja perguruan tinggi tidak akan pusing memikirkan biaya pemeliharaan server apalagi biaya membeli server karena semuanya akan ditanggung oleh perusahaan. Sehingga anggaran kampus bisa lebih hemat tentunya.

  1. Keamanan Data Terjamin

Keunggulan lainnya dari aplikasi cloud ini adalah data anda akan lebih aman dan terjamin. Terhindar dari kemungkinan kerusakan seperti server terbakar atau hal lainnya. Server hanya bisa diakses oleh yang berkepentingan saja karena dilengkapi dengan keamanan data.

Nah, itulah beberapa manfaat yang menjadi alasan kenapa Cloud Computing penting bagi kampus. Kemudahan aplikasi berbasis Cloud Computing bisa kampus dapatkan dari produk unggulan Garuda Cyber Indonesia yaitu Smart Campus. Di dalam Smart Campus terdapat banyak aplikasi yang saling terintegrasi yang memberikan kemudahan untuk semua kebutuhan aktivitas kampus.

Terkait server, Smart Campus sudah include dengan server berbasis Cloud sehingga kampus tidak akan pusing lagi memikirkan server. Terlebih lagi tim Garuda Cyber akan memonitoring server secara berkala sehingga keamanan dan pelayanan terbaik akan diberikan untuk kampus anda.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia